Ke Enoshima!

24 01 2008

2 minggu yang lalu (hari Sabtu 12 Januari 2008), gw, teme, markus, inge, ellen, benny, edwin, pergi ke tempat yang namanya enoshima. jadi enoshima tuh pulau kecil yang ada di selatan tokyo (di daerah kanagawa). kalo dari rumah gw, gw harus naik kereta denentoshi sampai ke last stop di chuorinkan, abis itu harus ganti kereta lagi naik odakyuu, dan lagi2 sampe last stop di katase enoshima. sbenernya ga terlalu jauh kok, paling total2nya cuma abis 50 menit, tapi tetep aja berhubung gw cuma pergi berdua si teme dari rumah, perjalanan terasa lama hahahahaha. sebelom gw lupa seluk beluk tentang enoshima, mendingan skarang gw review aja deh.

Jadi gw brangkat dari rumah skitar jam stengah 10an, trus nyampe di stasiun enoshima skitar jam stengah 11, ternyata edwin udah sampe duluan, katanya dia nunggu di McD sambil ngrokok2. jadilah buat nunggu yang laen, gw ikutan ke McD, beli paket ebi fillet (satu paket dapet ebi fillet, french fries ukuran l, sama minuman ukuran l), harganya 720 yen. krn gw ngiler ngliat si edwin ngrokok, akhirnya gw juga ikutan deh duduk di luar, padahal dinginnya udah parah gila. oh iya, gw pesen minumnya kopi, nah resenya dapetnya tuh bener2 black coffee yang pait banget. gw harus minta 4 biji gula cair biar kopinya bisa jadi manis. akhirnya gw cuma nunggu skitar stengah jam, ternyata inge dll udah pada nyampe stasiun, ya udah deh abis itu mereka nyamperin kita di McD, trus langsung cabut. jadi kalo kita mau jalan ke pulau-nya, kita harus jalan ngelewatin jembatan yang ngehubungin daerah stasiun sama pulau enoshima-nya. nah akhirnya sblm nyebrangin jembatannya kita foto dulu, biar punya bukti udah pernah kesana hehe.

foto di pantai yg ga ada siapa2 (gara2 winter hehe)↓

Abis itu, rencananya kan mau langsung ke pulaunya, tapi ternyata si inge ngingetin kita, kalo kita bisa mampir ke pantainya dulu. berhubung dia dulu udah pernah ke enoshima sama si cina-korea itu, dia udah expert kayaknya dalam menjelajahi tempat2 yang pas buat “…”. gw pikir pantainya bakal jelek banget, krn sblm2nya gw juga udah pernah ke pantai di kamakura, dan pantai di kamakura itu luar biasa … luar biasa jeleknya maksudnya. bener2 kecil, sumpek, dan kotor. pokoknya jadi inget suasana ancol deh hahaha, cuma kelebihannya ga ada benda “misterius” berwarna coklat yang ngapung2.

toko alami yang ngejual kerajinan tangan indonesia ↓

Abis mampir ke pantai, akhirnya kita langsung cabut deh ke pulau. ternyata pulaunya juga berbeda dari bayangan gw. gw pikir bakal beda suasanya sama daerah2 jepang lainnya, ga taunya sama2 aja. cuma bedanya, jalanan disini kecil2, mungkin cuma muat 1 mobil, trus sepanjang jalan, kiri kanan kita isinya toko smua. toko2nya rata2 ngejual pernak pernik yang nuansanya nuansa pantai. misalnya pernak pernik dari kerang, dll. malah salah satu toko disana ada yang namanya “alami”, trus isinya kayak barang2 rajutan dari indo. kayaknya emang dari indo sih, soalnya mirip banget barang2nya sama yang dijual2 di pasaraya dll. yah kalo dlm hal pantai2an dan rajut2an masih bagusan indo lah. oh iya, disini banyak banget kucing liar, trus kucingnya gendut2 juga, gw bingung sbenernya siapa yang meliara nih kucing2 sih.

kucing bodoh yang gampang di pegang↓

Jalanan disini cuma lurussssssss doang, jadi kalo kita terus sampe bego, akhirnya kita nyampe ke sebuah kuil (lagi2 kuil, udah rada males juga benernya hehe). gw lupa nama kuilnya apa, pokoknya di jembatan yang ada di deket kuil itu kita nemuin kucing lagi. kucingnya gendut banget, kayaknya overweight deh. kalo gw bawa ke dokter hewan gw, pasti udah disuruh diet. oh iya, kuil ini tipe2nya hampir mirip kayak kuil yang ada di kamakura. mungkin krn kamakura + enoshima sama2 terletak di daerah pantai kali ya? maksud gw tipe2nya sama adalah kita harus naik tangga yang tinggiiii banget, dan tangganya ada banyak gila. jadi lumayan lah ngabisin tenaga juga buat naik. trus yang anehnya, masa di kuil ada escalator! tapi buat naik escalatornya, kita harus bayar beberapa ratus yen, tergantung tinggi escalatornya. kayaknya yang paling mahal 500 yen deh. jadi misalnya di tangga pertama kita harus naik 30 step anak tangga, trus kita harus jalan lurus lagi sampe akhirnya nemuin 50 anak tangga lagi, trus jalan lurusss lagi sampe nemuin anak tangga baru lagi, nah di setiap pemberhentian anak tangga itu ada tempat stop (bentuknya kayak rumah) buat escalator juga. jadi misalnya harga escalator untuk 30 anak tangga pertama 100 yen, 50 anak tangga kedua 200 yen, dst. emang bener2 matre ya nih kuil.

Setelah akhirnya kita sampe di kuilnya, ternyata di kuil ini ada tempat khusus untuk nulis tentang perasaan cinta thd seseorang. tempat gantungin tulisan2nya warna merah, trus tempat nulisnya dibuat dari kayu yang dilapisin kertas warna pink yang ada gambar hatinya. tapi tenang aja kok, gw ga senorak itu, gw ga ikutan nulis2 gituan hahaha. mungkin kalo posisi gw sebagai turis (bukan org yg tinggal di jpg) gw bakal ikutan nulis juga sih. untungnya gw bukan hehe. setelah udah puas liat2 tulisan2 orang, kita jalan lagi. skarang kita harus jalan ngelewatin kayak jurang2 gitu. tapi kita jalannya lewat jembatan. kita banyak foto2 di daerah jembatan jurang itu, tapi gw males upload fotonya hahaha. pokoknya setelah itu, kita jalan lurus terus sampe ketemu kayak food court-nya gitu lah. tapi foodcourtnya open air. suasanya lumayan kocak sih, krn ada pohan2 palm dll, jadi nuansanya ga kayak jepang yang biasanya gw liat aja (jarang2 kan di jepang ada pohon palm). trus ditambah lagi smuanya serba berpasir. disini kita ngabisin waktu skitar 30-45 menit, soalnya si benny ngantri beli crepes gitu. sbenernya bukan crepes juga sih, gw ga ngerti namanya apa, pokoke bentuknya kayak crepes yang tipis banget tapi dibuatnya dari gurita.

Abis itu kita balik arah, balik arah tapi ga ke arah tempat jembatan jurang itu lagi. ada 1 cabang lain yang arahnya beda, jadi kita ambil jalan itu. nah cuma 5 menit dari foodcourt, ada tempat kayak balai gitu, tapi ga ngerti fungsinya apa. pokoke disana banyak patung2 dewa budhanya deh. nah di depan pager utamanya ada 2 makhluk merah yang ngeeri juga mukanya, udah kayak tukang palak. jadi inget nyoh2 waktu dulu sma. yang sering malak dgn alesan temennya sakit hahahaha. abis foto2 kita masuk ke halaman balai itu, sampe akhirnya sadar kalo ternyata jalan buntu. ya udah akhirnya kita kluar lagi deh, nerusin jalan yang tadi. ga lama kmudian, kita nemuin patung si buta dari gua hantu, ternyata canggih juga bisa di import ke jepang.

bunyiin lonceng untuk diri sendiri↓

salah satu bagian yang penuh dengan gembok↓

Skitar 15 menit dari patung si buta, akhirnya kita sampe lagi di tempat yang ada shen long-nya (naga yang ada di dragon ball). sbenernya sih bukan shen-long, tapi mirip banget ehehe, trus banyak orang2 yang ngantri buat berdoa di bawah naga itu. gw juga ga ngerti tuh orang2 pada ngapain, jangan2 mereka pikir itu dragon ball beneran lagi. kita cukup ngebuat ngantri orang2 sih, berhubung tadinya mau pake tripod yang di bawa sama si teme yang ternyata tripodnya cuma sepanjang 15 cm dan ga bisa nopang kameranya si inge, jadilah akhirnya kita lama ngeset2 kameranya hehehe. trus semenjak dari patung shen-long tadi, banyak banget kawasan2 yang di kasih nama dengan unsur naga. jadi ga lama setelah patung shen-long, kita harus masuk ke tempat yang isinya cuma ada pohon2 doang, kayak pulau ga berpenghuni gitu. ternyata ada 2 cabang jalan, dan salah satunya menuju ke “bel naga”. apaan coba tuh bel naga? krn penasaran akhirnya kita kesana. ternyata di tempat ini ada 1 bel yg kalo kita bunyiin bersama pasangan kita, hubungan kita akan abadi sama pasangan tsb. trus di daerah sekeliling bel itu banyak gembok2 yang dicantolin di pager, ataupun di pohon2. dan digembok2 ini ada nama pasangan2 gitu. berhubung disini ga ada pasangan, gw iseng nge-bel juga, terserah deh mau abadi sama siapa. mau hidup abadi juga boleh hehe.

jembatan yang ngehubungin gua 1 dan 2 ↓

Setelah puas sama bel2an itu, kita jalan lagi ke cabang yang satunya. kalo jalan lurusss terus, ntar ktemu tangga buat turun yang lumayan jauh. setelah sampe bawah, ternyata banyak orang2 yang mancing ikan hahaha. trus ada 1 spot yang menarik perhatian kita. jadi ada jembatan penghubung gitu, yang ngehubungin 1 gua ke gua lainnya. tapi buat masuk gua itu kita harus bayar 500 perak. ya udah deh akhirnya terpaksa bayar, krn kapan lagi coba kesini. males juga kalo harus 2x naik tangga2 ga penting itu kan. pas masuk gua pertama, kita di kasih lilin kecil gitu, krn didalem sama skali ga ada lampu, cuma ada cahaya dikit yang masuk dari luar. jadi di dalem gua pertama ini banyak banget patung2 (kalo di indonesia mirip arca gitu). lumayan creepy juga sih suasana di dalem, cocok buat acara tantangan2 setan. udah gelap, udaranya lembap, oksigennya dikit, trus banyak patung2 aneh pula. yah, ga terlalu seru juga sih sbenernya, cuma at least udah pernah masuk deh ke dalem gua ini. setelah masuk ke tempat2 patung tadi, ternyata kita harus keluar lagi, kali ini kita harus ke arah jembatan yang nyambungin ke gua nomor 2. trus yang kocaknya, di tempat keluarnya ada smoking room gitu. siapa juga yang bakal ngrokok di tempat kayak gini hahaha. eh pas nyampe gue nomor 2, kita pikir bakal ada apaan gitu yang keren kan. ternyata bener sih pas di pintu masuk ada bunyi geraman naga gitu. gw pikir bakal ada setan2an atau apaan. ternyata cuma ada 1 patung naga ga penting, yang kayaknya made in china kali ya, abis murahan banget buatannya hahahaha.

patung naga yang kualitasnya buruk↓

Udah deh, setelah dari gua nomor 2, akhirnya kita balik arah ke arah kita dateng lagi. kita ngebutuhin waktu skitar 45 menit untuk sampe stasiun lagi, dan slama perjalanan ke stasiun, kita berpisah sama markus dan inge, krn katanya markus mau “ngomong” sesuatu hahahaha. yah pokoke beberapa hari kmudian ternyata ada “pengumuman” dari markus dan inge, selamet ya! mungkin salah satu efek dari bel shen long juga kali ya? berarti si teme ama benny juga harus balik lagi kesana sambil bawa cewek kayaknya huehuehue…


Actions

Information

Leave a Reply

