Budaya Western di Jepang

24 01 2008

Dulu di jkt, setiap taun baru pasti kita (gw, kadir, bono, baim, puguh, vity, dll yang tidak bisa disebutkan namanya hehe) slalu melakukan aktifitas rutin baks2 yang digawangin aska haha..tapi smenjak di jepang, kayaknya orang jepang ga ngelakuin itu. gw jadi bingung, gw pikir di jepang bakalan lebih banyak, tapi ternyata ga tuh. pengetahuan mereka tentang kebudayaan western jauh lebih minim di banding orang2 indo. oh iya, semenjak gw pulang ke indo, akhirnya gw start ngerokok lagi nih. gawat! sbenernya sih gw cuma pengen ngrokok rokok2 indonesia aja, kayak a mild atau djarum atau samsoe atau apa aja deh..tapi krn disini ga ada, jadi ya terpaksa gw nyoba2in rokok satu2. skarang akhirnya gw udah netepin pilihan sih, nih gambar rokok gw ada disamping. mild seven aqua menthol..tadinya gw nyoba rokok caster sama mild seven light, tapi kayaknya yang menthol lebih enak deh, apalagi lagi winter, kayaknya makin dapet aja suasanya winternya (ga nyambung sih…). rencananya gw mau ngorokok sampe bulan april aja deh, kalo sakura udah ngilang, baru gw berenti. nah kalau masalah ngrokok, orang2 jepang skarang banyak banget yang ngrokok! bahkan cewek2nya juga. jadi at least keadaan mereka hampir sama kayak orang2 jakarta deh, walaupun rokok2 mereka enteng2 smua. bayangin aja, orang2 jepang yang gw kasih sampoerna pada takut buat ngisep rokok itu. gw juga baru sadar kalo kadar tar/nicotine a mild tinggi juga ya (walaupun ga setinggi samsoe yang nyampe ke angka 39mg ->kalo ga salah). jadi kita liat aja deh perbandingan rokok mild seven aqua menthol sama a mild. kalo mild seven aqua menthol kadar tar/nicotine-nya cuma 6mg/0.05mg, sementara a mild 14mg/1mg. ya pantesan aja mereka males ngisep rokok indo hahaha…oh iya, dibawah ini gw bakal bahasa lagi masalah kurangnya pengetahuan orang2 jepang tentang dunia western.

Salah satu contohnya, dari segi musik : bayangin aja, di chart top 10 video mingguan mereka, kadang2 ga ada tuh yang namanya chart barat dan chart jepang, mereka suka nyampurin artis barat dan artis lokal. dan artis2 barat yang selalu jadi langganan untuk muncul di chart mereka adalah artis2 yang cukup katro. salah satunya adalah backstreet boys yang udah nongol di chart skitar 2 bulan. blom lagi britney spears dengan gimme more-nya yang udah 2 bulanan juga. band2 emo atau apalah itu jarang banget masuk ke chart sini, jadi buat kadir jangan sedih dir, kayaknya disini ga ada yang tau angels and airwaves hahaha…

Trus kalo dari segi film2 bioskop, film2 yang udah beredar 2 minggu di jakarta, baru muncul disini. dan kadang2 ada beberapa film yang ada di jakarta ga beredar disini. duh emang rada katronisme sih dunia western disini. bioskop dipenuhi sama film2 jepang, smentara gw paling bete nonton film asia. oh iya, disini ada juga bioskop yang film2nya di dubbing. jadi kita sebagai bangsa indonesia musti bangga, at least dalam dunia film western, kita ga se-katro jepang. oh iya, waktu itu gw juga pernah nonton harry potter disini, dan itu menjadi titik tolak gw untuk ga nonton film lagi di jepang. tau ga knapa? masa selama gw nonton AC-nya ga nyala..jadilah gw kipas2 selama nonton. di jakarta, dari bioskop megaria, TIM, djakarta theater, cinere mall, pamulang, sampe bioskop2 di mall2 ternama sekalipun kayaknya ga ada tuh yang AC-nya mati.

Trus kalo dari segi tv, sama kok ama indonesia, program2nya katro2. cuma bedanya, kalo di indonesia tiada hari tanpa gosip dan sinetron, kalo disini tiada hari tanpa kuis2 ga penting dan dorama (kayak sinetron versi jepang). gw paling eneg liat dorama, ga tau knapa. padahal dari segi kualitas dan akting, smuanya jauh lebih bagus dari sinetron, tapi ….. tetep aja asia! hahaha

—————————————————————————————————————————

contoh gangguro yang muncul di iklan↓

Skarang gw bahas dari segi anak muda-nya. kalo di shibuya, ada tipe orang yang disebut “gangguro”. jadi gangguro itu adalah trend bagi anak2 muda yang suka berpenampilan kulit tan. biasanya mereka rela ke salon khusus kulit hanya buat ngebuat kulit mereka menjadi tan. biasanya kalo kulitnya udah tan, rambutnya juga di cat kekuning2an / warna warni, ditambah lagi pake baju dengan warna ala anak2 AFI. mungkin bagi mereka keren kali ya? kayak kombinasi gaya orang2 latin / negro dengan jepang, padahal sih hasilnya bener2 jelek. mungkin kalo di indonesia kayak mbak2 prostitusi di daerah….ciputat ya kalo ga salah? yang sering nongkrong di warung remang2 gitu. tapi yang lebih anehnya lagi, ada juga loh versi cowoknya! pokoknya gw ampe skarang masih ga ngerti apa bagusnya sih gaya kayak gini? emang udah rada gila kali ya anak2 muda jepang di shibuya, hehehe…

gosurori yg banyak ditemuin di harajuku↓

Trus2, kalo di harajuku emang banyak sih orang2 aneh, tapi yang mendominasi style2 disana adalah “gosurori” atau bahasa inggrisnya gothic lolita. jadi biasanya mereka selalu ngumpul dengan orang2 yg gayanya sama kayak mereka. dan biasanya sih warna bajunya kalo ga item ya putih. gw juga ga ngerti sbenernya apa bagusnya sih nih gaya? skarang ini ada juga gosurori yang terinspirasi dari manga. sbenernya selain gosurori, masih banyak lagi sih gaya2 aneh di harajuku, ada yang pake baju ninja, ada om2 pake baju mini mouse, ada kakek2 pake anting yang terbuat dari akuarium + di dalemnya ada ikan idup, dll. tapi waktu pertama kali ke harajuku, sbenernya image-nya rada beda sama image yang ada di kepala gw selama ini. gw pikir, harajuku itu adalah sebuah tempat yang lumayan gede, yang ditujuin kepada semua orang yang ingin mengekspresikan perasaan mereka. tapi kenyataannya, orang2 yang berpakaian aneh cuma berkumpul di satu tempat doang, yaitu di jembatan. jadi ada satu jembatan gede di sebelah harajuku station, nah disanalah tempat orang2 aneh ini ada.

Nah skarang kita liat gaya anak2 smp atau sma. seragam anak2 cowok disini disebut “gakuran”, bentuknya sebenernya kayak jas, tapi full kancing dari atas sampe bawah. orang2 bilang baju anak jepang keren, tapi coba deh diteliti lagi, ini ga ada bedanya sama jas betawi. sama persis hahahaha. kalo baju ceweknya cuma pake kayak blazer aja (kalo yang jaman dulu kan biasanya seragamnya kayak sailor), trus mereka wajib pake rok pendek! hahaha lumayan lah .. dan mereka biasanya selalu pake kaos kaki panjang warna item. ga tau knapa cewek2 sini suka banget sama kaos kaki panjang warna item. hampir ga ada yang pake kaos kaki panjang warna putih, kebalikan sama cewek2 indo. jadi kadang2 juga suka ada cewek pake sepatu hak (bukan anak sma, cewek biasa gitu) tapi tetep pake kaos kaki panjang warna item. nah skarang coba aja liat foto di sebelah kiri sama sebelah kanan , bandingin deh baju SMA cowok jepang, sama jas betawi. bedanya di jepang ga pake pernak pernik kayak kuku harimau (yang dipake di kantong depan) doang hehe. oh iya, rata2 anak SMA kalo ke skolah harus pake sepatu kerja, kayaknya ga pewe banget yak .. lebih seru pake sneaker. tapi kalo anak2 SMP kayaknya blom wajib deh, mereka rata2 pake sepatu olahraga (spatu basket, dll), rada katro sih hehe

nih ada foto2 lain dari gaya2 orang jepang


Actions

Information

2 responses

16 02 2009
adit

Iya gw jg setuju tuh. emang sih orang asia timur pd umumnya keliatan aneh kl dipermak kyk gt. apalagi yg gangguro tu, waaah ‘gak bgt dah.

24 09 2009
CARMEN

MENURUT Q UNTUK STAILE,,GAYA MEREKA 2 COOL…,,,TAOI NTUK GAYA YG MENGUNDANG FORNO AKSI N FORNO GRAFI KYA AKU GA SETUJU,,

Leave a Reply

