Keluarga Kekaisaran

25 01 2008

↓emperor heisei & empress michiko

Entah knapa, dari dulu gw interest banget sama masalah kerajaan atau kekaisaran. berhubung di jepang juga ada sistem ini, akhir2 ini gw sering baca2 info tentang keluarga kaisar. di jepang, kaisar adalah lambang negara dan persatuan rakyat. trus uniknya, di jepang tuh sampe skarang masih pake kalender dengan sistem taun sesuai dengan nama kaisar yang sedang menjabat. jadi misalnya taun 1990 kaisar x naik tahta, trus tgl 24 januari 2008 kaisar x meninggal, secara otomatis hari ini juga putra mahkota y naik tahta, yang akhirnya membuat nama taun berubah, dari taun x ke taun y. jadi terhitung mulai hari ini (misalnya hari ini tgl 25 jan 2008) adalah taun y. trus misalnya ada anak yang lahir tgl 26 januari 2008, artinya dia lahir pada 2006 januari tahun 1 y. hehe, kocak juga kan? gw ampe skarang masih blom terbiasa make sistem taun ini. berhubung dari taun 1989 sampe skarang kaisar yang menjabat adalah kaisar akihito ( nama kehormatannya = kaisar heisei), jadi taun 1989-skarang namanya adalah taun heisei. kalo anak2 seangkatan gw (kelahiran 1983-1984) nama taunnya = taun shouwa. krn yang menjabat sebagai kaisar dari taun 1926 – 1989 adalah kaisar hirohito (kaisar shouwa). jadi tahun kelahiran gw adalah taun 58 shouwa (tahun 1983).

crown princess masako, princess aiko, crown prince naruhito

Skarang gw mau ngebahas keluarga kaisar heisei aja deh. jadi kaisar yang menjabat skarang kan kaisar heisei, dia punya 3 orang anak dari perkawinannya dengan empress (bahasa indonesianya apa coba?) michiko, yaitu pangeran naruhito, pangeran akishino, dan putri sayako. kalau suatu saat kaisar heisei meninggal, yang akan menggantikan posisinya adalah pangeran naruhito. dengan akan naik tahta-nya pangeran naruhito, otomatis yang akan menjadi putra mahkota kan keturunan dari naruhito, masalahnya naruhito cuma punya satu keturunan cewek, yaitu putri aiko (baru lahir thn 2001). waktu taun 2001 di indonesia juga sempet heboh dengan kelahiran putri aiko yang nyebabin munculnya kontroversi di keluarga kekaisaran, yang katanya mau ngerubah sistem syarat2 untuk jadi seorang kaisar yang selama ini hanya boleh laki2. skitar taun 2001-an emang kayaknya sistem itu hampir terwujud, berhubung pangeran akishino juga cuma punya keturunan cewek doang. sampe terjadilah peristiwa heboh lagi taun 2006, yaitu lahirnya bayi laki2 dari pangeran akishino (nama anaknya pangeran hisahito). ya setelah lahirnya pangeran hisahito, scr otomatis pikiran utk ngerubah sistem kekaisaran akhirnya brubah lagi, krn putra mahkota akhirnya dipegang sama pangeran hisahito. nasib .. nasib .. kesian banget si naruhito ya? haha

yoshiki kuroda & sayako ↓

Oh iya, blom lagi beberapa taun yang lalu, putri sayako memutuskan untuk keluar dari keluarga kekaisaran (royal family), krn dia mau nikah sama orang biasa (yoshiki kuroda). ketentuan jika seseorang dari keluarga kaisar menikah dengan orang biasa harus meninggalkan kekaisaran tertulis di undang undang jepang. tapi gw salut juga sih, walaupun gw ga tau sbenernya lebih enak di dalem istana, atau di luar huehue. kayaknya kalo gw bayangin mendingan di dalem istana deh, apalagi istananya di jepang. kalo istananya di indo mah mendingan gw keluar.

—————————————————————————————————————————

suasana 2 januari di imperial palace ↓

Sanking tertariknya sama kekaisaran, gw juga udah pernah nyoba pergi ke imperial palace yang terletak di pusat tokyo. gw ksana udah skitar 4-5 bulanan yang lalu. tempatnya gedeee banget, tapi yang terbuka untuk umum hanya beberapa bagiannya aja. jadilah gw disana cuma bisa muter2 di taman yang super gede, trus foto2. walaupun foto2nya juga jadinya kayak foto di taman biasa aja. tapi yang bikin gw tertarik untuk nyoba dateng ksana lagi, ternyata setiap tanggal 2 januari imperial palace bagian intinya juga dibuka untuk umum, dan seluruh keluarga kekaisaran biasanya menyambut smua rakyat yang dateng (biasalah, acara melambai2kan tangan dari beranda gitu). sbenernya sih ga penting, tapi gw penasaran aja, makanya ntar taun depan, gw pasti dateng ksana.

imperial greeting

gw di imperial palace

imperial palace

imperial palace


Actions

Information

Leave a Reply

