Hachiko, Anjing Yang Setia

30 01 2008

Sbelum gw dateng ke jepang, sbenernya di tv udah sering liat keberadaan patung anjing di skitar stasiun yang ada di jepang. tapi gw ga pernah tau namanya, sampe beberapa hari sblom pergi, temen gw ngomong gini : “kalo udah sampe jepang jangan lupa foto sama hachiko”. trus gw kan bingung “hachiko apaan?”, dia bilang “patung anjing yang ada di jepang itu loh!”. oh akhirnya gw baru ngeh kalo patung anjing yg terkenal itu namanya hachiko. jadilah begitu sampe jepang gw beneran nyari keberadaan patung ini.

daerah skitar hachiko (letaknya di sblh kiri, tp disini ga kliatan) 759737.jpg

Setelah dateng ke jepang, mungkin skitar 3-5 hari setelah sampe jepang, akhirnya gw baru sadar kalo hachiko letaknya persis di sebrang kantor gw (main office). patung hachikonya sendiri terletak di deket pintu keluar shibuya station, dimana tempatnya selalu penuh dengan anak muda yg lagi nunggu temennya. daerah ini juga sering muncul di tv, krn perempatan yang ada di samping patung hachiko adalah perempatan terpadat di shibuya (pernah liat kan perempatan yang orangnya banyaakk banget, lebih banyak daripada mobil). patung hachiko ini dibuat berdasarkan kisah nyata kesetiaan seekor anjing. jadi begini ceritanya ….

anjing ras akita, matanya mirip orang jepang beneran haha
183618389_e29815f6b5_o.jpg

Jadi hachiko itu adalah anjing dengan ras akita (nama daerah di jepang), dia lahir thn 1923 di desa odate propinsi akita. waktu umurnya 2 bulan, majikannya (prof. eisaburo ueno) ngebawa dia ke tokyo krn si majikan kerja di universitas tokyo jurusan agriculture. mereka berdua akhirnya tinggal di daerah shibuya. tapi krn setiap hari si majikan harus kerja di district yang beda (bukan shibuya), hachiko udah terbiasa nganter majikannya pergi sampe stasiun shibuya. begitu juga kalo majikannya pulang, hachiko juga pasti udah nunggu di sana.

Sampe terjadilah tragedi pd tanggal 21 mei 1925, prof. ueno meninggal krn stroke di universitas tokyo sblom pulang menemui hachiko. krn kematian prof. ueno, akhirnya sodara dari prof. ueno mengambil alih hachiko. sodaranya ini juga tinggal deket stasiun shibuya. setiap hari hachiko selalu pergi dari rumah barunya untuk nungguin majikan lamanya pulang ke stasiun shibuya.

Pada thn 1928, terjadi perombakan besar di stasiun shibuya, tapi hachiko tetep setia nungguin majikannya. sampe akhirnya pada tahun yang sama, salah seorang murid prof. ueno yang sedang meneliti anjing ras akita tertarik dengan kesetiaan hachiko. dia memutuskan utk menulis sebuah artikel yang akhirnya ngebuat hachiko menjadi terkenal di jepang. berita tentang hachiko menyebar luas sampe2 akhirnya berita dgn judul “anjing tua yang tetap setia menunggu majikannya yg telah meninggal 7 thn” di muat di koran asahi pd thn 1933. patung hachiko akhirnya didirikan pada tahun 1934 (tp sempet hancur gara2 pd II, yang di rombak ulang pd tahun 1948).

patung hachiko (ga pernah nih kosong kayak gini! biasanya penuh) dscf2460.jpg

Hachiko akhirnya bisa bertemu dengan majikannya pada tanggal 8 maret 1935, hachiko meninggal (mati?) persis di tempat terakhir dia melihat majikannya pergi. selain sebagai meeting point, patung hachiko terkenal sebagai lambang kesetiaan di kota tokyo.


Actions

Information

22 responses

31 01 2008
tasha

aku pernah denger crita ttg anjing ini,, waktu itu smpet foto juga sama patungnyaa…hehehe…

25 07 2008
mutant

baru tau aq..thanks ya, dah share pengalaman selama tinggal dijepang

1 12 2008
Agus Prijanto

iya, kemarin barusan dapat filmnya dari internet, film yg dibuat tahun 1987 ini dibuat berdasarkan kisah nyata Hachiko ini. Sangat mengharukan..

3 04 2009
Rinie

wahhh kerja di jepang iaa…

mau mau mau..^^

hhehhee

salam kenal iaa.. dari Rinie..^^
mau link exchange ga..??

31 01 2010
citra

apa kabar

10 06 2009
zaki fahmi

ohayoo gozaimasu .saya zaki. sempet baca kisahnya di majalah trubus.memang setia banget jenis anjing akita.kalo mau liat bisa di film jepang “one liter of tire”anjingnya aya

10 06 2009
rendyharahap

@tasha : hehehe, tapi waktu ksini lagi kita ga foto disini ya

@mutant : sama2🙂

@Agus Prijanto : wah boleh dong di share nama filmnya ..

@Rinie : boleh2 aja kok rin ..

@zaki fahmi : ohayou gozaimasu zaki .. salam kenal! oh gw ralat sedikit ya, nama filmnya “1 litter of tears”. walaupun gw udah rada lupa kalo di film itu anjingnya aya = anjing akita … thanks for the info zak!

19 10 2009
indri

sedih bgt….

24 10 2009
rendyharahap

@indri : hehe kisahnya bagus banget ya .. hiks (pura2 nangis)

27 12 2009
Agus Prijanto

Judul filmnya : Hachiko Monogatari (1987)

bisa di download di :
http://www.indowebster.com/_Hachiko_Monogatari_1987_DVDrip_.html
subtitle Inggrisnya :
http://www.indowebster.com/Hachiko_Monogatari_1987rar.html

kalau ada yg belum jelas bisa email ke agsprj@yahoo.com
kamu masih tinggal di Jepang ya ?

8 02 2010
senorita

what a wonderful and sad movie, the best movie ever….ga berenti ngangis waktu ntn film ini, sampe pas liat2 trailernya di youtube gw masih tetep nangis.
i love Hachiko……

10 04 2010
huryati gunawan

tiap hari kedua anak kembarku yg berumur 2 thn selalu minta diputerin film hachiko,berulang2,ga bosen2nya,n aku jd ikut2an deh,

10 04 2010
huryati gunawan

tiap hari kedua anak kembarku yg berusia 2 thn selalu minta diputerin film hachiko berulang2,ga ada bosen2nya,mamanya jd ikut2an tiap hari minimal 2 kali ntn tuh film,

12 04 2010
josua desu

Wow.ntar lg mau ke jpang ne.jdi pngen cpat2 liat tuh..soalnya q cinta bnget ma anjing.aq dulu pernah nangs wkt anjing q dijual.hngga kini aq ga mau makan yg namanya daging anjing.abis ga tega..

13 04 2010
unnica

Huhuhuhuhuhuhuhu……Film yg mmbwt hatiku trsntuh……..Q pcinta anjing……Klo liat film anjing kyk gtu….Gk tega…..stia bnget xma majikannya….Mati d xtasiun nunggu majikannya lgi…..T.T

sedihh…Tuhan…
Moga” Hachiko berada d surga dengan majikannya….
aMin………………..

^^ GBU Hachikooo…
Luph U so Much…..

14 04 2010
Bona

Aku udh nonton dan aku merasa betapa hebat hachi itu..nungguin Tuan nya ASTAGA TUHAN..
aku jadi inget sama anjing ku yang sudah tiada dia hapir suka ngaterin aku ke jalan raya untuk ke school..
dia udh pergi ninggalin aku karena papa ku tuker dia sama anjing yang dulu gk aku suka…Ku beri lagi nama anjing ini bruno lagi!!tapi sayang orang tua ku ingin bruno di beri ke orang lain,dan teryata org yang udh kami kasi bruno itu ngilangin anjing ku..
gw pengen bgt ketemu anjing gw yang 2 itumereka sangat gw sayang…Dia bukan mati karena di jemput maut karena kecerobohan org dan dosa manusia..Mungkin kalian gk percaya tapi setiap hari mungkin aku sudah sering menanggisi mereka..

28 04 2010
Ziarah ke Makam si Anjing Setia « shout your mind

[…] ini gw cuma mau share secara singkat doang. udah pada tau tentang hachiko dong? (baca tulisan gw disini). kalo masih bingung juga, nonton film “hachi” yang dibintangin richard gere dulu ya! […]

1 05 2010
ratna dewi

bahas juga donk gedung2 unik yang ada d tokyo…

8 05 2010
kukuruyuk

mmm… ane pikir karena anjingnya g bisa bahasa manusia makanya dia nungguin terus.. coba dia bisa bahasa manusia, pasti tau kalo majikannya udah tiada, jadi dia ga akan ke stasiun itu lg.. wkwkwwkk

12 09 2010
keleleb

ane sedih kucing ane mau dibuang HUAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!

13 02 2011
andry pandu latansa

anjing yang setia,sedih saya nntn filmnya…

5 06 2012
Icong

seratus kali anda memutar ulang film Hachico, dan anda akan tetap berulang kali meneteskan air mata…..mahluk Tuhan yang sangat luar biasa !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: