Si Bambu Mahal Shakuhachi

30 01 2008

Hari ini sore2 lagi ngobrol2 gitu sama temen gw yang orang jepang, gw bilang “lo punya tujuan khusus ga yang mau lo capai di tahun 2008?”, trus dia jawab “gw mau belajar bahasa cina dan mau lancar main shakuhachi”. gw spontan jawab “he? apaan tuh shakuhachi?”.

↓masui yang sedang bermain shakuhachi
shaku.jpg

Dia dengan excited-nya langsung ngejelasin apa itu shakuhachi. jadi shakuhachi itu adalah alat musik tiup tradisional jepang yang di buat dari bambu. kalo kita perhatiin, bentuknya hampir sama persis kayak recorder yang kita pake jaman2 sd dulu. tapi shakuhachi ini cuma punya 4 bolongan di depan & 1 bolongan di belakang (walaupun ada jenis2 lainnya). biasanya lagu2 yang di maenin dengan shakuhachi adalah lagu2 tradisional, walaupun di jaman skarang banyak orang yang maenin lagu2 modern juga, bahkan ada beberapa band jazz jepang yang kolaborasi dengan pemain shakuhachi (ya kalo di indo kayak krakatau lah kali ya?). dia bilang, setiap hari dia pasti nyempet2in latian maen shakuhachi. bahkan sampe ke kantorpun, dia selalu bawa alat musik itu! dan gw baru tau! hehe..akhirnya tadi gw minta dia kasih liat alat musiknya. trus begitu gw liat, ya kesannya bener2 mirip recorder deh, hampir ga ada bedanya. akhirnya gw bilang gini “eh lo pura2 maenin alat ini, trus gw foto ya”, eh dia nurut.

↓ini not balok atau huruf hangul? ada yg bisa baca?
not.jpg

Krn kesannya yang mirip recorder, kisaran harga yang gw tebak paling kira2 Rp.100.000 kan ya? ternyata gw salah total! pas gw tanya “emang harganya berapa sih?”, trus dia jawab dengan entengnya “170.000 yen..”, “hah???? gw bisa beli 2 laptop tuh! gila apa”. jadi 170.000 yen kalo di kurs ke rupiah kira2 Rp. 14.000.000! mendingan gw beli keyboard atau clavinova.

Trus tadi dia juga ngajarin cara megang & niupnya. pokoknya semuanya serba mirip recorder deh. tapi yang gw bingung, apa yang ngebuat sebatang bambu jadi mahal banget coba? ternyata kata dia, untuk ngebuat alat musik dari bambu yang kokoh itu ga mudah, kalo kita beli yang murah bisa2 suatu hari kebelah shakuhachi-nya. trus gw tanya “kisaran harganya yang paling murah berapa?”, kata dia 19.000 yen = 1.600.000, tapi itu ga terbuat dari bambu (di buat dari kayu biasa). wah mungkin temen gw itu skarang udah maestro kali ya, makanya dia sampe berani beli yang mahal haha..oh iya, ada satu lagi yang menarik! ternyata not baloknya ga sama seperti not2 balok yang kita biasa liat. ada not balok khusus untuk shakuhachi, bentuknya kayak huruf hangul-nya orang korea. gw jadi smakin tertarik nih sama alat2 musik tradisional jepang, besok2 gw cari lagi deh infonya.


Actions

Information

5 responses

21 02 2008
becce nippong

hai, saya juga senang dengan yang berbau Jepang…salam kenal…
btw critain donk kok bisa punya teman Nihonjin…

21 02 2008
rendyharahap

hi juga. gw punya temen nihonjin soalnya gw kerja di tokyo. jadi otomatis temen jepangnya juga lumayan banyak hehe. gw banyak tau dari mereka hal2 tentang jepang yang seblm2nya gw ga tau..

6 12 2008
Wilson

wah mau banget blajar shakuhachi ^^ saat ini lagi blajar Taiko, pengen bisa yang budaya jepang🙂 Kenaliiinnnnn….

24 07 2009
rizkika aprilisa

aku gak tau banyak tentang alat musik jepang

10 04 2010
bayu

saya ada sih beberapa koleksi shakuhachi, kalau ada yang minat bisa hubungi saya, posisi di solo..
contact aja kagecio@yahoo.com
thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s