Lo Tinggal di Jalan Apa?

15 02 2008

Kalo di indo jawabnya gampang banget kan, tinggal bilang “di jalan lombok”. tapi kalo di jepang rada ribet nih, soalnya disini ga ada sistem nama jalan. jadi kalo biasanya kita liat plang2 nama jalan di indo ada tulisan nama jalannya, kalo di jepang ga ada. yang tertulis juga nomor district sama nomor blok. bingung kan? gw aja ampe skarang masih rada bingung kalo nyari2 alamat sendiri, walaupun sebenernya kalo udah ngerti malah jauh lebih gampang sih daripada sistem nama jalan.

Jadi sistem penulisan alamat di jepang dimulai dari penulisan nama prefektur (atau propinsi lah ya). abis itu diikutin sama kotamadya, kelurahan, nama & nomor district, nomor blok, nomor rumah. jadi contohnya liat plang nama jalan di bawah deh, bacanya “kamimeguro 2 choume-21 banchi-9 gou”. nama & nomor districnya = kamimeguro 2, nomor bloknya 21, nomor rumahnya 9. kalo mau tulis alamat lengkapnya = “toukyou-to, meguro-ku, kamimeguro 2 choume, 21 banchi, 9 gou”, dimana propinsinya tokyo, kelurahannya meguro. kanapa langsung kelurahan, ga ada kotamadyanya coba? soalnya di tokyo ada 23 kelurahan spesial (bahasa indonesia rada norak ya), termasuk shibuya, shinjuku, ikebukuro, harajuku, akihabara, ueno, dll. jadi untuk nulis alamat 23 kelurahan tsb juga spesial lah, ga perlu ribet2.

meguro.jpg

Skarang gw kasih contoh buat nulis alamat ke tempat gw (rada gw palsuin ya alamatnya). gini nih caranya = “kanagawa-ken, yokohama-shi, aoba-ku, fujigaoka 2 choume, 5 banchi, 8 gou, # 15”, dimana propinsinya kanagawa, kotamadyanya yokohama, kelurahannya aoba, districtnya fujigaoka, bloknya nomor 5, rumahnya nomor 8, dan terakhir nomor kamarnya nomor 15. lumayan ribet buat orang asing..

↓kanagawa-ken,yokohama-shi,aoba-ku,fujigaoka 2 choume,5 banchi, 8 gou, 15↓
contoh.jpg


Actions

Information

4 responses

14 12 2009
Fun Fact Tentang Jepang (II) « shout your mind

[…] 12. mayoritas jalanan di jepang gak punya nama! (baca tulisan gw disini). […]

8 01 2010
a3

nama gedungnya belum ren?

17 04 2011
Fun Fact Tentang Jepang « ASIAN UPDATE

[…] 12. mayoritas jalanan di jepang gak punya nama! (baca tulisan gw disini). […]

8 06 2013
Yaoi

klo kode poss nya apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s