Sashimi Anyone?

19 02 2008

Lagi-lagi ngomongin makanan. tapi ini bukan makanan standard yang biasa kita makan sih. bagi orang-orang yang udah pernah dateng ke jepang mungkin udah tau, tapi buat yg blm pernah dateng ke jepang, gw pengen bagi2 info lagi tentang sashimi yang cukup aneh.

Selain jepang, belakangan ini konsumen sashimi & sushi di dunia semakin bertambah. amerika, cina dan rusia menjadi negara dengan konsumsi sashimi & sushi terbesar. bagi orang jepang sendiri, sashimi & sushi itu ga ada artinya tanpa tuna. jadi emang daging tunalah yang memegang peranan penting dalam dunia sashimi-sushi. tapi masalahnya, krn besarnya permintaan daging tuna di seluruh dunia, penangkapan ikan tuna skarang dibatesin. jadilah koki-koki di jepang jadi panik semua, apa jadinya sashimi & sushi tanpa tuna? berawal dari sanalah muncul ide-ide pembuatan sashimi dengan alternatif lain.

Skarang ada beberapa jenis sashimi yang sering terdengar di jepang : basashi, fugusashi dan shikasashi. ketiga jenis sashimi ini adalah sebagai alternatif dari penggunaan daging tuna. daging yang digunain adalah daging kuda (basashi), daging fugu (ikan beracun-fugusashi) dan daging rusa(shikasashi)! menurut pengalaman orang-orang yang udah pernah makan daging2 sashimi ini, dagingnya hampir ga berbau dan gampang dikunyah. selain itu makannya juga hampir sama kayak sashimi & sushi biasa, harus pake shoyu (kecap asin jepang). bahkan setelah makan daging2 ini, malah banyak orang yang nagih mau makan lagi.

Ayo ada yang tertarik mau nyoba ga? kalo gw sih sampe kapanpun ga akan tertarik. mendingan gw makan ayam goreng.

↓basashi (daging kuda mentah) & shikasashi (daging rusa mentah)↓
bakasashi-thumb.jpg

Actions

Information

One response

11 03 2010
mimi

dear one,

Quoted: apa jadinya sashimi & sushi tanpa tuna? berawal dari sanalah muncul ide-ide pembuatan sashimi dengan alternatif lain.

ini sih cuma share info aja, mungkin bukan hanya pembatasan Tuna sashimi aja, tapi dari dulu udah ada, jadi menurut aku bukan awal munculnya sashimi kuda, sapi, rusa, fugu n bahkan kodok.

Before 1867 and the Meiji restoration, during hard times, this became unavoidable – but there weren’t many animals around. Despite being highly valued domestic animals, horses would have been obvious candidates for the dinner table, which is where the basashi tradition started.

masa2 sulit jadi apa juga dimakan hihihihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s