Truk “Goyang”

10 03 2008

Weekend kmaren gw jalan2 ke shinjuku dan secara ga sengaja gw ngeliat ada truk “bergoyang” di pintu keluar barat. krn penasaran, gw akhirnya ngedeketin truk itu, dan ternyata kalau kita liat dari samping bagian belakang truk itu terbuka. nah yang kerennya, bagian belakang truk itu di design seperti sebuah ruangan : ada meja, kursi, lemari, lampu, dll. gw kan ga ngerti awalnya, ini truk fungsinya apaan sih? sampe akhirnya ada 3 orang anak kecil yang naek ke truk itu, trus ada seorang petugasnya yang teriak “start!”, eh tiba2 truknya kembali “bergoyang”. waktu truknya udah mulai goyang2, si 3 anak kecil ini spontan lari ke bawah kolong meja. setelah ngeliat keadaan itu, akhirnya gw ngerti kalo ternyata truk itu adalah truk yang digunain untuk latihan gempa bumi. jadi sepertinya truk ini akan muter2 keliling kota untuk ngasih pengetahuan ke masyarakat hal2 yang harus dilakukan kalo terjadi gempa bumi. nih dibawah gw post video yang gw ambil dari cuplikan berita :

Mungkin petugas2 truk ini ngeliat muka gw yang mupeng pengen naek ke truk itu kali ya, krn akhirnya gw juga disuruh naek sama mereka hahaha. akhirnya gw bertiga sama temen2 gw ikutan naek deh, trus kita ngikutin acting anak2 kecil tadi lari ke kolong meja. untung ini di jepang bukan di indo, kalo di indo pasti gw udah diketawain sama orang2 hahaha.

Kayaknya saking seringnya terjadi gempa di jepang, pemerintah memutuskan untuk membuat truk2 ini dengan tujuan masyarakat ga akan panik lagi saat menghadapi gempa. setelah gw pikir2, mungkin bagus juga ya kalo di indonesia juga diadain sistem kayak gini, apalagi belakangan ini banyak banget kasus gempa bumi di indo. oh iya, kiat2 menghadapi gempa di jepang bukan cuma masalah truk ini doang, bahkan dari pondasi rumah & gedung2 bertingkat di jepang juga udah dilengkapi dengan anti gempa. selain itu furniture2 besar di dalam rumah biasanya sudah di paku ke tembok, jadi kalau sampai terjadi gempa furniture2 besar ini ga akan jatuh niban kita. kita harus banyak mencontoh negara yang udah berpengalaman dengan gempa bumi nih kayaknya…

↓rak yang udah di paku ke tembok↓
taore.jpg


Actions

Information

Leave a Reply

