Kerja Rodi Berlimpah Duit

22 04 2008

Wah, udah brapa minggu ga post, lagi sibuk2nya lembur! sekarang gw baru ngerti gimana prinsip kerja orang jepang yang sebener2nya.

Pertama kali gw dateng kesini, rasanya karyawan2 jepang ga terlalu workaholic banget. tapi ternyata contoh yang gw liat itu adalah orang2 management, HRD, dsb. tapi kalau kita liat sisi pekerja2 IT, ternyata mereka emang dilahirkan untuk bekerja. coba bayangin, setiap hari gw kerja sampai jam stengah 7 malem, tapi gw diwajibkan untuk lembur, dan pikiran pertama gw lembur paling2 sekitar 2 jam. ternyata pas jam 9 gw coba pamit untuk pulang, gw malah ditanya : “kok kamu pulang cepet? ada urusan ya?”. lah? masa jam 9 masih dibilang pulang cepet sih?!

Darisitulah gw sadar kalau orang2 IT ini punya semangat kerja yang tinggi banget. mungkin krn mereka selalu dikejar2 dengan proyek2 baru. jadilah skarang2 ini setiap hari gw pulang sekitar jam stengah 11 malem, dan sampai rumah sekitar jam 12. mau mati rasanya tiap hari harus pulang jam 12 malem.

Setelah gw ngobrol2 sama orang kantor, ternyata emang rata2 orang IT ngambil lembur sekitar 3-4 jam perhari (tapi ada juga sih yang kurang). dan menurut kebijakan pemerintah, lembur maksimal untuk orang2 non-IT adalah 45 jam perbulan, sementara untuk orang2 IT maksimal 80 jam perbulan. dan yang anehnya, temen2 kantor gw perbulannya rata2 lebih dari 100 jam! krn banyaknya kasus2 orang yang gila kerja, pemerintah juga ngebuat aturan yang mengharuskan setidaknya kita menyisakan 2 hari untuk tidak bekerja dalam sebulan! bener2 ga ada kehidupan social deh. bahkan kadang2 hari sabtu & minggu-pun mereka masuk kantor.

↓makanya mas, jangan kebanyakan kerja!↓

Tapi yang enaknya, lembur disini gajinya gede banget, apalagi kalau udah diatas jam 10 malem. jadi istilahnya kalau kita ambil lembur sampe 80 jam, kita bisa dapet duit extra 2x gaji kita, ckckck. worth it sih, tapi badannya apa ga ancur ya? mana mereka kalau lembur ga pernah makan malem lagi. jadi skarang ga heran kan kenapa orang jepang kalau masuk ke butik2 high class bisa borong lebih dari 3 item.

Jadi sekarang gw mulai kepikiran untuk pindah ke negara2 western, entah eropa atau amerika, yang ga ada lembur tapi gajinya 2x lipet gaji jepang hahaha. kayaknya lebih damai disana..


Actions

Information

11 responses

22 04 2008
Imansyah™

80 jam per bulan? Kalo 20 hari kerja, berarti rata-rata 4 jam per hari?! Ditambah jam kerja yang 8 jam, berarti kerjanya 12 jam atau bener-bener setengah hari? Gila! Kapan istirahatnya yah?!

25 04 2008
besse eka wulandari

emang ya…dasar orang Jepang…makanya katanya banyak yang bunuh diri karena stress…kakak pernah dapati orang bunuh diri ga?cerita dunkz…kak jangan tingalkan Jepang dunkz…ntar kalo mau tanya2 ttg Jepang ma sapa lg???
hiks…hiks…hiks…

29 04 2008
Diana Rikasari

wowwww….gila banget ya rennnn…tapi aku iri…kamu pasti sekarang sudah jadi mesin pencetak uang dehhhhh hehehehhehehe….

2 05 2008
a3

rendy disini cuman nyetak anak doank😀

16 05 2008
Rido Panjaitan

numpang komen bang… gw tau blog ini krn bang rendy kesasar ke email gw. Kenapa gw manggil abg? kan ceritanya kita bedua sama2 batak. Hehe…
baeklah, pengen nanya nih. Ada info bea siswa yang untuk anak di luar binus gak? gw lagi cari bea siswa S2… yang ekonomi-ekonomi gt… atau apa kek yang penting gw ke luar negeri.. Hehe… background gw ekonomi.
Thx

16 05 2008
Rido Panjaitan

numpang komen bang… gw tau blog ini krn bang rendy kesasar ke blog gw. Kenapa gw manggil abg? kan ceritanya kita bedua sama2 batak. Hehe…
baeklah, pengen nanya nih. Ada info bea siswa yang untuk anak di luar binus gak? gw lagi cari bea siswa S2… yang ekonomi-ekonomi gt… atau apa kek yang penting gw ke luar negeri.. Hehe… background gw ekonomi.
Thx

20 05 2008
rendyharahap

@Imansyah™ : hehe, ya begitulah hampir ga ada istirahat & ga ada kehidupan sosial. tapi jepang setau gw cuma berada di peringkat workaholic 3 dunia. masih kalah sama korea & satu negara lagi gw lupa.

@besse eka wulandari : tenang, smua tentang jepang (terutama yang unik2nya) bakal gw bahas semua disini hahaha…

@Diana Rikasari : yah di, pasti ntar karir lo lebih gila2an. gw kan cuma modal hoki, kalo lo emang darisananya udah pinter

@ a3 : diem aja lo bon ..

@ Rido Panjaitan : wah do, ayo undang semua orang2 batak buat masuk sini. ntar kita bikin perkumpulan batak sekalian hahaha. btw gw ga ngerti masalah beasiswa2 laen. gw cuma tau yang dari binus. tapi ntar kalo ada info gw kasih tau ya

2 08 2009
rindut

as an IT man, umm.. as an IT woman, g mo sedikit berkomentar.
kayaknya ga di jepang doang, ren. orang IT di jakartapun banyak juga yang ngelembur saben hari sampe jam 10an. tiap hari. g contohnya g hehe.
anyw, your blog is great. good luck!!
*kalo ada lowongan disana kasih tau yak. karna, as we know, dari segi pendapatan, jakarta tidak lebih baik dari disana khekehkehke.

3 08 2009
rendyharahap

@rindut : thanks rin! hahaha iya juga sih, di jakarta karyawan2 IT nya juga gila2 kerjanya..coba search di google deh rin, cari websitenya perusahaan2 outsourcing jepang aja. ada beberapa perusahaan outsourcing jepang yang khusus mencarikan kerjaan untuk orang-orang asing (jadi bahasa yang di pake juga bahasa inggris, walaupun ga sebanyak lowongan kerja berbahasa jepang sih). gak juga kok rin, untuk jangka panjangnya bisa2 gaji indonesia lebih tinggi dari jepang. krn disini step karir-nya lambat banget, sementara di indo cepet banget, jadi kenaikan gaji cepetan indo hehe..blom lagi disini pengeluarannya jauh lebih besar dari indo zzz

3 08 2009
rindut

waktu lo kesana pertama kali kemampuan bahasa jepanglo udah berapa persen, ran? sebenernya ke jepang adalah salah satu impian g. dulunya si gara2 suka liat bunga sakura di kalender *ga penting. tapi sekarang kayaknya ada niatan untuk kerja disana. oiya, untuk IT, yang happening disana kebanyakan di posisi apa, ran? kalo lo sendiri ngerjain apa disana? btw, untuk step karir bukannya tergantung perusahaannya ya?

2 12 2010
Rikka Audya

buat banyak duit ya kerja yang poll lach masssss………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s