Ngrokok Yok!

11 05 2008

Disini mau ngrokok susahhhh banget (ga sesusah di singapore sih), soalnya kita kalo mau ngrokok kan harus di smoking room yang khusus disediain di tempat2 tertentu. dan mayoritas peraturan disini ga memperbolehkan kita utk ngrokok sambil jalan. bahkan dibeberapa restoran area tempat duduk smoking-nya jauh lebih sedikit dibanding yang non-smoking (termasuk cafe2 kayak starbucks dll!). tapi yang anehnya menurut survey di jepang, 60% lebih masyarakat jepang adalah perokok! temen2 kantor gw yang orang jepang juga rata2 ngrokok semua.

Dari dulu gw selalu penasaran apa pendapat orang2 jepang tentang rokok indonesia. krn rokok2 disini kan standardnya rokok international doang, kayak marlboro, lucky strike, paling2 kalo yang produksi jepang cuma kayak mild seven, seven stars dll. jadi intinya mereka blom pernah nyobain rokok2 yang “manis” kayak rokok indo kan? hehe.

Waktu itu gw balik ke jakarta, trus bingung mau ngasih oleh2 apa untuk orang2 kantor. sampe akhirnya gw dapet ide utk kasih mereka rokok sampoerna aja deh, lumayan utk pengalaman mereka kan. akhirnya setelah sampe di jepang lagi gw kasih lah sampoerna itu ke mereka, dengan bangganya gw bilang “ini adalah rokok yang sangat terkenal di indonesia”. pas mereka baca bagian tar-nya, mereka kaget krn sampoerna mengandung 14mg tar. komentar pertama mereka “wah, kuat banget ya…”, dengan muka terpaksa dan ragu2 mereka akhirnya nerima rokok itu juga sambil bilang “terima kasih”.

2 bulan setelah itu, gw ketemu salah seorang temen yang gw kasih sampoerna. dan ternyata rokok itu baru keisep 4-5 batangan! hahaha. trus gw tanya, gmana pendapat lo? dia bilang “rokoknya kuat banget, trus rada berbau, tapi enak juga kok. gw mau ngabisin rokok ini ga buru2, jadi sambil santai2 aja”. padahal sih gw yakin di dalem hati mereka bilang “rokoknya bau busuk, rasanya ga enak, pengen muntah, dll” hahahhaa. karena emang bener kok, waktu gw nyuruh temen jepang gw nyium bau rokok gudang garam, pendapat mereka baunya “busuk”. aneh ya? padahal baunya kan enak banget, harum gitu.

↓beberapa rokok gw beserta kandungan tar-nya↓

Banyak juga sih pengalaman2 ga enak selama gw ngrokok rokok2 indonesia disini, contohnya gw pernah diliatin sama orang yg duduk di meja sebelah gw waktu lagi makan di mcd sendirian. dari awal duduk sampe gw matiin rokok, mereka terus2an ngeliatin gw. akhirnya gw sadar, kayaknya mereka terganggu dengan bau asepnya deh. heran gw, masa gitu doang terganggu sih? gimana kalo gw ngerokok dji sam soe yg non filter coba?

Krn penasaran, akhirnya gw nge-search tentang gudang garam di jepang (krn satu2nya rokok indo yg di ekspor kesini cuma gudang garam deh kayaknya). dan gw nemuin info yang lucu di salah satu blog orang jepang. mereka berdebat di blog itu, katanya rokok gudang garam ga sehat bgt krn kandungan tar-nya terlalu tinggi! padahal ada beberapa dari mereka yang suka ngrokok gudang, krn katanya bisa bikin mata melek terus kalo begadang. bahkan si pecinta gudang ini mau nyari rokok indo yang non-filter, dan dia ngadain tantangan untuk menghisap rokok itu ke temen2nya ahaha. gila masa rokok indo dijadiin bahan taruhan sih, bisa kaya gw kalo taruhannya cuma ngisep rokok.


Actions

Information

4 responses

20 05 2008
edwin

mana ren forum nya? biar gw acak2 sini hahahahaha, ada tuh gudang garam yang ga pake filter : gudang garam MERAH

21 05 2008
rendyharahap

@edwin : yah win, kmaren gw malah salah beli. gara2 ada rokok yg tulisannya “made in bulgaria” seharga 500 perak dengan kemasan yang menarik, akhirnya gw beli. ternyata pas gw buka isinya cerutu, sial

22 05 2008
edwin

wakakaka, mantaff dong, enak ga? hehehehe test drive dong…:D

23 02 2009
Diniy

yah kak, kok ngajak2 ngrokok si, hehe, peaceee

Leave a Reply

