Kabukicho! Jalan Yang Penuh Dengan Kabuki?

20 05 2008

Ok pertama2 gw mau ngasih tau dulu apa sih kabukicho itu? kabukicho adalah satu district yang terletak di daerah shinjuku, yang terkenal karena banyaknya pusat2 “hiburan”. kalau diterjemahkan dari kanji-nya langsung, arti kabukicho adalah “jalan kabuki”, dimana kabuki adalah kesenian tradisional jepang yang kalau di indonesia hampir sama kayak wayang orang. tapi pada kenyataannya, di kabukicho sama sekali ga ada theater kabuki, club kabuki, dan apapun yang berhubungan dengan kabuki. jadi kenapa coba namanya kabukicho? ternyata dulunya pemerintah merencanakan daerah ini sebagai pusat hiburan kabuki, yang pada akhirnya program tersebut ga pernah terealisasikan sampai sekarang (kok kayak pemerintah indo sih?).

Weekend kemarin gw & temen2 gw rame2 makan di restoran daerah shinjuku. setelah kita makan, kita bingung mau kemana, soalnya menurut kita shinjuku itu termasuk tempat yang cukup basi untuk jalan atau nongkrong. krn ga ada tempat lain, akhirnya kita mutusin utk jalan2 ke daerah kabukicho aja. walaupun sebelum2nya kita juga udah pernah menjelajah ke daerah sini sih, cuma kali ini gw akan ngasih gambaran kayak apa daerah ini & gw juga sengaja ngambil beberapa foto utk gw upload disini.

↓information center gratis utk informasi “hiburan2″↓

Dulu sebelum brangkat ke jepang, guru2 jepang gw udah ngasih peringatan ke kita : “hati2 ya kalau ke daerah kabukicho, di sana banyak toko2 yang aneh2”. krn mnurut gw penjelasannya ga masuk akal, gw nanya lagi “lah trus knapa harus hati2 dong sensei, orang cuma ada tempat2 aneh doang apa bahayanya?”. trus akhirnya si sensei gw ini (orang jepang, udah nenek2 tapi warga negara indonesia) terpaksa ngejelasin panjang lebar. intinya pemilik usaha2 prostitusi, pachinko (judi ala jepang), dsb itu biasanya dijalanin sama yakuza. jadi krn di kabukicho penuh dengan tempat2 yang “aneh2”, yakuza juga banyak berkeliaran disini terutama malem2. krn penasaran, sblm brangkat ke jepang pun gw nyari2 artikel tentang yakuza dan kabukicho via internet, dan ternyata emang bener, banyak yang nyaranin utk orang2 asing (terutama cewek) untuk ngejauhin daerah kabukicho. krn kalau kita ga ngerti daerahnya dan salah masuk club, bisa2 kita dikerjain (dimintain duit, di culik & dimintain uang tebusan, dll). ya, makanya jangan masuk2 ke tempat yang aneh2, kalau cuma sightseeing doang ga papa dong?

↓pernak pernik “unik”↓

Jadi di daerah kabukicho ini terbagi dari 2 district. yang pertama daerah yang ditujukan khusus untuk cowok2, dan ada juga daerah yang ditujukan khusus utk cewek2. biasanya jarang ada hostess (cewek) yang mangkal di luar, sementara banyakkkk banget host (cowok) yang mangkal nyari2 mangsa (yang biasanya adalah tante2 40 taunan). sbenernya gw rada bingung sih, kok kayaknya banyakan host-nya daripada hostess-nya? masa lebih banyak tante2 yang nyari “temen” daripada cowok2 sih? hahaha

Mungkin bagi orang asing kata “host” dan “hostess” punya arti negatif. kalau untuk orang indonesia, gw yakin banget 90% orang indo mikir hostess = p*c*n, host = g*g*l* kan? ok sekarang gw mau ngejelasin dan ngelurusin seluruh kesalahpahaman orang2 tentang “host” dan “hostess” ala jepang.

Jepang dengan segala keanekaragaman budayanya menciptakan sebuah profesi yang disebut “geisha”, dimana pada awalnya orang2 juga salah mengartikan profesi geisha sebagai “prostitusi”. kalau tugas utama geisha adalah memberikan hiburan tari2an, alunan musik & nyanyian tradisional jepang, tugas utama host dan hostess adalah memberikan layanan “berbicara”. dengan menyewa host atau hostess, artinya kita menyewa mereka untuk mendengarkan semua cerita kita, mau yang sedih, seneng, sampe yang ngebosenin sekalipun mereka harus tetap menjadi pendengar yang baik untuk kita. mungkin krn adanya pengaruh dari kebudayaan yang sangat mementingkan tata krama, banyak orang jepang yang mempunyai sifat tertutup. mereka rata2 tidak terlalu gampang untuk terbuka dengan orang lain, dan ga mau ikut campur urusan orang lain. krn alasan inilah jasa host dan hostess sangat dibutuhkan disini.

↓reklame2 di kabukicho↓

Aturan utama pekerjaan sebagai host dan hostess, selain harus menjadi pendengar yang baik, mereka juga harus pintar2 utk mengingat cerita apa saja yang pernah diceritakan oleh si pelanggan (misalnya pelanggan A). jadi kalau suatu saat pelanggan A kembali datang dengan si host atau hostess yang sama, mereka harus tau apa saja yang udah pernah diceritakan oleh si A. selain itu mereka juga punya sebuah etiket kerja yang ga boleh dilanggar, yaitu tidak boleh menemani pelanggan sampai ke “tempat tidur”. biaya standard untuk host dan hostess berkisar disekitar angka 50 ribu yen. nah itung aja berapa penghasilan mereka kalau sehari mereka bisa nemenin sedikitnya 2 pelanggan.

↓host yang bertebaran dimana2↓

Kalau ada yang mau makmur hidup di jepang, coba aja jadi host / hostess, dijamin hidupnya terjamin! haha!


Actions

Information

11 responses

28 04 2009
Magorokou Kai

Boz bahas jga dunk tentang cewek2x smu jepangnya huahua!!
ceue2x jepang disana pada jaim kyk di indo gk boz? haha

oh ea.. yng ttg JAV2x gt kox belum di bahas huehue

13 05 2009
rendyharahap

@Magorokou Kai : whahahahah … sip2, temen2 gw juga udah pada request utk ngebahas cewek2 sma. wah kalo JAV jangan deh, banyak anak kecil juga nih yang mampir2 sini kayaknya hahaha .. tapi ntar gw liat2 lagi deh, kali2 bisa diangkat topiknya, tapi tetep dengan bahasa yang sopan hehe

19 01 2010
rib reborn

host y…
mnrik c..
tp crtna krang tpat bos..
sbnrna kja inti dri host/hostess itu sndiri adlah sbgai penjual minuman.
awlna c wkt gw cb2 dtg ksana (klo gag slah nm tmptna shiroi tokoro) gw pkir smcm rmah bordir, tp tnyat smcm tmpat jual mnuman yg diksih embel2 hostess yg kawaii2.
kja tu para host/hostess nemenin pra tamu.
skalina tuh tamu plit bwt bli mnuman yg mrka twrin lsg dh tuh hostess sbisa mngkn kluarin jrus andlana..

7 05 2011
aru

setau gw hidup seorang host atau hostes(djpg dknal dgn kyaba) itu susah, gak makmur dan gak bakal trjamin.. mereka kudu minum minuman2 keras yg porsinya melebihi batas normal, karena penghasilan mereka trgantung dr minuman2 yg mereka minum yg dirikues oleh pelanggan2 mereka. plg ke rumah pagi2 sambil muntah2 akibat minum trlalu byk.
Dan gaji mereka jg gak besar2 amat, diambil dari sekian persen dr minuman2 yg telah di beli u/ diminum oleh para host atau hostes ini.
Jd ksimpulannya, kalau mau hidup makmur dan trjamin, JGNLAH jd seorang host atau hostes

22 05 2011
bambang7714

tempat yang sangat menyenangkan sekali.

26 05 2011
DemonaKara

JAV itu apa??

btw, for information aja, aku masih anak kecil~…

7 09 2011
Rickx

persis game Yakuza neh…hehe…

7 10 2011
Ariyadi

@demonakara JAV ntu Japan Art Venue (tempat kesenian jepang) ..

11 02 2012
bambang7714b

sesuatu yang mudah didapatkan, akan mudah juga hilang.

1 03 2012
nancy

tempat curhat lucu ada kerja yang seperti itu,, wah seru aja tuh jepang haha

7 08 2012
bboy_panji

rainen
boku wa nihon e ikitai,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s