Lagi-lagi Hujan

27 01 2009

Jaman2nya gw skolah dulu, kalau udah hujan, pasti ada aja anak yang telat dateng kesekolah (termasuk gw sih hehe). entah karena alesan banjir, jalanan macet, ada kecelakaan, dll. dulu gw berpikir karena di jepang semua orang banyakan yang naik kereta daripada mobil, pasti kalopun hujan ga akan ada yang telat dong? ternyata gw salah.

Pagi2 hujan emang ngebikin kita susah banget buat bangun. tapi bagi gw, hujan merupakan salah satu obat untuk ngebuat gw lebih cepet bangun dari tempat tidur. tau ga knapa? soalnya kalo udah ujan, pasti jadwal2 kereta yang tadinya teratur, tiba2 jadi berantakan. contohnya : biasanya gw naik kereta jam 8.28 utk pergi ke kantor, tapi karena hujan, entah kenapa selalu ada masalah dengan lampu merah kereta. jadilah hampir setiap hujan ada pengumuman kalau keretanya molor & schedule kereta jadi berantakan. akhirnya yang tadinya jadwal kereta jam 8.28, ketunda jadi 8.35. kedengerannya sih biasa aja ya, cuma telat 7 menit. tapi kereta yang penumpangnya biasanya ga terlalu rame, masih ada sisa satu ada dua kursi untuk duduk, tiba2 bisa jadi super penuh serasa nonton konser. penumpang bisa penuh kayak gini karena kereta yang jadwal awalnya jam 8.28 berubah menjadi 8.35. padahal biasanya setelah kereta jam 8.28, masih ada kereta jam 8.30, baru deh kereta 8.35. jadi istilahnya penumpang dari 3 jadwal kereta yang berbeda, tiba2 numpuk di satu kereta.

Bukan cuma masalah penuh aja, tapi kalo udah ujan gini, keretanya jadi lelet banget. yang tadinya waktu tempuh sampe ke tempat tujuan 30 menit, bisa jadi 45 menit – 1 jam. males banget kan ada di dalem kereta sepenuh gitu selama itu. blom lagi banyak yang panik karena udah pada telat kantor, termasuk gw. tapi gw sih santai aja, toh juga orang2 kantor gw juga biasanya ngambil kereta yang satu jalur sama gw. artinya mereka semua juga pasti telat! hahaha ..

Kalo udah telat kayak gini, biasanya pihak station nyiapin kartu untuk membuktikan bahwa kereta hari ini telat. namanya “chien shoumeisho”, atau kalo ditranslate “bukti telat” hehe. jadi kalo kita telat gara2 kesalahan kereta, jangan lupa untuk ngambil bukti telat ini di pintu keluar station. kita ga bakal kena marah sama atasan kalo ada alesan ini, tapi tetep aja gajinya kepotong beberapa menit / jam sesuai waktu telat kita, sial. (contoh kartunya bisa diliat dibawah.)

↓kartu ini artinya pada tanggal 5 kereta telat selama 30 menit↓shoumeisho

Ternyata ga jepang, ga indo, kalo udah hujan sama2 telat juga ya. cuma bedanya disini ga ada banjir, ga ada mati lampu, dan ga ada internet connection yang putus gara2 hujan hehe.


Actions

Information

3 responses

12 02 2009
a3

dulu gw pernah dpt 2 ren, trus kan blnya ga ditulis cuman di bolongin tglnya doank, bln depanya gw pake buat alesan telat hahahhaha

11 03 2010
nana

wah di jepang kreta ada lampu merahnya ya . ada traffic light nya ya hihihi baru tau….

11 03 2012
dani

Rupanya gak jauh beda sama KRL JABOTABEK, kalo ujan sering gangguan melulu entah listrik padam , ganggguan sinyal, kereta anjlok dari rel lah padahal keretanya rata2 sama (walau bekas dari jepang juga)

Seandainya PT KAI divisi JABOTABEK ngeluarin “bukti kereta telat” kayak gitu, karyawan yg telat gara2 keretanya ada gangguan, gak usah takut kalo gajinya dipotong

Leave a Reply

