Kobe Beef

20 02 2009

Kobe beef adalah daging yang diambil dari sapi jenis tajima yang diberikan makanan2 organik setiap harinya. selain makanan organik, diwaktu2 tertentu (terutama musim panas), sapi2 ini juga diberi minuman bir dan sake. tujuan pemberian minuman ini adalah untuk meratakan lemak2 yang ada di tubuh sapi ini, jadi kalo daging sapi biasa kan lemaknya suka berkumpul di satu tempat, kalo ini bisa jadi merata keseluruh bagian. selain itu, ada juga treatment pemijitan (massage) untuk sapi ini setiap hari, dengan tujuan untuk melunakkan otot2nya. penyikatan bulu2 sapi ini dilakukan dengan menggunakan sake, katanya sih tujuannya untuk menghaluskan dan membersihkan kulit sapi2 ini. karena katanya dengan membersihkan dan menghaluskan kulit sapi2 ini juga akan berpengaruh terhadap kelembutan dan kelezatan dagingnya.

Kita ga bisa segampang itu untuk memproduksi kobe beef ini, krn untuk bisa mendapat sebutan kobe beef ada persyaratan2 yang harus dipenuhi, salah satunya harus berasal dari sapi tajima yang lahir di prefektur hyogo, dibesarkan dan diberi makan oleh peternakan prefektur hyogo, harus merupakan sapi yang belum pernah kawin, proses pemotongan harus dilakukan di beberapa tempat tertentu yang ada di prefektur hyogo, dsb. jadi kenapa kobe beef harganya bisa mahal? selain karena mahalnya biaya untuk makanan serta pemeliharaan mereka (makanan2 organik, bir, sake, dll), kualitas dari daging ini juga sangat terjaga. terbukti dengan pengawasan ketat dari syarat2 yang gw sebutin diatas tadi.

steak

Selama gw di jepang, gw baru pernah 1x makan kobe beef, tepatnya dikawasan ginza. gw lupa nama restorannya, tapi yang jelas restoran ini terletak dibelakang hotel courtyard marriott. konsep restoran ini adalah tradisional jepang. jadi kita masih duduk di tatami (tiker ala jepang), dan harus membuka sepatu kita. setelah kita membuka sepatu kita, kita bisa menaruh sepatu kita di loker yang disediakan, dan setelah itu kita akan dikasih slipper (kayak sendal hotel gitu). pelayan2 di restoran ini juga sangat berbeda dari restoran2 biasa, pelayan2nya memakai kimono (walaupun rata2 udah tante2 dan nenek2 sih hehe), dan mereka bener2 melayani kita dengan sangat ramah + dengan tata krama dan bahasa yang super sopan. intinya dari segi pelayanannya yang sangat berkelas aja udah keliatan deh kalo restoran2 tipe kayak gini pasti mahal (waktu itu gw blom cek harga2 makanannya).

Krn penasaran dengan rasa kobe beef ini, akhirnya gw coba pesen sirloin steak-nya yang 300gram seharga 8500 yen (Rp. 1.000.000-an). dan pas steak gw diantar ke meja gw, sepintas sama sekali ga terlihat perbedaan antara steak biasa dengan steak kobe ini. yang membedakan cuma penyajian saus-nya, yang biasanya hanya tersedia 1 saus (misalnya mushroom), tapi kali ini disediakan 3 saus berbeda (lupa apa aja, yang jelas ada mushroom sauce juga). setelah gw cicipin daging ini, emang bener kalo dagingnya lembut banget + bumbunya meresap banget. blom lagi ga ada lemak yang biasanya numpuk disatu tempat. intinya gw puas banget nyicipin daging ini.

Oh iya, sistem penyajiannya adalah sistem set. jadi sebelum steak-nya diantar, kita akan disuguhin salad dll dulu, dan setelah selesai makan kita juga akan dapat dessert. total pengeluaran gw hari itu sekitar 9000 yen-an (ditambah minum dll). wah kalo tiap hari atau tiap minggu makan beginian bisa bangkrut gw. tapi sebenernya dari segi harga, kalo kita bandingin sama steak2 U.S yang ada di indonesia mungkin ga beda jauh kali ya? (padahal daging U.S disini harganya murah meriah, heran di indo bisa mahal banget).


Actions

Information

2 responses

23 02 2009
phe

1 juta??
aihhhhhhhhhh
hahahhahahaa

25 01 2010
robinkencana

wah mesti dicoba tuh daging…
MANTUABB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s