Belanja online tanpa credit card

10 05 2009

E-commerce indonesia saat ini masih bener2 melempem. padahal banyak banget orang2 indo yang hobby belanja2 via internet (terutama untuk item2 kayak action figure, atau pakaian/sepatu brand luar negri yang ga ada di indonesia). tapi yang gw heran kenapa ya bisnis online shopping di indonesia masih ga laku? mungkin krn pengetahuan dari masyarakat umum, belanja online identik dengan credit card kali ya? makanya mereka takut kalo2 sistem keamanan dari websitenya ga ok, bisa2 account tabungan mereka jebol. gw juga termasuk orang yang sangat ga suka untuk belanja online, tapi ini sebelum gw tinggal di jepang. bahkan gw sampe skarang agak anti ya belanja pake credit card utk hal2 ga penting, apalagi buat beli2 barang online.

cards

Tapi skarang pemikiran gw brubah karena sistem belanja online di jepang super praktis. kita bisa memilih cara pembayarannya lebih dari 2 options! (yah tergantung websitenya + ownernya juga sih). cuma disini gw bakal kasih contoh nyata cara belanja di rakuten.co.jp yang merupakan salah satu portal online shopping terbesar di jepang. jadi intinya, kita tinggal pilih barang yang kita mau (setelah kita bikin account tentunya di website itu. bikinnya cukup dengan masukin email address aja kok), setelah itu kita tinggal pilih mau bayar dengan cara apa? pilihan paling standard tentu aja dengan credit card, tapi disamping credit card kita bisa pilih cara lain. contoh2nya :

1. transfer via bank

Ya ini juga termasuk salah satu cara standard untuk belanja via forum di indo sih haha. jadi setelah kita transfer duit kita, tinggal kirim email konfirmasi aja ke si penjual.

2. internet banking

3.COD (cash on delivery)

Yang artinya barang akan diantar oleh sebuah perusahaan jasa pengantar barang dan kita tinggal bayar tagihannya ke si pengantar barang. (coba tiki di indo bisa kayak gini juga hehe).

4. via convenience store

Kalo di indonesia convenience store yang paling terkenal mungkin circle K atau indomart kali ya? tapi kalo di jepang yang terkenal adalah family mart dan lawson. cara bayarnya gampang banget, kita tinggal mampir ke family mart / lawson, trus masukin pin transaksi kita ke sebuah komputer touch screen yang emang disediain di setiap cabang family mart / lawson, trus setelah data kita keluar di layar tinggal kita print deh. data2 kita akan di print ke dalam sebuah bon pembayaran, yang pada akhirnya tinggal kita bawa ke kasir dan kita bayar. data2 bahwa kita telah bayar kan terkoneksi langsung dari komputer si kasir dengan tempat kita belanja online, jadi setelah kita selesai transaksi di convenience store biasanya dalam waktu 1-2 jam akan datang email konfirmasi kapan barang kita akan datang. biasanya barang akan datang 2-3 hari setelah pembayaran.

5. dengan menggunakan point

Setiap pembelian barang di website2 kayak beginian, biasanya kita dapet point. point itu berupa uang, jadi misalnya dengan kita beli barang 3000 yen, kita dapet point 80 yen, dst. lama kelamaan point ini bisa numpuk + akhirnya kita bisa belanja dengan ngegunain point ini doang. jadi caranya ya tinggal login ke account kita, trus bilang aja mau bayar via point. ntar total point kita akan di kurangi dengan total belanja deh. oh iya, yang lebih praktisnya lagi kita bisa sekitar pukul berapa barangnya mau diantar. biasanya sih pilihannya dalam range 3 jam gitu (misal jam 9 pagi -12 siang, jam 12 siang – 3 sore, dst). selain itu, kalo barangnya ternyata cacat atau kekecilan, dsb, barangnya juga bisa kita tuker lagi ke si pembeli (rata2 sih gini ya sistemnya). cara penukerannya ya kita kirim balik aja ke toko tempat kita beli barang via jasa pengiriman, trus ntar smua biaya dia yang nanggung (kalo kesalahan ada dari mereka).

6. pembayaran setelah barang sampai

Setelah barang sampai dengan selamat ke tangan kita, sekitar seminggu kemudian akan datang tagihan via pos. tagihan ini berbentuk seperti kuitansi yang harus kita bayar sebelum waktu yang ditentukan. biasanya sih sistem ini cara pembayarannya via convenience store. jadi kita tinggal tunjukin kuitansi yang kita dapat ke kasir, trus nanti data pembayaran kita akan masuk ke dalam data lunas si penjual.

———————————————————————————————-

6 point diatas adalah cara pembayaran yang gw tau (atau yang udah pernah gw lakuin sih sebenernya hahaha). para konsumen disini sangat dimanja, jadi kalo kita lagi males belanja keluar, tinggal beli online aja trus tunggu barangnya dianter deh. btw kayaknya masih ada metode2 cara pembelian barang online lagi deh. kalo ada yang kurang kasih2 masukan ya!


Actions

Information

11 responses

11 05 2009
nisa

wah,, klo gw selalu milih yg COD..
itu karena faktor gw-nya males trus ibu asramanya baik hati (mw dititipin uanggt)..jd ya udh dech COD aja..tinggal bilang kpn barangnya kira2 nyampe di asrama…

13 05 2009
rendyharahap

@nisa : ini si nisa atau nisa yang lain lagi sih nis? ahhaha .. iya sih, COD paling praktis! tapi bayar di kombini juga seru hehe

14 05 2009
ponyo

kalo di indo > org2 akan iseng pesan bayar pake cod, tp abis itu pura2 bukan dia yg mesan, ato buat ngerjain teman. trus kalo yg nomer 6 itu… barangnya bakal dibawa kabur.😄

15 05 2009
nisa

ren, maksud loe “ini si nisa atau nisa yang lain lagi sih nis?” itu apa???
bingung tw mencerna kalimat loe…hahahahaha..
ini nisa yang dulu di musashi sakai..yg kenalannya di toko softbank..
bayar di konbini itu nyusahin kasirnya..hahahahaha (curhat mantan kasir konbini)
di Indo jg udh ada COD koq ren,,klo ga salah baca yaaa..
makin males dech belanja di toko…;p

16 05 2009
rendyharahap

@ ponyo : hmm .. bener juga ya nyo .. sampe kapanpun ga bisa diaplikasiin di indo kali ya ..

@ nisa : maksud gw ya nisa lo nis haha .. he? COD ada dimana? wah seru juga kalo beneran udah ada. gw pikir COD cuma berlaku buat tukang delivery pizza, mcd, kfc dll di indo

19 05 2009
nisa

waktu itu gw baca di kutubuku.online kayaknya bisa COD makanya gw pengen tuch beli dr situ,, tp blum kesampean..
ntar klo gw udh nyoba dan beneran bisa gw ksh tw loe dech…hahaha…
tp klo di indonesia sich kebanyakan yg transfer via bank…untuk menghindari hal2 yg tidak diinginkan..hehehe

21 05 2009
a3

bisa koq cod di indo ren gw dah nyoba beberapa kali

22 05 2009
rendyharahap

@nisa : website apaan tuh nis? haha ..

@a3 : serius lo bon? COD di indo yg gw tau cuma di kaskus haha, itu juga ktemu sama penjualnya bukan si pengantar barang ..

24 05 2009
a3

iyah beneran, gak tau dya pake jasa apaan… cuman ada koq jasa pengiriman kaya tiki gtu yang cod

2 06 2010
Adi

satu hal ren, kalo COD di sini itu kena charge lagi. sktr 300yen gitu deh. jatuh2 kadang lebih mahal dikit ketimbang transfer bank sih. g prefer transfer aja😀

10 01 2013
Azen

surga dunia banget bisa pake COD xixixi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s