Pachinko si Pembuat Kantong Jebol

16 05 2009

Pachinko adalah sebuah gambling machine yang berasal dari jepang. mesin ini merupakan kombinasi dari pinball dan video. jadi selama kita bermain dengan pinball-pinball ini, kita akan disuguhin dengan animasi-animasi yang ditampilkan di screen. mesin2 pachinko biasanya menggunakan judul serta karakter-karater dari anime jepang yang terkenal. salah satu contohnya adalah pachinko evangelion dan bakabon.

Tempat bermain pachinko bertebarannnn diseluruh jepang (mm, at least di tokyo dan yokohama sih bertebaran). tapi walaupun gw udah hampir 2 taun tinggal di jepang, gw baru pernah 1x nyoba main pachinko. karena waktu awal2 tinggal disini, gw bener2 ngejauhin tempat2 kayak gini (dengan alesan takut ketagihan dan bangkrut haha). tapi setelah gw kenalan sama temen kantor gw yang namanya makoto, akhirnya gw jadi tau cukup detail tentang dunia per-pachinko-an. dia punya hobby bermain pachinko setiap weekend, dan dia selalu menghabiskan uang sekitar 2000-30000 yen untuk maen pachinko (per 1x dateng)!

pchnko

Mesin pachinko yang gw coba adalah mesin yang paling standard (payout mode). jadi kita harus bayar 500 yen untuk mendapat 250 bola pachinko. setelah kita dapet bola2 tersebut, kita tinggal memutar sebuah kenop yang berbentuk seperti keran. jadi cara maennya sih sebenernya sama sekali gak berseni, krn semua udah serba otomatis dan random (dijamin ga ada cara atau taktik untuk bisa ngedapetin jackpot). jadi setelah kita memutar kenop tersebut, 250 bola pachinko akan dilempar satu persatu kedalem mesinnya. di dalem mesin itu ada 1 buah lobang, dimana kalo bolanya berhasil masuk ke lobang itu, kita bakal dapet kesempatan untuk memutar 2 buah nomor yang muncul di screen (ini juga automatic, jadi kita cuma tinggal nunggu komputer yang mengatur nasib kita). kalo 2 nomor tersebut sama (misalnya 5 dan 5), nanti akan muncul sebuah animasi di screennya. misalnya kayak pachinko bakabon yang gw maenin, setelah gw dapet 2 angka yang sama, nanti akan ada aksi si polisi yang ngejar maling sambil nembak2 pake pistol lah, atau adegan nyokap yang lagi marah2 dll. misalnya si polisi berhasil menembak si maling, dan ternyata si maling membawa angka 5, artinya gw dapet tiga buah angka 5 yang sama kan? nah kalo gw berhasil dapet 3 buah angka yang sama, gw akan mendapetkan 1 ember full dengan bola pachinko (1250 bola). bola2 pachinko ini bisa kita tukerin dengan uang. 1250 bola akan berharga 5000 yen (Rp.500.000). tapi yang bikin bt, semuanya itu bener2 seperti udah di atur komputer, jadi kita tinggal nunggu nasib aja apakah si komputer lagi diatur untuk ngedapetin jackpot atau nggak.

pachinko_balls

Oh iya, 1 game (500 yen dengan 250 bola), paling2 bakal selesai dalam waktu 3-7 menit. bisa bayangin kan betapa cepetnya duit 500 yen melayang buat maen pachinko hahahaha. dan pada akhirnya, gw ngabisin 3000 yen dalam waktu 20 menit. sementara si makoto dengan muka seriusnya terus menerus main tanpa henti. akhirnya dia berhasil ngabisin 6500 yen dalam waktu 35 menit! bener2 gila ya, gak sehat banget nih maen ginian haha.

makoto yang bermain dengan serius dengan rokok dan kopinyamkt

Untuk maen pachinko setau gw, at least kita harus berumur 18 taun keatas. ruangan pachinko di design seperti tempat bermain dingdong tapi bedanya kita bebas ngerokok dimana aja. kayaknya sih gw ga akan balik2 lagi deh ke pachinko, ampunnn duit gw abis! cukup buat pengalaman aja hehehe, lumayan kan buat gw ceritain di blog.


Actions

Information

5 responses

27 05 2009
Cool-loop

Gila bener ngabisin duit cara gitu

udah full automatic,kan bisa diprogram supaya yg maen gak menang2.
lama2 org jepang banyak yg miskin lagi. . . He3x

11 05 2010
prasta

hahaha… kalo gak salah, bokapnya ran (detective conan) tuh juga demen sm pachinko, sampe anaknya stres gtu :lol

17 04 2011
Fun Fact Tentang Jepang « ASIAN UPDATE

[…] 51. judi paling populer di jepang adalah pachinko (baca tulisan gw disini). […]

8 11 2011
Charles Hartono

wah pachinko yah, dulu jaman taon ’99 ada di jakarta lho, tepatnya di jl. kunir, skrg gw masih nyimpen koq bola nya, bbrp butir doang si, buat kenang2an hehe

30 07 2012
andy

ya klo maennya yg 4 yen cepet bro,, klo mu nyantai maennya yg 1yen ato yg 0,5 yen…tp ane maen yg 4 yen,, mdal 1000yen lumayan dapet 80.000yen dalam waktu 1jam 15 menit,,, hal yg ga isa ane lupain bro,,,
tips,, klo mu maen pachinko jgn bawa duit banyak2,,,bisa kekuras smua,,,

Leave a Reply

