Gunung Fuji!

6 06 2009

Tiba2 gw keinget kalau gw blm nge-post tentang gunung fuji, padahal ini termasuk salah satu icon jepang yang cukup penting (penting gak ya..?) hehe.

Gunung fuji adalah gunung tertinggi di jepang (3.776 m) yang termasuk ke dalam salah satu gunung berapi aktif (tapi tidak terlalu berisiko). gunung ini terakhir kali meletus sekitar tahun 1700 awal. gunung fuji terletak di perbatasan shizuoka dan yamanashi (kalau naik bus dari tokyo, mungkin butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai kesini). gunung fuji terkenal dengan puncak yang diselimuti es hampir sepanjang tahun. walaupun letaknya cukup jauh, tapi karena saking tingginya gunung ini, kita bisa ngeliat gunung ini dari yokohama, tokyo, saitama, dan daerah sekitarnya kalo cuacanya lagi cerah. bahkan dari tempat tinggal gw aja gunung fuji bisa terlihat setiap hari (gw tinggal di daerah yokohama).

fuji

Gw baru pernah sekali naik gunung fuji, tepatnya bulan agustus akhir tahun 2007. waktu itu gw baru 4 bulanan tinggal di jepang, tapi karena penasaran pengen nanjak gunung yang paling terkenal di jepang ini akhirnya gw rame2 bareng temen2 kantor berangkat ke sini deh.

Kita mulai nanjak gunung fuji jam stengah 10 malam, dengan tujuan kita sampai di puncak sewaktu matahari terbit. karena denger2 dari cerita2 orang yang pernah nanjak gunung fuji, waktu yang dibutuhkan utk nanjak sampai kepuncak adalah 7-9 jam. pertama kali mulai nanjak, gw masih excited banget karena penasaran kayak apa sih sebenernya puncak gunung fuji itu. sampai akhirnya waktu berlalu, dan gw menanjak semakin tinggi, ternyata angin di atas kencenggg banget dan dingin banget. seluruh badan gw rasanya menggigil (maklum dengan bodohnya gw cuma pake jaket adidas dan lupa bawa sarung tangan). dan selama perjalanan menuju puncak, rasanya yang gw liat cuma batu, tanah, sama pasir. jadi bener2 ga ada pemandangan yang bisa gw liat untuk menyegarkan mata hehehe.

masa

Setiap beberapa meter kita menanjak, biasanya ada penginapan untuk beristirahat selama beberapa jam. setau gw harganya sekitar 5000 yen per beberapa jam gitu deh, tapi tempat penginapannya luar biasa jeleknya. mungkin mirip warteg di indo versi gede, jadilah gw sama skali ga napsu untuk nginep di sana (apalagi gw harus ngeluarin 500ribu perak demi nginep di warteg!). track yang paling menarik bagi gw adalah ketika kita harus manjat batu2 yang rada tinggi. walaupun ada tali yang disediakan untuk bantuan supaya manjat batunya lebih gampang, gw lebih memilih manjat langsung ke batunya. tapi yang gw bingung, selama kita manjat kan banyak banget orang2 di belakang kita, kalo kita kepleset trus jatoh smua orang di blakang ikutan lenyap dari dunia dong ya? haha

Nanjak gunung rasanya kayak nanjak gunung gersang bareng2 orang sekampung. karena massa yang datang untuk nanjak gunung fuji luar biasa banyaknya! bahkan ada yang sampe bawa anak kecil, bawa anjing kesayangan, dan bawa kakek neneknya untuk nanjak! gila ga tuh? gw sampe malu ngeliat kakek nenek yang dengan semangatnya manjat batu sementara muka gw udah muka bantal.

massa2

Berhubung gw dateng kesini ber-15, kita harus saling tunggu2an, karena ada yang jalannya cepet, ada yang jalannya lambat. ditambah lagi handphone kita sama sekali ga dapet sinyal, jadi kita ga bisa kontak2an. akhirnya krn ngerasa adegan saling tunggu menunggu ini agak buang waktu, kita putuskan kalo kita ga ketemu di puncak, tepat jam 12 siang kita ketemu di kaki gunung fuji. total perjalanan yang gw tempuh untuk sampai ke puncak adalah 8 jam (jalan non-stop, dengan adegan saling tunggu menunggu huhu .. mungkin bisa lebih cepet kalo kita pergi hanya bertiga). kita sampai di puncak sekitar jam stengah 6, jadi gw akhirnya bisa ngerasain juga ngeliat matahari terbit dari puncak gunung fuji. harus gw akuin sih, pemandangan matahari terbitnya luar biasa bagusnya! cuma perjalanan sampai kepuncak gunung-nya ga sebagus pemandangan matahari terbitnya hehehe (kapok , ampun dj!). ditambah lagi kita butuh waktu 3 jam untuk turun dari puncak sampai ke kaki gunung fujinya. jadi total2 perjalanan 12-13 jam deh, sampe betis gw varises rasanya.

capek

Oh iya, ada tips buat siapa aja yang mau coba untuk nanjak gunung fuji. pakailah pakaian yang ga terlalu bagus (jaket, jeans, sepatu, t-shirt, topi, syal, dll), karena begitu kita selesai dengan ekspedisi menaklukan gunung fuji, kita bakal sadar kalo seluruh badan kita tertutup oleh debu berwarna merah (maksudnya tanah merah). seluruh rambut, hidung, kuping, baju dalem, sampe badan gw rasanya semuanya jadi warna merah, gawat deh gunung fuji. jadi kesimpulannya gunung fuji itu emang lebih enak diliat dari jauh, daripada di tinjau langsung hehehe. ada pepatah terkenal disini tentang gunung fuji :

there are two kinds of fool: those who have never climbed Mount Fuji, and those who have climbed it more than once

Jadi gw termasuk ga bodoh kan? krn sekali naik, ga mau naik lagi!


Actions

Information

15 responses

6 06 2009
yusuf

wah.. ga perlu manjat gunung fuji untuk lihat panorama dari atasnya. just open ure blog.. Thx bro.. great experience, and good share!

7 06 2009
maya

keren foto2nya..bagaimana rasanya ke gunung fuji?

7 06 2009
inge

hayo manjat lagi taon ini ren hahaha…
gw belum sempet ampe atas nih….
krn lu org curang, udah training dulu jalan kaki selama 2 bulan…
Klo kek kita2 yg jalan aja males mana kuat huahuah…ikuzooooo^^
*sekalian nipu anak2x biar ngerasain nikmatnya fujisan~*

7 06 2009
rendyharahap

@yusuf : thanks juga!

@maya : rasanya ya … kan udah ditulis semua di atas … bagus pemandangan sunrisenya, tapi kalo diajak naik utk kedua kalinya ogah deh kayaknya haha

@ inge : hahahahaha, kan kita ngejar waktu sunrise nge, mau gak mau harus ngebut. si adi katanya summer ini pengen ksana tuh

8 06 2009
nisa

gw inget banget loe ngedumel gr2 naek ke gunung fuji dan ngabisin duit 4000yen (klo ga slah)…dan lbh milih ke Fuji drpd ke osaka..hahahaha..

8 06 2009
Deasy

Wah..gunung fuji..abis ini mau post apalagi nih? boleh saran? Post ttg makanan jepang yang tampilannya menarik tapi ternyata rasanya aneh. ada tuh pastinya. hihii..

8 06 2009
rendyharahap

@nisa : hehehe itu kan dulu sblm punya pengalaman mendaki fuji. kalo sekarang di suruh pilih nanjak gunung fuji atau ke osaka, gw pilih jalan2 ke amrik (loh?) haha

@Deasy : hm, boleh juga idenya .. nanti gw pikirin ya makanan2 anehnya, walaupun makanan jepang jarang ada yang aneh sih

9 06 2009
nisa

yeeee..ini anak malah milih jalan2 ke amrik…><
eh, ada tuch makanan yg aneh,,cmn gw ga tw namanya..dibikinin ma host family gw waktu taun baru…
dan krn makanannya aneh2,,dan gw ga suka yg mentah gw kasih ke dian smua rata2..hahaha..
tp sorry ren, ga tw namanya…hehehe

13 06 2009
a3

wah gw di atas gunung fuji abis 5000 buat beli minum hangat doank… huahahuhuaha….

salah gw dulu sampe atas jam 1, trus mati gaya, dingin bgt pula, kalo mo ngadem ke wc <- bau padahal,tp mendingan daripada mati kedinginan….
plgnya topi gw ketinggalan di wc njrit

4 07 2009
dewi

thanks bro informasinya~! g mo pergi ke gunung fuji juga tgl 24 bulan 7 ini~ g-nya nga mo pergi, tp berhub ni kegiatan skul, ikanai wake ni wa ikanai……
wah bakal merah2 donk g ntar ha ha ha

7 07 2009
nitamiya

hajimemashite….
wah….gr2 nyari sesuatu ttg Jpg nyaSr k sini d….
Slm knl ja y kk…
heheheh
q ska bngt ma pmndngn gn.Fuji na…..keren abizz d…..kawaiiiii desu
udah Kllg Jpg b’arti y kk??
wah,,,keyen thu….
q jg sk n ngebet bngt ksn….
it’s my dream…..
bkL seneng nie bc blog na….
arigatou y nii san….^^

30 07 2009
Ihwan

Waduh gila bener manjat gunung 8 jam dg jalan kaki? ckckck
kaki bener2 gempor tuh haha… *ngebayangin jauhnya minta ampun d’oh! *

share yg sangat menarik, dan pepatah terkininya lumayan juga :))

23 05 2012
Hutan Bunuh Diri « shout your mind

[…] ribuan orang datang untuk mendaki dan melihat matahari terbit dari puncaknya (baca tulisan gw disini). tapi tau ga kalo ternyata dibawah kaki gunung fuji ini terdapat sebuah hutan terlarang, yang […]

30 05 2014
dunia wisata singosari

infonya sangat bermanfaat…. jepang memang selalu mempunyai sejuta pesona tempat wisata sehingga menjadi tempat tujuan wisata yang wajib buat dikunjungi

tidak mau repot mengurus sendiri persiapan buat liburan??? mari berwisata bersama Dunia Wisata Singosari Malang

jangan lupa kunjungi duniawisataku.com kami melayani jasa tour pariwisata dalam dan luar negeri tentunya dengan berbagai paket wisata yang menarik.. bagi yang berada di malang bisa datang langsung ke Jl. Kembang No.8 Singosari Malang. atau call di 0341-456444

17 10 2014
exo

pengeeeeen, biar ga dibilang bodoh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s