Museum Kereta Api

13 08 2009

Beberapa bulan yang lalu museum ini sering banget muncul di acara-acara tv sebagai salah satu tujuan yang bagus untuk liburan. pertama-tama sih gw ga terlalu tertarik, karena gw mikir ga akan menarik. tapi karena liburan waktu itu ga ada tujuan sama sekali, akhirnya gw sama temen2 gw nekat deh untuk nyoba pergi ke museum ini yang letaknya jauhhh dari rumah gw.

kereta3

The railway museum (JR tetsudou-hakubutsukan) terletak di daerah saitama. kalo ada yang tertarik kesana, kita harus pergi sampai oomiya station, terus kita ambil “new shuttle” dan turun di tetsudou-hakubutsukan station.

Tiket masuk ke museum ini harganya 1000 yen, dan yang uniknya kita ga akan mendapat tiket masuk seperti pada umumnya, karena sistem tiket masuk ke museum ini adalah dengan sistem kartu suica. suica adalah kartu khusus untuk men-charge uang kita setiap kali kita mau masuk ke dalam station. berhubung ini adalah museum kereta, kita juga harus masuk memakai sistem charge ini. jadi kita tinggal masukin suica kita ke mesin charge yang ada di pintu masuk, trus masukin duit 1000 yen, trus kita tinggal tempelin kartu kita di mesin sensor kartu untuk masuk ke dalam museumnya.

kereta2

Begitu gw masuk ke dalam museum ini, gw mulai excited. karena gw ga nyangka bakal banyakkk banget kereta dari model jadul sampe model jaman skarang. ada beberapa kereta yang bisa kita naikin dan ada beberapa kereta yang ga bisa kita naikin. gw paling tertarik sama satu jenis kereta yang oldies tapi mewah banget, sayangnya kita ga boleh masuk ke dalem kereta ini, sial.

kereta1

Oh iya, disini kita juga bisa main simulasi kereta api. jadi kita bisa berlagak menjadi seorang masinis. sistem permainannya ada sebuah layar yang gede banget, dan di depannya ada ruangan masinis. nah kita tinggal masuk ke dalam ruangan masinis dan coba untuk mengendarai kereta ini sesuai dengan cara masinis menjalankan kereta. layar besar di depan kita akan menampilkan pemandangan seakan2 kita bener2 sedang mengendarai kereta. sayangnya untuk main simulasi kereta ini, kita perlu ngantri cukup lama (sekitar 30-50 menitan), karena banyak banget orang yang mau nyoba. karena waktu antri-nya cukup lama, akhirnya gw ga sempet nyoba deh.

Di lantai 2, ada satu ruangan yang berisi miniatur kereta yang ada di daerah tokyo. miniatur ini diatur sesuai dengan sistem jalur kereta yang ada. jadi kita akan dikasih liat seperti apa sistem pengoperasian kereta yang ada di tokyo. contohnya : waktu matahari belom terbit, kereta jalur yamanote jalan paling pagi, kemudian disusul oleh kereta dari jalur-jalur lainnya. miniatur ini luar biasa detailnya! seandainya gw bisa punya miniatur semewah dan sedetail ini dirumah, hehe.

Di ruangan lainnya, kita juga akan diinformasikan mengenai spare part kereta, bagaimana cara bekerja bagian-bagian tertentu dari sebuah kereta, dsb. cukup menambah wawasan bagi gw. tapi (lagi2) sayangnya semuanya hanya tersedia dalam bahasa jepang.

Museum ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk orang-orang yang suka banget sama kereta, suka sama museum-museum unik yang bagus, dan orang-orang yang udah ga tau mau kemana lagi di daerah tokyo dan sekitarnya. kalau tertarik, bisa coba liat official websitenya disini (ada bahasa inggrisnya). gw udah pernah dateng ke beberapa museum di jepang, dan gw sangat saluttt banget sama mereka karena mampu membuat museum yang menarik, mewah, bersih, dan ga ngebosenin bagi pengunjung. kayaknya sistem ini patut di tiru sama museum-museum yang ada di indonesia, supaya orang-orang tetep tertarik untuk dateng.


Actions

Information

One response

13 08 2009
Chickenstrip 150: YOU… tube | Update Blog Terbaru

[…] Museum Kereta Api Beberapa bulan yang lalu museum ini sering banget muncul di acara-acara tv sebagai salah satu tujuan yang bagus untuk liburan. pertama-tama sih gw ga terlalu tertarik, karena gw mikir ga akan menarik. tapi karena liburan waktu itu ga ada tujuan sama sekali, akhirnya gw sama temen2 gw nekat deh untuk nyoba pergi ke museum ini […] […]

Leave a Reply

