Uang Astro Boy di Daerah Kelahirannya!

31 08 2009

Sesuai dengan apa yang tertera dikomiknya, astro boy dilahirkan di salah satu daerah kawasan tokyo yang bernama takadanobaba pada tanggal 7 april 2004. mungkin pada waktu pengarangnya menulis komik astro boy pada thn 1952, dia pikir tahun 2004 manusia udah akan mampu menciptakan robot2an secara sempurna, tapi ternyata sampe skarang blom mampu hehe. nah, untuk memperingati hari kelahiran astro boy, daerah tadakanobaba semenjak bulan april 2004 disulap menjadi serba astro boy. yang paling mencolok adalah theme song astro boy dijadiin official song-nya stasiun JR di takadanobaba! padahal biasanya di stasiun2 lain, official song-nya adalah theme song dari jalur kereta JR.

astro4

astro5

astro6

Begitu kita keluar stasiun, kita juga akan disambut oleh gravity astro boy yang cukup besar. tapi bagian paling menariknya bukan itu doang, di takadanobaba ternyata juga secara resmi telah memproklamirkan sebuah sistem perdagangan dengan memakai uang astro boy!

astro7

astro

Uang astro boy berbentuk seperti uang kertas biasa, tapi satuannya bukan rupiah, yen ataupun dollar. satuan dari uang ini adalah HP (horse power). sampe saat ini ada 3 jenis uang astro boy : 10 HP, 50 HP, dan 100 HP. 10 HP bernilai 10 yen (Rp.1000), 50 HP bernilai 50 yen (Rp.5.000), dan 100 HP bernilai 100 yen (Rp.10.000). uang kertas ini bener2 bisa dijadiin sebagai alat transaksi loh! setelah tinggal 2 taunan disini gw baru tau kalo di jepang ada sistem uang astro boy, karena ga semua orang jepang tau tentang sistem ini. sistem perdagangan astro boy diciptakan sebagai salah satu cara untuk melestarikan lingkungan. kedengerannya ga nyambung kan? gw juga pertama2 ga ngerti, tapi setelah gw tanya2 orang daerah sana, gw baru ngerti dengan detail.

Jadi sistemnya, kalo kita mau ngedapetin uang astro boy (10 HP), kita tinggal melakukan hal yg cukup simple, yaitu belanja di supermarket dengan membawa kantong belanjaan sendiri (yang terbuat dari kain, bukan kantong sekali pakai), ataupun makan di restaurant dengan membawa sumpit sendiri (yg bukan sekali pakai). dengan tidak memakai kantong plastik ataupun sumpit sekali pakai, secara ga langsung kita udah menerapkan pola hidup eco kan? kalo kita mau ngedapetin uang 50HP dan 100HP, kita perlu melakukan hal yang lebih susah. yaitu ikut program bergotong royong yang diadain setiap bulan. jadi kita bisa nyapu, atau bersih2, atau bantu jualan sayur2an dll. kedengerannya simple tapi bermakna kan? dengan adanya uang astro boy, orang2 sekitar sana juga akhirnya semangat untuk ikut kegiatan2 kayak begini. krn uang ini termasuk langka dan ga semua orang bisa ngedapetinnya.

astro3

Oh iya, tambahan informasi lagi. ga disemua toko kita bisa dapet atau memakai uang astro boy. hanya toko-toko tertentu yang memasang stiker berwarna merah atau biru di depan tokonya yang bisa. kalo ada toko yang memasang stiker merah, artinya kita bisa pake duit astro boy utk belanja disana, sementara kalo warnanya merah artinya kita bisa mendapatkan uang astro boy disana.

Skarang gw mau ceritain gimana pengalaman gw mencari uang astro boy. karena untuk mencari info detail tentang mata uang ini sangat sulit di internet, informasi yang gw dapet juga terbatas. gw cuma tau untuk ngedapetin uang ini, kita bisa bawa tas belanja sendiri dan belanja di supermarket daerah takadanobaba. dan info satu lagi yang gw dapet, kita bisa memesan menu special di salah satu chinese restaurant daerah sana. akhirnya gw coba dateng ke restoran itu dan bilang sama pelayannya kalo gw mau menu special utk ngedapetin duit astro boy. si pelayan kebingungan gitu, sampe akhirnya gw menarik kesimpulan kalo gw salah info. tapi ternyata setelah kita selesai makan, bos dari restoran itu nyamperin kita (mungkin dia denger percakapan gw sama salah satu pelayan ttg uang astro boy), dan dia menawarkan diri utk ngejelasin secara detail tentang uang tersebut.

astro2

Akhirnya dia presentasiin ttg program uang ini dan bagaimana cara ngedapetinnya. ternyata kalo mau ngedapetin uang astro boy di restoran dia, cukup dengan membawa sumpit sendiri (jadi gw bener2 salah info!). dia sampe nyuruh kita ngeliat sekeliling dan merhatiin tamu2 yang dateng juga semuanya bawa sumpit sendiri. tapi dia bilang, karena banyak orang yang males utk selalu membawa sumpit di dalam tas-nya, dia juga memperbolehkan para langganannya untuk nitipin sumpitnya di restoran dia. tiba2 dia ngeliat gw ngebawa kamera, trus dia langsung ngomong gini : “kamu bawa kamera ya? sini yuk saya bawa ke tempat penitipan sumpit langganan2 saya”. akhirnya jadilah gw foto sumpit2 itu, dan gw cukup takjub krn banyak banget orang2 yang nitipin sumpit disini demi dapet uang astro boy! ternyata sumber yang gw baca di internet bener, katanya penjualan perbulan toko-toko daerah takadanobaba meningkat drastis semenjak ikut program uang astro boy. karena pada saat itu gw ga bawa sumpit, seharusnya gw ga dapet uang astro boy, tapi mungkin karena si bos restoran itu kesian sama orang asing ini (kayaknya dia pikir gw turis deh), akhirnya dia ngasih uang astro boy senilai 10 HP secara cuma2! yeah, gw suka jadi orang asing!


Actions

Information

7 responses

3 09 2009
cendol

ahahaha… lucu juga yah… orang jepang itu ternyata selain kreatif juga peduli terhadap lingkungan ya kak…. hem… hem…

30 11 2009
muchfriend.com

wah menarik juga…..

7 12 2009
rendyharahap

@cendol : hehe, iya mereka sangat peduli sama lingkungan. dan yang gw herannya, individu2 disini emang bener2 sadar akan kebersihan. dan akhir2 ini mereka semua lagi bergaya hidup eco (gaya hidup ramah lingkungan, untuk mengurangi efek pemanasan global) hehe.

@muchfriend.com : hehe iya, ide sistem perdagangan kayak gini kayaknya cuma ada di jepang

17 04 2010
Indonesia, Negara Pecinta Kantong Kresek « shout your mind

[…] eco juga sering banget terdengar (salah satu contohnya program astroboy yg udah pernah gw bahas : klik disini). bahkan kalo ke mcd, kasirnya sering ga kasih kantong plastik! mereka hanya kasih kantong kertas […]

11 06 2010
Jalannya Gegege No Kitaro « shout your mind

[…] dari nama tokoh komik. kalo sebelum2nya gw udah bahas tentang jalan ultraman, jalan sazae-san, dan shopping districtnya astro boy, kali ini gw mau angkat nama jalan yang diangkat dari nama komik yang cukup melegenda di jepang, […]

20 07 2010
hilda

idenya unik ya, bikin uang astro boy

7 04 2011
Latonya Quintano

Howdie. This blog was extremely of interest to me, particularly because I was searching for ideas on this matter yesterday.

Leave a Reply

