Makanan Uganda!

26 10 2009

OK, mungkin ini agak melenceng dari jepang, tapi berhubung worth it utk dicoba gw share juga ya disini. jadi gw mau cerita dikit tentang perjalanan gw ke nagoya. waktu itu gw lagi kelaperan dan gw lagi jalan bertiga sama temen indo gw yang tinggal di nagoya. gw bilang “eh, gw mau makan makanan teraneh yg udah lo pernah makan disini dong, jgn makanan jepang!”. trus tiba2 salah satu temen gw langsung nyeletuk, “kalo mau yang aneh, makan di cafe uganda mau gak? gw udah pernah waktu itu, enak loh!”. jadilah akhirnya kita menyetujui ajakannya dan lsg jalan menuju ke cafe ini. nama cafe ini adalah zicofe.

uganda3

Lokasi zicofe ada di lantai 1 sebuah hotel yg gw lupa namanya. tapi sayangnya, cafe ini keliatan sgt terpencil dan sepi pengunjung. bahkan waktu pertama kali gw dateng ksana, di dalemnya ga ada siapa2 kecuali sang ibu pemilik cafe beserta anak2nya. tadinya jujur gw agak serem juga masuk ksana, wong ga ada tamu kecuali keluarga mereka, dan anak2nya yang cowok gede2 bener badannya, takut digebugin di dalem. tapi berhubung perut udah laper, mau digebugin atau diapain terserah deh yang penting makan. akhirnya kita smua masuk ke cafe itu dan salah satu anak cowoknya yang ngelayanin kita. asiknya disana, kita ga perlu berbahasa jepang, krn kita bisa pake bahasa uganda (krik .. krik). tapi tenang, kita juga bisa pake bahasa inggris. bhs inggris mereka sangat fluent, jadi seneng juga rasanya krn jarang2 bisa ngomong bahasa inggris di jepang hehehe.

uganda4

Menu makan malem mereka cuma ada beberapa jenis, tapi yg paling di rekomendasi sama si pelayan adalah paket “chapati, ugali, dan steamed beef/chicken/bean”. harga dari paket ini adalah 1.500 yen (kalau menu lunch-nya 800 yen).

Pas makanan dateng, gw lsg foto2 makanan itu, terutama sama yg namanya ugali krn baru pertama kali gw ngeliat ada makanan bentuknya kayak perpaduan keju dan puding. ugali berbentuk persegi panjang dan berwarna kuning. ugali dibuat dari tepung jagung yang biasanya dimakan sbg pengganti nasi. selain ugali ada juga yang namanya chapati. chapati mirip banget sama pancake. serius deh, chapati ini rasanya jauh lebih enak daripada roti nan-nya masakan india. sedangkan steamed beef/chicken/bean adalah sejenis sup yang memakai daging buntut sapi (yg beef), daging paha (yg chicken), dan kacang merah (yg bean). bagi gw yang paling enak rasanya adalah yang beef, urutan kedua yang bean, dan yg paling biasa adalah yang chicken. gila rasa steamed beef-nya maknyos! oh iya, kita juga dapet nasi pilaf ayam ala uganda, nasinya juga mantab! berasnya kayak beras local indonesia.

chapati dan ugaliuganda1

steamed beanuganda6

uganda7

Setelah kita puas makan smua hidangannya, kita sempet ngobrol2 dengan si anak dan si ibu yg punya cafe, ternyata mereka sangat ramah dan baik bgt! trus tiba2 anak cewek pemilik cafe itu ngomong gini ke kita “kalian jangan pulang dulu ya, ibu saya lagi buatin makanan yg dibuat dari pisang untuk kalian, kita kasih free kok”. wah gw langsung ngebayangin pisang goreng abang2 pinggir jalan, malah sempet kebayang bakwan sama tempe goreng segala. kita smua udah ge-er krn dipikir akan dikasih dessert. jadilah kita nunggu sekitar 15 menit sampe akhirnya makanan disajikan di meja kita dan … ternyata … menu itu bukan sebuah pisang bakar ataupun pisang goreng, tapi SUP PISANG! sup pisang lengkap dengan daging sapi cincang. sup ini disebut matoke dan merupakan salah satu menu khas utama orang uganda.

matokeuganda5

Jujur, sup plus daging cincangnya enak banget! tapi pisangnya …. mmm … dibilang ga enak juga gak sih, tapi aneh aja makan pisang dengan sup daging. walaupun pisangnya bukan pisang ambon atau pisang susu, tapi pisang muda yg blom ada rasa manisnya. tapi makan sup pisang ini cukup menjadi koleksi makanan2 aneh yg pernah gw makan seumur hidup gw hahaha. dan setelah kita selesai makan matoke, si ibu pemilik cafe kembali memberikan makanan gratis ke kita yaitu es krim! yeahh!

Bagi yang tinggal di nagoya atau yang berkunjung ke nagoya, jgn lupa untuk cobain makanan uganda di zicofe! serius worth it, dan enak banget! kalo kangen sama makanan indonesia, lebih baik makan di restoran uganda ini daripada pergi ke restoran indo yg ada di jepang, krn rasanya lebih deket ke indonesia drpd restoran indonesianya sendiri (bingung kan?). sampe saat ini gw udah 3x ke nagoya dan 3x makan di restoran ini hahaha. kalo mau liat peta lokasinya klik disini.


Actions

Information

4 responses

27 10 2009
bernadette

I suka banget sama tuh beans nya.. ^^ Gile..bener2 TOP..mantap banget..
Jd mau ke sono lg… *ngiler..*

2 11 2009
edwin

おいしい ですね!!
jadi laper dah liatnya..di jakarta ada ga ya kira2..

26 12 2009
mutiara

huhahahahaa,,gookiiill!!

2 01 2012
hannew

Nyari menu2 yang biasa disajikan dicafe, ketemu blog ini. Wii, baik banget ibu pemilik cafenya ngasih dessert gratis,😀.

Leave a Reply

