Jalan Ultraman

28 10 2009

Ada beberapa nama jalan (atau lebih tepatnya shopping district) di jepang yang diambil dari nama tokoh anime ataupun tokusatsu. walaupun ga menjadi nama jalan, tapi nama astroboy telah ditetapkan sebagai sebuah sistem perdagangan baru di daerah takadanobaba seperti yg udah gw bahas disini. tapi nama astroboy ga dijadikan sbg nama shopping district disana. nah sekarang gw pengen kasih liat contoh nyata dari sebuah tokoh tokusatsu yang namanya diabadikan sebagai nama jalan atau shopping district, yaitu ultraman!

Sebelumnya gw udah pernah nemuin sebuah nama jalan dari tokoh anime yang gw temui secara ga sengaja! waktu itu sempet selama 2 bulanan tiap weekend gw jalan2 utk explore daerah2 ga terkenal di tokyo tanpa cari tau ttg tempat yg gw datengin via internet hehe. nah tiba2 gw nemuin jalan tsb (blm gw angkat topiknya, ntar di postingan selanjutnya ya!). semenjak itu gw jadi semakin penasaran dgn nama2 jalan yg diambil dari tokoh2 anime/tokusatsu, sampe akhirnya gw temuin lah jalan ultraman ini di sebuah website (bahkan mereka punya blog resminya : klik).

ultraman7

Jalan ultraman terletak di daerah soshigaya-okura (odakyuu line), dari rumah gw butuh sekitar stengah jam perjalanan naik kereta. begitu gw sampe di soshigaya-okura station, gw udah ngeliat ada sebuah spanduk bergambar ultraman yang tulisannya “welcome to ultraman street!”. wah, begitu turun kereta aja udah disambut ultraman! haha. platform kereta ini ada di lantai 2, jadi gw harus turun ke lantai 1 utk keluar dari station, dan begitu gw turun ke lantai 1, ternyata banyak bgt poster ultraman di setiap pilar2 yg ada di dalam station! gila bener2 niat banget orang2 daerah sini, sampe segitunya ngasih apresiasi ke ultraman.

ultraman1

ultraman5

ultraman2

Begitu keluar station, gw lsg menuju ke sebuah peta utk nyari dimana lokasi ultraman shopping district. dan yg lucunya, petanya pun bergambar ultraman hahaha. oh iya sebelum jalan menelusuri shopping districtnya, gw juga nyari patung ultraman yg ada di sekitar station (menurut website), dan ternyata patung itu bener2 ada disebelah stationnya! dan di sebelah patung itu ada pos polisi. si polisi terus ngeliatin gw yg asik foto2 sendiri, kyknya dia kesian ngeliat gw + pengen ngambilin foto gw, tapi dia minta di tanya haha. pada akhirnya gw cuekin aja si polisi. abis itu gw lanjutin dgn menelusuri shopping districtnya.

ultraman3

ultraman4

ultraman6

ultraman8

Sayangnya, ga ada toko yang berhubungan dgn ultraman, mereka ngasih nama jalan “ultraman” hanya krn production house ultraman (tsuburaya) ada beberapa ratus meter dari daerah sana (masih di soshigaya-okura juga). jadilah mereka memberikan nama ultraman shopping district demi menaikkan angka penjualan sekaligus mempromosikan soshigaya-okura kpd orang2, dan terbukti sangat berhasil! gw adalah salah satu korbannya hahaha. oh iya, gw blm sempet jalan sampe ke production house-nya ultraman, tapi suatu saat gw pengen bgt ngeliat lsg kyk apa sih tempatnya.

A

Actions

Information

6 responses

28 10 2009
Teddy

wah, ajak2 gw donk, ren. haha
masih niat ke tmp sailor moon ?

28 10 2009
rendyharahap

@Teddy : wuidih bapak manager, ini udah lama banget ted, mungkin udah 4 bulan yg lalu haha. gw sendirian doang kok waktu itu saking ga ada kerjaannya. azabu juuban? yok sikat! tinggal cari waktu pasnya

30 10 2009
Dewi Zhuo

ntar kalo gue ke Jepang, tunjukin yah jalan ULTRAMANnya^^, fans berat ULTRAMAN soalnya kekekekekke

-blogwalking here…lam kenal-

31 10 2009
rendyharahap

@Dewi Zhuo : haha sip2, ntar dikasih guide2nya sejelas mungkin .. salam kenal juga dewi!šŸ˜‰

21 04 2010
Jalannya Sazae-san « shout your mind

[…] Pada dasarnya jalanan ini ga ada bedanya sama jalan-jalan lainnya, dipenuhi oleh restoran dan toko. tapi yang uniknya, hampir disetiap toko ataupun restoran mempunyai gambar tokoh2 sazae-san yg ditaro di depannya. dan dari satu toko ke toko lainnya, tokoh ataupun posisi dari tokoh sazae-san yg ditaro di depan tokonya berbeda-beda! selain itu, ada juga stiker-stiker sazae-san di setiap gardu listrik ataupun pembatas trotoar. konsep jalan sazae-san agak berbeda dari jalan ultraman yang udah pernah gw bahas sebelumnya (klik disini). […]

11 06 2010
Jalannya Gegege No Kitaro « shout your mind

[…] jalan di jepang yang diadaptasikan dari nama tokoh komik. kalo sebelum2nya gw udah bahas tentang jalan ultraman, jalan sazae-san, dan shopping districtnya astro boy, kali ini gw mau angkat nama jalan yang […]

Leave a Reply

