Musik Enka

29 10 2009

Banyak orang yg suka sama genre j-rock dan j-pop. sebenernya kalo disuruh pilih, gw tetep akan lebih prefer ke musik selain 2 tipe musik ini, tapi sayangnya mayoritas lagu di karaoke dikuasain sama 2 genre ini, jadi mau ga mau gw terpaksa denger dan nyanyi juga hahaha. kalo emang ada yang ngaku sebagai japan freak (gw bukan japan freak loh), pernah ga bener2 denger dan nyoba nyanyi lagu genre enka?

Enka adalah genre musik tradisional jepang yg sampe sekarang masih sering terdengar di beberapa spot jepang. bahkan banyak banget tempat karaoke kecil yang khusus menyuguhkan lagu2 enka. tipe musik ini kalo kita samain sama musik indo, mungkin sama dengan keroncong. gw yakin banget pasti banyak yg sadar kalo artis2 jepang (terutama j-pop) kualitas suaranya bapuk dan mereka cenderung nyanyi dgn suara idung, tapi coba denger penyanyi2 enka deh, suaranya bagus2. jujur sih, gw sendiri ga terlalu bisa nyimak dan nikmatin lagu enka, cuma ada beberapa lagu aja yg gw dengerin (buat lucu2an kalo karaoke).

enka4

Di jaman r&b kayak skarang, enka udah jadi salah satu musik minoritas disini, yg dengerin cuma kakek2 dan nenek2 (bahkan ibu2 dan bapak2 ogah). tapi lucunya, semenjak beberapa taun yg lalu ada artis enka baru namanya jero. dia keturunan jepang-african american (ga ada jepang2nya sih mukanya & dia adalah penyanyi kulit hitam enka pertama di jepang), umurnya masih 20an dan dia nyoba utk ngepopulerin enka lagi di kalangan anak muda. yang hasilnya udah bisa ditebak, gagal! hahaha, siapa juga yg mau dengerin enka, wong mereka lebih seneng denger suara idung.

Penyanyi enka yg paling terkenal dan melegenda adalah kitajima saburo (king of enka) dan misora hibari (queen of enka, bahkan sering disebut sebagai the queen of japanese singers). sblm2nya gw ga pernah tau musik enka sama skali, sampe pada suatu hari guru bahasa jepang gw di indo (pas gw masih ambil kelas intensif bhs jpg sblm brangkat ksini) ngasih denger lagu-nya misora hibari ke satu kelas. kirain yg nyanyi kakek2, tapi ternyata nenek2 hahaha. pertama kali denger lagu dgn judul “ai san san”, bener2 lagu khusus buat kakek nenek. tapi setelah disimak lagi liriknya, ternyata bagus banget. jadilah semenjak saat itu gw sering search2 lagu enka utk bahan karaoke kalo udah sampe di jepang haha. setiap org jepang yg ajak gw karaoke, kalo gw nyanyi lagunya misora hibari atau kitajima saburo pasti langsung kaget, dan gw seneng ngeliat mereka kaget. coba aja bayangin kalo ada orang jepang karaoke di inulvista atau happy puppy trus nyanyi lagu2nya waljinah, pasti giliran kita yg kaget dan dia seneng ngeliat kita kaget. tapi menurut gw, misora hibari genre-nya lebih luas, krn dia termasuk salah satu penyanyi yg mempopulerkan lagu2 jazz dan soul kulit hitam di jepang. coba liat video yg gw ambil dari youtube di atas deh. dia nyanyi jazz standard yg judulnya “stardust” (aslinya dia nyanyi sendiri), tapi saking sukanya sama misora hibari, hirai ken ngebuat sebuah remix sehingga keliatannya mereka lagi duet.

enka3

enka2

Kalo tertarik mau denger kayak apa tipe musik enka yg kalo di dengerin pertama kali bikin pusing ini, coba dengerin lagunya kitajima saburo yg judulnya “matsuri” dan lagunya misora hibari yg judulnya “omatsuri mambo“, dijamin pusing haha.

enka1

Oh iya, untuk menghormati guru bhs jepang gw di indonesia yang memperkenalkan gw dan temen2 gw dengan lagu2nya misora hibari, kita sampe sempet nyekar ke kuburannya si queen of enka ini! ternyata kuburannya ga sebesar julukannya dia. jadi foto ini khusus gw dedikasiin utk rudi sensei salah satu dosen bhs jepang di binus.


Actions

Information

6 responses

31 10 2009
vena

gw suka nyanyi Naniwa Iroha Bushi xD
sora! yoitoko sassa no yoi sassa!
haa enya kora se no dokkoi se!
gahahahaha xD

1 11 2009
安藤君

Gak kuat dengar lagu enka. Pernah juga restoran tempat baito ngundang penyanyi enka buat manggung di stage restoran, tp tetap aja gak tertarik dengar. malah sibuk ngelayanin tamu.

Satu2nya lagu enka yg ku tau mungkin cuma lagunya Hibari yang judulnya Kurumaya-san. itu jg gara2 rada nge-jazz dan pernah dibawain Tokyo Jihen.

7 06 2010
putri

harusnya si Jero blajar dari Bondan Prakoso.. hahaha

23 12 2011
made in bali

aku juga suka lagu enka. Lagu favoritku Onna no tameiki Minato Machi Burusu semuanya dari Shin Ichi Mori. Nyari kasetnya di Indonesia sulit banget. tahun 1992 aku sempat dapat album kompilasi Enka The Best of Fuji Ayako terbitan Sony Music Indonesia. itu kaset pertama enka aku miliki. Sekarang berkat internet (youtube) mendapatkan lagu enka mudah sekali.

8 01 2013
Kuroi

Thanks infonya. Ohya, kalau boleh saya minta saran/rekomendasi lagu enka yang bagus dan enak bisa? Saya lagi pengin cona-coba denger. Iseng aja. Sekalian buat pembahasan sama teman-teman yang seneng Jepang. Trims

18 04 2013
Denny

klo kawa no nagare no you ni termasuk enka ngga?? enak lagunya yg ai san san juga enak hehehe

Leave a Reply

