Yokohama 150th Anniversary

29 10 2009

Dari akhir april sampe september kota yokohama memperingati ultahnya yg ke 150 tahun. dari awal2 event ini di gelar, gw udah tertarik banget mau dateng kesini, tapi setelah tau harga tiketnya 2400 yen (240 ribu rupiah), gw masih agak mikir2, takutnya ga worth it. sampai akhirnya pada detik2 akhir event ini, temen gw yang kerja di nissan ngasih tau kalo perusahaannya ngejual tiket ini seharga 1000 yen doang. jadilah gw tanpa mikir panjang lsg beli tiketnya.

yokham2

Yokohama punya sebuah maskot yang muka dan bentuknya bego. jadi gw selalu manggil dia si bego. sampe akhirnya gw baru tau kalo namanya adalah tanemaru. di event ini, boneka dan logo dari tanemaru bertebaran di mana2. btw gw juga sempet foto sama orang2 yang cosplay dgn kostum ala tanemaru haha, mereka semua terlihat bodoh. event ini diadain di beberapa tempat yang tersebar di yokohama. jadi misalnya totalnya ada 10 event, nah eventnya itu diadainnya di 10 tempat berbeda (masih di dalam yokohama juga). tapi tenang, kita bisa jalan kaki kok dari satu tempat ke tempat lainnya (siap2 betis varises ya, krn butuh 10-20 menit utk jalan dari 1 tempat ke tempat lainnya). krn waktu itu ujan, gw cuma sempet ke 4 tempat, yaitu Y150 hajimarinomori, nissan Y150 dream front, Y150 tomorrow park, dan yokohama monogatari.

yokham1

Y150 hajimarinomori adalah spot yg paling gw incer, krn di dalem sini ada sebuah robot laba-laba raksasa yang iklannya ada di mana2 dan kayaknya ga ada orang jepang yang ga tau ttg keberadaan si robot laba2 raksasa di event ini. jadilah gw masuk ke arena itu dan ngambil beberapa foto si laba2. robotnya emang gede dan bisa bergerak + nyemprot2 air sih, tapi ya udah gitu doang. emang keren sih robotnya, tapi kayak useless gitu, buat apa fungsinya coba? mungkin bisa ngebantu2 utk nyirem taneman. gw cuma ngabisin stengah jam-an di arena ini.

yokham4

Di dalem arena Y150 tomorrow park kita bisa ngeliat live show dari beberapa atraksi (musical : dance,etc). tapi sayangnya pas gw sampe sana, gw masih harus nunggu 1 jam-an, akhirnya kita cabut deh dari arena itu dan lsg lanjut ke arena berikutnya.

Yokohama monogatari menampilkan sejarah2 dari yokohama. cara penyampean sejarahnya dengan membuat cerita disertai patung2 yang terbuat dari (kayaknya) kayu. cukup menarik sih, tapi gw terlalu males utk menyimak sejarahnya dan lebih sibuk utk foto2 patung2 itu. ada juga sejarah yang ditampilin dengan memakai patung2 yang bisa ngeluarin suara.

yokham5

yokham6

yokham7

Nissan Y150 dream front merupakan satu2nya tempat yg membuat gw cukup happy. krn disini nissan memperkenalkan project future car mereka. nama mobil yg akan dirilis entah kapan ini adalah PIVO 2. bentuk mobil ini lucu banget, kayak maenan. tapi begitu tau fungsinya, rasanya era diciptakannya doraemon sudah akan dimulai. mobil ini bisa menyetir secara otomatis, jadi kita tinggal set GPS tujuan kita, trus sisanya tinggal kita serahkan ke si mobil smartass ini. mobil ini selain memiliki GPS juga punya sensor kendaraan dan orang. jadi misalnya tiba2 ada nenek2 yg muncul sambil lari2 di zebra cross (mungkin gak ya si nenek lari?), PIVO 2 akan otomatis ngerem. selain itu mobil ini juga ramah lingkungan krn ga make bensin sebagai bahan bakarnya. mobil ini memakai sistem batre. jadi ada pom bensin khusus batre yang nantinya akan diciptakan juga. trus di aspal jalanannya sendiri, ada beberapa sistem komputer yang bisa ngecek kondisi batre kita (masih full atau udah kosong). ngedenger deskripsi mereka ttg project masa depan ini bener2 ngebuat gw excited.

yokham3

Overall event 150 tahun yokohama menurut gw adalah sebuah event yang sangat gagal! bener2 mengecewakan, untung gw ga beli tiket seharga 2400 yen hahaha. dan menurut review dari para tamu yang datengpun, mereka kecewa dan ga suka dgn event ini. jadilah mnurut sebuah sumber yg gw baca target pengunjung yg datang bahkan ga sampe 50% dari target yg mereka buat. tapi gw cukup seneng kok, krn ini kan termasuk event sekali seumur hidup hehe.


Actions

Information

3 responses

29 10 2009
bimo

mas hal paling beda dengan Jakarta Fair apa ya mas……hehehe padahal umur JKT jauh lebih tua….(kecuali hrg tiket lho…..)

31 10 2009
rendyharahap

@bimo : hal paling beda, yokohama punya maskot bermuka bloon,, bener juga ya mas, jakarta jauh lebih tua

11 06 2010
Fun Fact Tentang Jepang (XV) « shout your mind

[…] 146. mobil pintar (smart car) yang bisa memarkir secara otomatis, rem secara otomatis, dll sedang dalam tahap pembuatan (pernah gw singgung sedikit disini). […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: