Fun Fact Tentang Jepang

13 12 2009

Sekarang gw mau mulai nulis fun fact yang gw dapet dari pengalaman pribadi selama gw di jepang. mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener, krn ini gw ambil dari sudut pandang gw dan pengalaman yang gw dapet sendiri. jadi kalo ada yang salah maap! setiap seri fun fact, gw akan ngejabarin 10 point yang menurut gw unik dan hanya ada di jepang. ok, kita mulai fun fact part 1 :

1. kalo bunuh diri dgn cara menabrakkan diri ke kereta (lompat dari platform pas kereta dateng), artinya si korban bunuh diri membuat kerugian besar2an bagi perusahaan kereta. krn dgn bunuh diri kayak gini, bisa ngebuat beberapa kereta telat yang secara otomatis ngebuat ratusan orang telat! jadi kalo ada yang bunuh diri kayak gini, biasanya perusahaan kereta akan menuntut keluarga korban untuk membayar minimal 100 juta yen atau sama dengan 10 milyar rupiah!! jadi intinya, hati2 kalo mau bunuh diri!

2. mayoritas cewek2 jepang selalu pake sepatu hak 4 inci lebih dan jarang nemuin yang make flat shoes atau snickers.

3. banyak nenek2 dgn rambut warna (mayoritas) ungu, biru muda, dan pink! (baca tulisan gw disini)

4. banyak anak kecil umur 7 tahun kebawah keluyuran sendirian bahkan banyak yang naik kereta sendirian.

5. mayoritas cowok jepang ngebentuk alisnya!

6. family restaurant di jepang menyajikan hamburger steak dengan nasi.

7. sama kayak di cina, angka 4 dan 9 adalah angka sial. angka 4 kalo dibaca berbunyi “shi” yang mempunyai arti lain “mati”. sedangkan angka 9 dibaca “ku” yang mempunyai arti lain “sengsara”. jadi masih banyak dormitory/apartment dan tempat2 lain yang menghilangkan 2 angka ini. lah kalo angka 49 sama 94 ngeri banget dong.

8. banyak pola kehidupan orang jepang yang berlangsung seperti ini : waktu lahir dibawa ke kuil shinto, waktu menikah diselenggarakan digereja, dan waktu meninggal disemayamkan di kuil buddha. intinya agama kayak mainan di jepang, krn mayoritas orang jepang gak beragama dan gak percaya tuhan.

9. kita bisa menemukan orang yang makan pasta dengan memakai sumpit!

10. terdapat vending machine yang sangat variatif! ada yang ngejual minuman (plg standard), rokok, beras, alcohol, koran, komik, telor, bahkan kondom dan celana dalam. baca tulisan gw disini.

K

Actions

Information

17 responses

13 12 2009
Bernardia Vitri

weewww, busset jepang yaaahh???!!! oia, cwe jpang pake hak becoz mreka pendek2 kn..

13 12 2009
komanechi

wah. saya suka sekali blog anda. saya fans berat tulisan anda. terus di update ya tentang jepangnya. kebetulan, saya kalau lulus nanti ingin sekali menetap di jepang, postingan anda banyak membantu saya menambah wawasan. banyak yang saya belum ketahui di sini. sekali lagi terima kasih banyak🙂
salam kenal yaa. doain bisa masuk UI haha

19 12 2009
rendyharahap

@Bernardia Vitri : mm, iya juga sih ya, banyak yg pendek. tapi yang tinggipun tetep pake hak kok

@komanechi : thanks ya komanechi🙂 mudah2an kalo suatu hari bisa menetap di jepang, setidaknya udah dapet ilmu2 yg ga penting yang ada di blog ini hhehehehe … amin! mudah2an masuk UI😀

26 12 2009
Kai Kurouzu

mas ke bisa ke Jepang melalui ap?
beasiswa ato biaya sendiri?
Coz aq pengen ksana tp biaya hidup di Jepangnya itu lho yg bkin kantong bolong…

26 12 2009
rendyharahap

@Kai Kurouzu : bukan beasiswa dan bukan biaya sendiri mas. kebetulan waktu tahun 2006 ada kerjasama antara kampus saya (binus) dengan salah satu perusahaan outsourcing IT jepang. jadi kita ngelamar via binus, dan 14 orang yang keterima di training selama 1 tahun di binus. setelah trainingnya selesai, kita semua langsung dikirim ke jepang dan kerja sebagai karyawan IT di perusahaan2 jepang😀

26 12 2009
Kai Kurouzu

wow !!!
jadi menetap di Jepang y?!
kira2 taun depan ad lg gk yg kyk gitu?

26 05 2010
rendyharahap

sayangnya semenjak taun 2009 kerjasama ini udah ditiadakan, karena Jepang kan kena krisis pada saat itu. banyak pengangguran, company yang bangkrut, dll, jadi orang jepang lah yang jadi prioritas utama untuk diselamatkan, orang asing nanti2 dulu hehe.. kalau mau coba liat2 lowongan kerja utk di jepang, coba akses websitenya toshiba indonesia aja, setau gw mereka suka ngirim tenaga kerja asing juga ke headquarternya (tapi biasanya bidang mesin ya)..

31 01 2010
Miyugi

tahu tentang Ryokubitsu enggak , aliran yang mengajarkan Magic Celtic di Jepang ,kalau bisa liput dong tentang upacara2 kayak macam Sacrifice gtu dong.

katanya di sana dulu ada yah desa yang ngelakuin Upacara kayak gtu, desanya kupa namanya, but desanya dah terendam air bah gara2 bendungan jebol….

26 05 2010
rendyharahap

ha? ryokubitsu, jujur ga tau tentang aliran ini .. tapi nanti gw coba cari info-nya ya! seru juga nih kayaknya hehehe. thanks ya Miyugi!😀

26 05 2010
Linardi

Buset, seumur2 di sini, ga pernah kepikiran bikin series kayak gini… Keren !!
Referensi (Btw, belon baca semua seh, jadi mungkin ada yang uda ditulis) :
1. Cwe2 sini, banyak yang pake hair extension, sengaja potong pendek, terus, pake hair extension biar panjang, hmmm, weird… Yang parah, yang dipanjangin terus, bentuknya kayak rumput laut lagi gelantungan di kepala…
2. Gyaru dan Gyaruo, pasangan rambut singa
3. Di sini ada bar banci (di Indonesia bagian undergroundnya ada ga ya ???)
4. Ada pula jasa anter jemput bagi orang2 yang mabok
5. Bahasa kakek2 = bahasa orang yang lagi gosok gigi (sebisa mungkin, ga buka/gerakin bibir)
6. Orang Jepang sensitif banget ama suara, jadinya umumnya, ga boleh pake speaker deh, kalo uda malem, kalo ga, dilaporin…
7. Menurut budayanya, kalo pindahan, mesti kasih hadiah ke para tetangga
8. Tempat favorit cwe2 = Purikura (picture club) (ampir semua cwe Jepang yang gue ketemu selalu punya lebih dari 2 stiker purikura). Dan buat edit fotonya, butuh 3-5 kali waktu buat ambilnya, saking “asik”nya
9. Otaku ada dansa khusus !! Uda kayak clan sendiri. Pernah liat acara yang bahas club otaku underground dan di situ ada buanyak bener otaku yang dansa sama persis
(ref : http://www.youtube.com/watch?v=bK_kpWhT3_c)

Peringatan : yang tercantum di atas juga cuman pendapat pribadi seh… Moga2 ada yang kepake di seriesnyo yo…

26 05 2010
rendyharahap

teme!!!!!!!!!!!!!!! wakakkakakaka apa kabar lo tem? wah thanks2 atas sumbangannya, nanti di seri2 berikutnya bakal ada yang gw comot nih (tenang nama lo gw sebut kok haha), gw udah mulai krisis ide juga nih ahahaha

10 06 2010
dwi

huaaa.. postingannya kerenn..
pantesan Conan dkk sering berkeliaran di kota (point 4)

15 02 2011
yumi_chu

Ajeppp dahhh nenek2 di jepunk….!!!! gaul amat….
kekekeke…. ^w^

19 02 2011
daito dieto

aq minat sekali ntuk kuliah di daerah jepang ,,,namun beritAHU SAYA TIPS DAN TRIK …NYA DONG

28 01 2012
Meria

Tq utk perkongsian info ini.

18 02 2012
Ninik

suka banget sama postingannya…..!!!!
Kebetulan gue lagi getol-getolnya cari artikel dan blajar budaya jepang. Enak banget bisa tinggal di sana,…
sekarang masih di jepang ka?
Posting yang banyak tentang jepang dong….!

2 08 2012
zamrinata

manteb mz.berooo…gw baca Fun Fact nya dari seri 1 ampe akhir…nambah wawasan..:)

Leave a Reply

