Fun Fact Tentang Jepang (V)

16 12 2009

41. sama kayak orang indonesia, mereka ga mengumbar kata “cinta“. jadi untuk menyatakan perasaan sayang mereka memakai kata “suka”. cinta bermakna lebih dalam dan dipake ketika udah menikah dll.

42. taxi di jepang sangat mahal! dari bandara narita sampai ke daerah-daerah tokyo bisa menghabiskan 20ribu yen (Rp.2.000.000). tapi kita bisa bayar dengan credit card di taxi hehe. (baca tulisan gw disini).

43. menurut pengalaman gw (baru ngecek di 2 perusahaan), cewek2 di kantor dibebasin bajunya. Ga perlu selalu pake blazer, pake baju casualpun jadi. jadilah banyak cewek yang dandan pol2an utk ke kantor. ada juga yang dateng dengan celana pendek.

44. masih ada tempat pemandian umum campuran (cewek & cowok), walaupun kalo denger cerita2 katanya isinya rata2 nenek2.

45. judi, prostitusi, dunia entertainment dan sebagainya memakai yakuza sebagai backingannya.

46. banyak family restaurant yang memiliki sistem “all you can drink“. jadi kita ga bisa pesen 1 gelas coke, atau 1 cangkir teh. kita harus pesen all you can drink, dan bisa minum apa aja sepuas kita (hanya seharga 200 yen-an = Rp.20.000).

47. untuk menyambut natal biasanya mereka udah mulai mendesign kota dengan thema natal dari awal bulan november! (padahal ga ada yg agamanya kristen).

48. disney sea merupakan theme park yang cuma ada di jepang! (ga ada dinegara manapun)

49. cuma ada 4 lagu asing yang ada di karaoke jepang : cina – korea – barat – filipin!

50. kalo makan ramen (mie) harus disruput + bunyi (bener gak sih bahasa indonya di sruput ?)

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part IV)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*

Actions

Information

4 responses

21 12 2009
安藤君

Menarik juga yah pengalamannya. Sayangnya kayaknya ada yang terlalu di generalisir, maksudnya apa yg diamati disama ratakan untuk semuanya. Mungkin judul postingan lbh tepat diganti menjadi fun fact tentang jepang di mata saya (atau menurut pengamatan saya).

contoh:
no.45: kayaknya gak semua deh walaupun boleh dibilang sebagian besar. contohnya pachinko, sebagian besar (terutama yg punya merek dan gedung gede) dibacking sama Yakuza. tp yg kecil2 sih nggak (walaupun kalau mulai gede dan banyak pengunjungnya mulai diganggu sama gangster). yang ini aku pernah baca di koran.

no.47: siapa bilang gak ada yg beragama kristen? walaupun jarang yg punya agama (kebanyakan orang Jepang atheis atau boleh dibilang gak perduli sama agama alias agnostik), bagi yang punya agama termasuk kristen, orang Jepang termasuk taat menjalankannya.
Ada 2 orang Kristen kenalanku yg tiap minggu selalu ke gereja, ada 1 muslimah yg lbh taat dan srng ikut majelis taklim dibanding suaminya yg orang Indonesia. Tentu saja yg dimaksud punya agama disini adalah orang yang masuk dan percaya dgn sepenuh hati dgn iman.
Orang Jepang ngaku Buddha dan Shinto? itu lebih karena ikut2an sama nenek moyang mereka alias cuma karena budaya saja.

no.48: betul! Tapi masalahnya kalau mau dibilang, Animal Kingdom, Epcot, dll cuma ada di Amrik, lalu Golf Disneyland cm ada di Perancis, dll. Kayaknya masing2 negara pengen nyiptain tema yang unik sendiri2.

no.49: saya pernah liat list lagu karaoke berbahasa portugis (atau spanyol???) dan teman saya yg orang brazil dgn suka cita menyanyikannya.

no.50: mungkin kata harus tidak tepat karena makan ramen disruput karena mereka tidak menggigit ramen di tengah makan. Kata temanku sih, kalau makan harus dari ujung ke ujung dimasukin ke mulut walaupun panas (kebayang gak kalau gaya makan beginian gak disruput??) . kalau terpotong ditengah, rejekinya bakalan kepotong juga. Dan itu juga tidak setiap waktu melainkan khusus tahun baru (yg ini baru harus karena sudah jadi budaya dan kebiasaan), diwaktu lainnya sih tergantung pribadi masing2 percaya atau tidak.

21 12 2009
rendyharahap

@安藤君 : thanks andokun utk masukannya. iya sebenernya ini lebih ke arah pengalaman2 pribadi dan sudut pandang pribadi. seluruh blog ini juga menceritakan seluruh pengalaman pribadi saya. kalo untuk seri fun fact ini udah saya jelaskan sebelumnya di seri fun fact part (I) bahwa mungkin ada perbedaan sudut pandang dari orang indonesia lain, krn ini saya ambil dari sudut penglihatan pribadi (di blog / website orang asing juga banyak seri fun fact seperti ini yg menjabarkan kebudayaan + kebiasaan orang jepang dari mata mereka pribadi).

no.45 : iya mungkin gak semuanya, tapi pachinko2 utama di jepang semua harus pake backingan ini. ada temen saya yang punya bisnis pachinko dan menolak utk kerjasama dengan yakuza. hasilnya setiap hari dia selalu diteror oleh telepon2 gelap, dll. dan mayoritas orang jepang pun selalu berpikiran bahwa pachinko dan segala sesuatu yang berhubungan dengan red-light district di jepang pasti berhubungan dengan yakuza. jadi hasilnya saya memilih utk menjabarkan opini terbanyak orang jepang.

no.47 : aduh sorry, ini kebiasaan saya kalo nulis, menjabarkan dengan bahasa verbal bukan non-verbal hehe. maksudnya bukan “ga ada” tapi “mayoritas gak beragama atau gak beragama kristen”.

no.48 : iya, sama dengan dufan yang hanya ada di indonesia kan? hehe

no.49 : mayoritas karaoke di jepang (saya sudah pernah nyoba lebih dari 7 tempat karaoke : utahiro, karaoke kan, shidax, cote d’azure, big echo, utandamura, karaoke no tetsujin, dll) dan mereka rata2 memakai mesin yang sama (3 mesin utama adalah DAM, Joysound, dan UGA. walaupun ada 3 atau 4 macam alat minoritas laennya). mereka hanya membagi ke dalam 4 kategori lagu asing : mandarin – korea- inggris – filipin. di dalamnya emang ada beberapa lagu minoritas kayak lagu2 spanyol, brazil, romania, tapi tetep mereka kelompokkan ke dalam musik inggris.

no. 50 : hehe iya ga boleh putus dari awal sampe habis. makanya saya memakai kata “sruput”, bukan sruput kuahnya, tapi sruput mie-nya. saya tidak tahu persis vocabulary indonesia apa yang paling tepat untuk menggambarkan kata kerja itu hehe.

thanks udah sharing disini ya andokun!😀

21 01 2011
Esti

#46 : semacam muter2 ikebukuro buat nemu famires yang ada nomihoudainya! (LOL)

27 09 2012
Irma Muhaziroh

klo mie diseruput yg ane tau itu tanda mienya enak,klo ada yg makannya ga diseruput kokinya deg2an dah ngerasa mie buatannya ga enak. n katanya emang enakan makan mie disruput,ane jg ngerasa gitu sich,tp di Indo makan kaya gitu ya cm bs makan d rumah aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: