Fun Fact Tentang Jepang (VI)

17 12 2009

51. judi paling populer di jepang adalah pachinko (baca tulisan gw disini).

52. gak ada perayaan taun baru di jalanan umum, di taman, atau di tempat terbuka utk umum lainnya. jadi kalo mau tahun baruan di jepang, coba dipikir berkali2 dulu ya. kalo dari pengalaman temen2 gw, ada yang tahun baruan di shibuya, di shinjuku, di osaka, dll, dan begitu udah jam 12, ga ada bunyi apapun .. krik .. krik ..

53. SIM mereka mempunyai system poin. sekali melanggar peraturan lalu lintas bisa mengurangi 1-2 poin (tergantung kesalahannya). poin ini akan diperbaruin 1 tahun sekali. artinya kalo sebelum 1 thn poin kita udah abis, kita ga boleh nyetir lagi sebelum kita ambil tes ulang menyetir!!

54. dalam mengadakan pernikahan, orang jepang cuma ngundang 50-100 orang. dan masing2 tamu harus ngasih (WAJIB!) angpaw minimal 30ribu yen (Rp.3.000.000). makanya kalo ada 2-3 bahkan lebih temen yang menikah dalam 1 bulan, itu akan menjadi bencana bagi dompet orang yang kena undang.

55. banyak es krim, puding dan cake dengan rasa aneh2. misalnya es krim kacang merah topping ubi, puding labu, dan cake kentang dengan toping ubi.

56. selamat pagi dalam bahasa jepang = ohayou gozaimasu, tapi kalo ohayou gozaimasu kita translate langsung sebenernya artinya adalah “cepat sekali kamu (datangnya)”. jadi pemakaiannya bisa lebih luas. misalkan kita telat ngantor (baru dateng jam 12 siang) sementara jam mulai kantor jam 9 pagi, begitu ketemu temen kantor kita, yang kita ucapin adalah ohayou gozaimasu (selamat pagi). gitu juga kalo kita kerja di restoran, misalkan kita dpt shift jam 3 sore, begitu kita dateng kita kasih salam ohayou gozaimasu ke orang2 shift sebelumnya. awal2 gw tinggal di jepang gw suka bingung sama orang2 ini, “kok jam 3 sore ngucapin salamnya ohayou gozaimasu (selamat pagi) sih, bloon banget”, ternyata gw yang oon haha!

57. bagi orang jepang, membaca tulisan alphabet perasaannya sama kayak kita kalo membaca/melihat kanji (bikin pusing)

58. kalo kita ngomong cincin dan mangkok semua orang akan menoleh ke kita (baca tulisan gw disini).

59. terdapat huruf braille untuk orang buta disegala tempat ! mulai dari station, kereta, jembatan, lampu merah, sampe ada banyak restoran yang nyediain menu khusus dengan huruf braille! ini patut di contoh sama indonesia, pemerintah jepang sangat memperhatikan penyandang cacat.

60. orang2 jepang kalo lagi nelpon client/temenpun, badannya pasti ikutan membungkuk waktu ngomong “terima kasih” / “maaf”. dan semua orang yang udah tinggal cukup lama di jepang akan tertular virus ini (termasuk gw zz).

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part V)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*

Actions

Information

One response

8 01 2010
a3

52.. eh m yang ini lu kayanya salah info deh…. shibuya,shinjuku di jalanan emank kaga ada apa2, tapi kalo ke yokohama, odaiba, tokyo tower rame bgt koq, selain itu paling di gedung2 tertutup macam izakaya, soalnya org jepang ngehormatin privacy org laen(yang ga ngeayain dan tidur di rmh <-kata tmn gw)

60 gw juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: