Fun Fact Tentang Jepang (VII)

18 12 2009

61. sensei artinya bukan “guru” , tapi merupakan sebuah panggilan ke beberapa profesi orang : guru, pengarang komik, dokter, pengacara, accountant terkenal, dll. kalo diliat dari kanjinya, kanji pertama “sen” artinya “duluan”, dan kanji kedua “sei” artinya “lahir”, jadi kalo di translate langsung artinya kira2 “lahir terlebih dulu”, dan kalo kita liat maknanya = orang yang mempunyai pengalaman/ilmu krn dia udah menuntut ilmu terlebih dulu daripada kita.

62. anak SD wajib pake tas kotak (kayak yg dipake conan) yang harganya mahal banget (satunya kira2 Rp.2.000.000-Rp.3.000.000).

63. sampe saat ini belum pernah nemu lalat satu ekor pun di jepang, dan hanya berhasil nemuin beberapa ekor nyamuk.

64. punya 3 kata pengganti untuk diri sendiri : watashi/watakushi (saya), boku (aku), ore (gw). watashi biasanya dipakai dalam hal2 formal, sedangkan boku dan ore bisa dipakai anytime ! bahkan ngomong sama nenek2 aja bisa pake ore (gw).

65. cuma ada 2 lagu indonesia yang ada di karaoke jepang : “bengawan solo” dan “nona manis siapa yang punya”. itupun udah dirubah liriknya ke dalam bahasa jepang.

66. kalo di indonesia, tv selalu penuh dengan acara gosip, kalo di jepang tv selalu penuh dengan acara lawak. Dan biasanya group lawak mereka hanya terdiri dari 1-3 orang. Dan gw jarang banget ketawa ngedenger lawakan mereka, sumpah ! andaikan komeng bisa bahasa jepang, gw suruh mereka blajar sama komeng dulu.

67. pepsi di jepang punya rasa yang aneh : pepsi timun, pepsi kacang merah, dan pepsi shiso (shiso = daun perilla. daun yang punya wangi aneh, biasanya utk dicampur sama sushi)

68. jepang = negara yang seragam tipe orangnya. kalo di indo kan bisa liat macem2 tuh, item putih coklat kuning sipit belo doer kriting kribo lurus pesek mancung, nah disini ga ada.

69. orang jepang sangat lemah thd makanan pedas. ini serius! jangan sekali2 bawa mereka ke restoran yang makanannya pedas2, bisa2 sakit selama 1-2 hari. tapi aturan ini gak berlaku bagi orang jepang yang hobby travelling dan punya jiwa adventurir yg tinggi ya.

70. semua ramen di jepang (mayoritas) pasti pake daging babi. jadi buat yang muslim, hati2 ya. mending kalo pengen mie pesen tempura udon dsb.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part VI)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*

Actions

Information

9 responses

18 12 2009
cira

finally postingan baru dateng juga =D,.. fact finding yg menarik bgt & ga akan diketahui turis2 .. kayak tas anak kecil.. koq mhl bgt yah ap ada tujuan khusus smua anak sd pke tas kotak?

19 12 2009
rendyharahap

@cira : haha thanks cira🙂 iya turis2 ga akan tau hal2 kayak gini, krn emang sbenernya ga penting utk diketahui kok hahahaha. gak ada tujuan khusus kok. tapi emang kayaknya peraturan sekolahnya yang ngewajibin anak2 sd pake tas ransel kotak.

20 12 2009
rika

hahhaha norak bgt gue pas di kyoto pertama kali liat kumpulan anak kecil semua pake tas kotak ala conan dgn berbagai macam warna, lgs histeris heboh sampe suami gue heran. lgs gue foto, yg ada anak2nya kabur pd lari sambil ketawa2. asli, komik jepang itu bener2 menggambarkan reality life nya org jepang yah. sampe gaya ketawa abg2 ceweknya pun sama!! **kyaaaaaaaa**

21 12 2009
rendyharahap

@rika : haha iya semua yang ada di komik emang banyak yg diambil dari kenyataannya kok. sampe settingan komik aja ada yang di ambil dari kota aslinya (salah satunya sailormoon hehe)

18 01 2010
a3

ah lucu2 aja koq menurut gw lawakan jepang

10 06 2010
dwi

hah? ketawanya persis dikomik *kyaaaaaa*

16 06 2010
Hani

kak mau tanya … ore itu biasanya di pake buat anak cowok bukan
terus kalau atashi tuh buat anak cewek … nah loh klu misalnya aq (ank cewek) bilang ore pasti mereka kasih respon bengong …
iya g ?? atau salah ?

12 11 2010
Hans

gw berhasil nemu 1 lalat di daerah tammeikesanou hehe/.. lalat ijo gede

15 03 2011
Nicho

Gue baru datang di Osaka kira2x sebulan yang lalu and baru aja nemuin blog ini kemarin. Bagus isinya informatif banget and sepertinya sih masih applicable sampai sekarang, yang mungkin sedikit berubah adalah tentang keseragaman orang jepang. Gue sering banget ngeliat orang jepang yang beda2x warna kulit, beda rambut, dll. Malah sering banget yg gue liat orang jepang indo, alias campuran dengan negara lain. Kayanya Jepang udah mulai beragam deh

Leave a Reply

