Indonesia, Negara Pecinta Kantong Kresek

17 04 2010

Kenapa gw angkat judul kayak gini? karena emang pada kenyataannya gw ngerasa kalo indonesia bener-bener cinta dengan kantong plastik (kresek). entah kenapa, project atau usaha pengurangan kantong plastik dari tempat-tempat perbelanjaan (mustinya supermarket sih yg jadi target utama) kurang terlihat. kalo gw liat, emang bener banyak banget kantong-kantong ramah lingkungan (eco-friendly) yang dijual di supermarket, tapi tetep usaha untuk memperkenalkan kantong yg selain bersifat ramah lingkungan juga bisa dipakai berulang kali ini kok hampir nihil ya? atau emang sebenernya udah ada tapi ga kedengeran, atau emang kedengeran tapi karena gw di jepang aja makanya gw buta informasi sendiri? hehe.

Waktu itu gw pernah ke sebuah supermarket di jakarta untuk nemenin nyokap gw belanja, dan sambil nungguin nyokap bayar di kasir, gw merhatiin semua orang yang belanja disana. ironisnya, SEMUA orang disana ga ada yang bawa kantong eco mereka kecuali 1 orang anak muda BULE. yang lebih bikin malu lagi, anak muda bule ini cowok yang umurnya sekitar 19-20 taun! kok bisa2nya dia ngeberlakuin disiplin kayak gitu di negara yang masih jarang ngegunain kantong eco ya?

Sekarang gw bandingin kasus ini dengan jepang. di jepang pun sebenernya pemakaian kantong kresek juga masih banyak terlihat, tapi kantong kresek yang mereka pakai adalah yang bersifat ramah lingkungan. walaupun mereka udah pake kantong kresek ramah lingkungan, pemakaian kantong eco juga sering terlihat! gila ga tuh, istilahnya double protection (kayak odol!). bahkan usaha mereka untuk memperkenalkan pemakaian segala sesuatu yang serba eco juga sering banget terdengar (salah satu contohnya program astroboy yg udah pernah gw bahas : klik disini). bahkan kalo ke mcd, kasirnya sering ga kasih kantong plastik. mereka hanya kasih kantong kertas mcd, jadi bawanya repot banget. jujur gw ga suka dengan sistem mcd, tapi gw ga protes dan orang-orang laenpun juga ga protes dengan sistem ini. yang paling bt kalo lagi pulang lembur pas winter, yang biasanya paling enak masukin tangan ke kantong biar ga beku, hanya demi mcd gw harus bela2in ga masukin tangan ke kantong.

Pemakaian kantong plastik sebenernya sah-sah aja selama kantong itu dipakai untuk tujuan yang bener, kayak untuk membungkus sampah supaya daerah sekitarnya ga terkontiminasi, dll. tapi kalo hanya kita pake untuk bawa barang belanjaan, trus langsung kita buang, kayaknya cuma bakal nambah2in sampah dan mencemarkan lingkungan jakarta yang emang dasarnya udah kotor. dan satu lagi, kantong plastik merupakan salah satu sampah yang paling banyak tersebar di sungai atau kali di jakarta! dan plastik membutuhkan waktu lebih dari 1000 tahun untuk akhirnya dapat terurai di dalam tanah (bisa buat surat wasiat sampe 10 turunan..haha).

Selain gw mau berpartisipasi utk menyebarkan info ini via blog, gw juga mau bantu salah seorang temen SMA gw yang ternyata aktif menjadi bagian dari pengurangan penggunaan kantong kresek, yaitu Diana Rikasari (manteb die! salut2). dan gw berharap buat semua orang yang baca tulisan ini bisa nambah referensi dan menjadi pertimbangan untuk mengurangi pemakaian kantong kresek. malu sama kesadaran diri orang jepang, malu sama si anak muda bule juga, tapi bukan berarti udah telat buat kita untuk menerapkan pola ramah lingkungan, jadi yok kita mulai dari ngilangin kebiasaan kresek kita!


Actions

Information

3 responses

19 04 2010
a3

sebenernya lu bisa minta kantong plastik or kantong kertas yang ada gantungannya ren,
kalo ujan soalnya ada kantong plastic buat ga kebasahan

buat kantong kertasnya

2 05 2010
rendyharahap

iya bon, emang bisa sih .. tapi kalo kita cuma beli dikit (misalnya kentang,burger+minum) biasanya kita cuma dikasih kantong kecil rese itu .. kalo gw beli 2 paket, baru dikasih kantong kertas yang gede hehe .. kalo gw lagi kedinginan atau keujanan gw juga sering minta kantong plastik sih, tapi itu juga harus gw duluan yang minta, kalo ga kaga dikasih zzz

27 04 2010
Tweets that mention gw dukung project lo die.salut bgt! -- Topsy.com

[…] This post was mentioned on Twitter by Hendra Prahmono, Rendyadi Amnar. Rendyadi Amnar said: gw dukung project lo die.salut bgt! https://greatrendyman.wordpress.com/2010/04/17/indonesia-negara-pecinta-kantong-kresek/ @dianarikasari […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: