Suara-suara Aneh yang Dijadikan Kosakata

19 04 2010

Kayaknya banyak yang blm tau kalo jepang punya banyak banget kosakata yg dibuat berdasarkan bunyi (onomatopoeia). contoh kosakata onomatopoeia kalo dalam bahasa indonesia seperti : dor!, gedubrak, tok tok, kring kring, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bunyi.

Kenapa gw angkat topik ini? alesannya simple, gw cuma mau bagi info buat orang-orang yang belum pernah belajar bahasa jepang sama sekali (kalo yg pernah belajar jepang pasti ngerti) kalo onomatopoeia dalam bahasa jepang jumlahnya sangat banyak dan banyak kosakata onomatopoeia dalam bahasa jepang yang ga bisa diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. salah satu contoh nyata yang sering kita denger adalah “shabu-shabu“.

Shabu-shabu merupakan salah satu jenis makanan jepang yang cukup disukai orang2 indo. sebenernya asal kata shabu-shabu itu sendiri diambil dari bunyi ketika kita membolak-balikkan daging mentah dengan sumpit ke dalam air (rebusan). selain itu, onomatopoeia jepang yang sangat terkenal di kalangan anak indo adalah bunyi teriak : kyaa! kalo masih mau tau lagi tentang kosakata2 unik ini bisa diliat di gambar yang gw post (mungkin bisa dikira2 sendiri artinya apaan), atau bisa liat dibawah ini  :

  1. bisho bisho : bunyi ketika kebasahan
  2. jara jara : bunyi mesin pachinko
  3. choki choki : bunyi memotong
  4. giri giri : pas-pasan (waktu, nilai, dll)
  5. kira kira : kelap kelip
  6. pera pera : lancar berbicara (fluent)
  7. zaa zaa : bunyi hujan
  8. jiro jiro : ngeliatin (orang)
  9. bara bara : bertebaran
  10. waku waku : antusias
  11. buru buru : gemetar
  12. uro uro : mondar mandir
  13. kara kara : haus
  14. peko peko : lapar
  15. ira ira : kesel

Actions

Information

12 responses

20 04 2010
jim

Ternyata bahasa Jepang sangat menarik.🙂 Mau tanya apakah tulisan dalam bahasa Jepang dikenal tanda baca atau tidak ya? Misalnya tanda tanya, titik, dll. Trus gw baru sadar setelah baca posting ini, setelah tanda titik atau tanda tanya selalu dimulai dengan huruf kecil, apakah ini ada kaitannya dengan kebiasaan (mungkin sering ketik huruf Jepang) atau memang disengaja ya? Penasaran.🙂 Thx infonya.

2 05 2010
rendyharahap

halo jim!
tulisan bahasa jepang juga mengenal tanda baca kok, ada titik, koma, tanda seru, dll..
hahaha pertanyaan yang bagus! kalo masalah style penulisan di blog ini .. hmm .. mungkin bener juga sih ya, ada kaitannya dengan style penulisan bahasa jepang. krn bahasa jepang ga mengenal huruf besar dan huruf kecil. sbenernya gw sendiri juga lupa kenapa gw bisa punya kebiasaan nulis kayak gini, tapi setelah dipikir2 mungkin emang awalnya krn terpengaruh sistem penulisan bahasa jepang juga sih😀

21 04 2010
Panda_Mbem

Jd pengen belajar bhs jepang nih! Keep posting ya.. ^_^

2 05 2010
rendyharahap

halo panda! ok! tenang aja, bakal terus di update kok🙂

28 04 2010
miyata88

Mau tanya..mang biasanya kata2 berdasarkan bunyi itu dipakai utk nerangin apa??apa cuma buat ngejelasin expresi (biar keliatan or kedengeran lebay)? kyak klo qta lg ngobrol ma temen..trus nerangin cerita qta pernah jatoh trus sisipin kata “gubrak”..gitu??*o* arigatou..

2 05 2010
rendyharahap

hai miyata88 .. iya, penggunaannya mirip2 sama penggunaan onomatopoeia-nya bahasa indonesia juga kok. tapi ada beberapa onomatopoeia yang udah lazim dipake sebagai kosakata umum. di bahasa indonesia juga gitu kan, ada beberapa onomatopoeia yg udah lazim di pake, misalnya : deg-degan, dll🙂

3 05 2010
Andini Rizky

zenzen gak termasuk … kan nulisnya juga 全然, bukan pengulangan.

4 05 2010
rendyharahap

waduh, bener juga ya .. ga kepikiran waktu nulis ini, mentang2 pengulangan maen dimasukin aja ke onomatopoeia.. thanks atas koreksinya ya Andini Rizky😀

5 06 2010
putri

aku pernah dnger “fu fu” klo di drama2 jepang.. klo itu mksdnya apa ya?? termasuk onomatopoeia jga?

13 06 2010
nana

Kak, mo tanya dong..
Kakak pernah tau buku dalam bahasa Indonesia yang pernah bahas tentang onomatopoeia ga? klo pernah, tolong bgt ya kasih tau aku..
makasih..

15 06 2010
finance charts

semangat..salam kenal…

thanks….

di tunggu kunjungan baliknya…

10 11 2013
ayrine

ada yang tau buku tentang onomatopeia dalam bahasa indonesia? saya sangat butuh ini….ada info ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: