Jalannya Sazae-san

21 04 2010

Sazae-san adalah tokoh manga (komik) yang sangat terkenal di jepang. walaupun di indonesia tokoh ini tidak terlalu kedengeran namanya, pada kenyataannya kalo dateng ke jepang pasti kita akan sering ngeliat merchandise sazae-san, kue berbentuk sazae-san, atau apapun yg berhubungan dgn tokoh ini dijual dimanapun. komik sazae-san di tulis oleh salah seorang penulis manga wanita pertama di jepang, yaitu machiko hasegawa. komik sazae-san sendiri mempunyai tokoh utama seorang ibu rumah tangga yang mempunyai nama sesuai dengan judul komiknya, yaitu sazae.

Sebelum gw masuk ke inti topik, gw mau nyeritain latar belakangnya dulu. saking gw udah bingungnya mau menjelajahi daerah mana lagi di sekitar yokohama dan tokyo, akhirnya gw membentuk tim (cuma berdua sih) sama temen gw. tim ini kita namain tim eksplorasi khusus daerah-daerah gak penting  (derah-daerah pentingnya udah dibabat abis soalnya). jadi pengeksplorasian kita di mulai dari daerah sekitar line kereta tempat tinggal kita yang bernama “denentoshi line”. denentoshi line melewati 26 stasiun, di mulai dari stasiun “chuorinkan” dan diakhiri sampai stasiun “shibuya“. perjalanan dari chuorinkan sampai shibuya memakan waktu sekitar 1 jam (dari ujung ke ujung). nah, dari total 26 stasiun yang ada disini kita udah ngejelajahin sekitar 23 stasiun. sayangnya, rata-rata daerah yang kita explore ga membuahkan hasil apa-apa (krik .. krik).  sampai lah pada satu hari kita memutuskan untuk turun di stasiun yg namanya “sakura shinmachi“.

Stasiun sakura shinmachi mungkin merupakan stasiun yg memiliki nama terindah di denentoshi line. karena kalo kita translate ke bahasa indonesia, artinya menjadi “kota baru sakura” (mantab ya kdengerannya! haha).  ternyata unsur nama sakura ini membuat stasiun sakura shinmachi mempunyai warna yang berbeda dibanding stasiun lainnya, kalo stasiun laen punya warna dasar putih, stasiun sakura shinmachi punya warna dasar pink . begitu keluar stasiun, rasanya sama2 aja suasananya kayak stasiun2 di denentoshi line lainnya. sampe tiba-tiba gw ngeliat ada poster-poster sazae-san bertebaran dimana-mana dan menunjuk ke satu arah. akhirnya kita ikutin arah yg ditunjuk oleh poster-poster itu. dan sampailah kita ke sebuah jalan yang bernama jalan sazae-san. wow! rasanya seneng banget, walaupun ga penting juga sebenernya untuk disenengin. maklum, ini adalah project pertama tim ga penting gw ini nemuin sebuah tempat baru tanpa nyari2 info dulu di website.

Pada dasarnya jalanan ini ga ada bedanya sama jalan-jalan lainnya, dipenuhi oleh restoran dan toko. tapi yang uniknya, hampir disetiap toko ataupun restoran mempunyai gambar tokoh2 sazae-san yg ditaro di depannya. dan dari satu toko ke toko lainnya, tokoh ataupun posisi dari tokoh sazae-san yg ditaro di depan tokonya berbeda-beda! selain itu, ada juga stiker-stiker sazae-san di setiap gardu listrik ataupun pembatas trotoar. konsep jalan sazae-san agak berbeda dari jalan ultraman yang udah pernah gw bahas sebelumnya (klik disini).

Inti dari dibuatnya jalan sazae-san ini adalah untuk meng-guide kita untuk sampai ke museum sazae-san. ternyata di sakura shinmachi ini ada museumnya! krn lokasi museumnya cukup jauh dari stasiun, makanya dibuat sistem jalan sazae-san ini (dari jalan sazae-san tinggal lurus aja ampe bego). gw blom sempet masuk sih, tapi lain kali gw akan coba masuk dan ngepost lagi disini (denger2 sih ga menarik museumnya hehe).

Jadi buat yang udah ga tau lagi mau kemana di tokyo dan pengen coba cari tempat unik yang jarang diketahui oleh turis, coba aja dateng kesini. tapi sblmnya jangan lupa baca komiknya sazae-san dulu, biar ngerti siapa2 aja yang ada di jalanan ini.

*special thanks buat raymond yg udah bersedia menjadi anggota ekspedisi ini dan menyumbangkan foto2nya..doumo!*

Actions

Information

2 responses

11 06 2010
Jalannya Gegege No Kitaro « shout your mind

[…] yang diadaptasikan dari nama tokoh komik. kalo sebelum2nya gw udah bahas tentang jalan ultraman, jalan sazae-san, dan shopping districtnya astro boy, kali ini gw mau angkat nama jalan yang diangkat dari nama […]

20 10 2010
ade

wah tinggalnya di jalur den-entoshi sen…stasiun mana? saya dulu di tsukushino, dan mau ke minami machida weekend ini..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: