Mandi Bareng Orang-orang Jepang!

24 04 2010

Jangan ngeres dulu gara2 topiknya. mandi bareng yang gw maksud adalah mandi ala orang jepang. gw yakin pasti banyak yang udah sering liat di komik atau tv kamar mandi seperti gambar dibawah ini :

Kamar mandi yang tergambar pada komik di atas adalah kenyataan yang banyak dijumpai di jepang. mungkin banyak yg berpikir kalo kamar mandi ini adalah tempat pemandian umum dimana kita harus bayar untuk masuk ke dalemnya. bener sih emang pemandian umum di jepang tipenya kayak gini, tapi ternyata kamar mandi kayak gini juga bisa kita liat di asrama (dormitory) untuk mahasiswa ataupun karyawan sebuah perusahaan.

Mayoritas orang indo pasti ga terbiasa dengan sistem mandi bareng kayak gini. cuma berhubung di jepang harga tanah sangat mahal dan luas tanah suatu bangunan juga rata-rata lebih kecil dibanding indo, daripada space utk kamar pribadi jadi mengecil, dibuatlah sistem kamar mandi umum untuk penghuni2nya. pemandian umum kayak gini terpisah antara cewek dan cowok. buat orang indo (terutama cewek) yang baru menginjakkan kakinya di jepang dan ternyata tinggalnya di asrama, siap-siap dengan kebudayaan mandi bareng kayak gini ya, hehe. sebelum masuk ke kamar mandinya, biasanya ada sebuah ruangan untuk naro baju dll, jadi kita udah harus berbugil ria di ruangan ini, baru kemudian lanjut masuk ke kamar mandi.

Di dalam kamar mandinya sendiri, biasanya ada sebuah bak besar (ofuro) yang berisi air hangat bening. maklum, orang jepang hobi banget berendem, apalagi waktu winter! tapi inget, sebelum masuk ke bak besar ini, kita harus mandi di shower dulu. nah showernya biasanya pendek, karena mereka biasanya mandi sambil duduk di kursi pendek gitu. kalo beruntung, ada juga kamar mandi yang nyediain shower dengan tinggi standard (untuk berdiri), dan lebih beruntung lagi kalo nemu shower yang ada sekatnya.

Orang jepang sebelum tidur (biasanya) pasti mandi dulu. tapi yang anehnya, kalo pagi-pagi tergantung mood mereka mau mandi apa gak. karena faktanya banyak banget orang jepang yang pagi-pagi cuma modal cuci muka sama sikat gigi doang untuk pergi beraktifitas.

Dulu ada kebudayaan pada keluarga orang jepang, yaitu kalo mau mandi harus nungguin ayahnya pulang dulu. jadi kalo ayahnya blom pulang, ga ada yang boleh mandi, karena ayah sebagai kepala keluargalah yang diberikan kehormatan untuk berendem di bak besar ini sebelum akhirnya istri dan anak-anaknya boleh berendem disana. airnya ya ga diganti, mungkin biar hemat kali ya hehe.

Oh iya, ini mungkin point penting buat yang mau liburan ke jepang. banyak orang indo yang mau dapet penginapan murah di jepang. kalo udah urusan murah meriah, capsule hotel biasanya menjadi salah satu option sebagai tempat menginap. nah, masalahnya di capsule hotel rata-rata tempat mandinya ya kayak gini nih. jadi kalo mau nginep di capsule hotel, jangan maen booking via website tanpa nanya2 dulu, mendingan tanya dulu ke orangnya, kamar mandinya private atau bareng. tapi kalo emang terbiasa mandi dengan orang banyak, ya cuek aje, yang penting murah kan hehe!


Actions

Information

11 responses

26 04 2010
edwin

mending gw mandi di kali dah..subuh2 aja mandinya biar ga digrebek polisi hehe..^^

2 05 2010
rendyharahap

ini edwin a.k.a edosamaru bukan sih? haha masalahnya ga ada kali dsana!😀

16 06 2010
kania

mas, apa ga jijik mandi bareng begitu? kan airnya ga diganti.. hihi.

20 03 2011
anugrah

aduhhhhhhhhhhhh…. malu deh, klo mandio bareng ma org jepang telanjang bulat……….

29 06 2011
barawak

Klo gw mandi bareng gitu ma orang jepang, takutnya mereka malu. soalnya “anu” gw panjang dan besar…
^^”V

9 02 2014
selina

klo mandi ama orang orang rame ya malu dong,ih orang2 jpn ini memang buruk,dah buruk menjajah indonesia,pula

9 02 2014
selina

klo,mandi ama orang rame rame si enak karna pepek gua mulus gak ada bulunya

9 02 2014
selina

kalau,gua sih enak kalau mandi bareng rame2 karna kalo pepek gua yg gak ada bulu nya ini bisa dijilat kan kalo mau jilat pepek,aku sihlakan aku takan marah.telpon aku ya,di no:081261965595

9 02 2014
selina

mirip kaya porno

12 02 2014
selina

waduh…kalau ama gw dah sedapp…!banget,tapi takut nya mereka malu karna “anu”ku tak ada bulunya dan tetekku besar

27 05 2014
Orang Tua nya Priana

Wah ada juga yang kayak Gitu ya…! Baru tahu saya Bang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: