Fun Fact Tentang Jepang (XVIII)

25 05 2012

171. ada kosa kata ‘meninggal karena terlalu banyak bekerja’, yaitu ‘karoshi’. dimana kosa kata ini tidak bisa kita temukan dalam bahasa asing lainnya.

172. bahasa jepangnya india adalah ‘indo’ dan mereka menggunakan kata ‘nesia’ untuk menyingkat nama ‘indonesia’.

173. jepang memiliki seekor binatang legenda yang dipercaya keberadaannya, yaitu ‘tsuchinoko’. tidak ada satu orangpun yang mampu memberikan bukti keberadaan binatang ini. untuk itu pemerintah jepang bersedia memberikan imbalan sebesar 1 juta yen kepada mereka yang berhasil menemukan binatang ini.

174. orang jepang sangat suka dengan massage (pijat) indonesia. selain karena cara memijatnya berbeda, harganya juga jauh lebih murah daripada harga pijat di jepang. itulah alasan kenapa orang jepang identik dengan ‘pijat’ di indonesia. dan sekedar info, tidak semua orang jepang pergi pijat ke tempat yang memberikan ‘service’ tambahan.

175. gaya standard orang jepang kalo lagi berendem (biasanya kakek2) : handuk kecil ditaro di atas kepala. bagi mereka enak, bagi yang ngeliat ga enak.

176. ibu hamil di jepang akan menerima bros (badge) khusus ibu hamil yang biasanya dipakai di baju ataupun di tas kemanapun si ibu hamil pergi. tujuannya adalah utk memberitahu orang2 lain bahwa si empunya bros sedang hamil, jadi layak utk mendapatkan priority seat (di kereta), serta layak mendapatkan bantuan kalo lagi bawa barang2 berat. intinya dapet prioritas dari orang lain lah.

177. orang jepang ngeliat orang asing sama seperti orang indonesia ngeliat orang bule. akhirnya gw ngerti rasanya jadi bule di indo yang kerjaannya diliatin sama orang sekitar mulu, ga enak ternyata zz.

178. di mayoritas lift (elevator) pada gedung besar ataupun department store, ada 1 orang yang bertugas khusus untuk mengantar tamu ke lantai yang mereka mau. petugas lift ini (biasanya cewek) bertindak dan berbicara sangat sopan, walaupun job titlenya ga keren ya : wanita penjaga lift.

179. buat para penggemar elvis : ada sebuah patung elvis presley di harajuku, tepatnya di depan toko love me tender. namun toko ini tutup pada tahun 2009, patung ini kemudian dipindahkan ke  kobe atas kemauan para fans elvis, mengingat kobe dijuluki sebagai kota jazz. junichiro koizumi, mantan perdana menteri jepang, merupakan salah seorang fans serta donatur dalam pembuatan patung presley pada tahun 1987.

180. dibawah tempat duduk penumpang kereta, terdapat penghangat. jadi kalau musim dingin, setidaknya kaki kita tetep hangat. saking enaknya, kadang2 ada orang yang cuma mau numpang ngangetin badan di kereta sampai ketiduran, bahkan sampe ngiler netes dibajunya -> pengalaman buruk ngeliat pemandangan ini.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XVII)=<<<<|


*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*

Actions

Information

6 responses

26 05 2012
gardjoew

anjrittt…gw pengin banget ke jepang!!! hehueheu

31 05 2012
Nina Arfa

Hahaha jadi kebayang kalo kakek2 jepang mandiii😀

26 08 2012
livz

ternyata tsuchinoko tu ada hahaha

14 09 2012
hendrik

pengen ke jepang neeeh hahhaa

18 09 2012
ratnaindriana

kalo di kantor saya di sini (Indonesia) ibu hamil dapet baju hamil yg anti radiasi *keren ya kepedulian sachou tinggi sekali* hehe

12 06 2014
jl.mandala

thanks atas infonya gan…maju terus dan salam kenal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: