Belajar Tulisan Jepang PART II

18 05 2012

Ini adalah seri lanjutan dari Belajar Tulisan Jepang dan Belajar Bahasa Jepang Part I.

Berhubung banyaknya pembaca yang request untuk melanjutkan pelajaran tulisan jepang, kali ini gw akan coba bantu memberikan contoh grammar paling dasar sekaligus pelajaran membaca hiragana dan katakana. silahkan dilihat file dibawah ini :

Dengan mempelajari rumus grammar paling dasar yang gw kasih diatas, mustinya kita udah bisa membuat perkenalan singkat seperti : saya adalah rendy, saya adalah laki-laki, saya adalah karyawan perusahaan. ayo silahkan dicoba merangkai kata dengan grammar diatas!





Suara-suara Aneh yang Dijadikan Kosakata

19 04 2010

Kayaknya banyak yang blm tau kalo jepang punya banyak banget kosakata yg dibuat berdasarkan bunyi (onomatopoeia). contoh kosakata onomatopoeia kalo dalam bahasa indonesia seperti : dor!, gedubrak, tok tok, kring kring, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bunyi.

Kenapa gw angkat topik ini? alesannya simple, gw cuma mau bagi info buat orang-orang yang belum pernah belajar bahasa jepang sama sekali (kalo yg pernah belajar jepang pasti ngerti) kalo onomatopoeia dalam bahasa jepang jumlahnya sangat banyak dan banyak kosakata onomatopoeia dalam bahasa jepang yang ga bisa diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. salah satu contoh nyata yang sering kita denger adalah “shabu-shabu“.

Shabu-shabu merupakan salah satu jenis makanan jepang yang cukup disukai orang2 indo. sebenernya asal kata shabu-shabu itu sendiri diambil dari bunyi ketika kita membolak-balikkan daging mentah dengan sumpit ke dalam air (rebusan). selain itu, onomatopoeia jepang yang sangat terkenal di kalangan anak indo adalah bunyi teriak : kyaa! kalo masih mau tau lagi tentang kosakata2 unik ini bisa diliat di gambar yang gw post (mungkin bisa dikira2 sendiri artinya apaan), atau bisa liat dibawah ini  :

  1. bisho bisho : bunyi ketika kebasahan
  2. jara jara : bunyi mesin pachinko
  3. choki choki : bunyi memotong
  4. giri giri : pas-pasan (waktu, nilai, dll)
  5. kira kira : kelap kelip
  6. pera pera : lancar berbicara (fluent)
  7. zaa zaa : bunyi hujan
  8. jiro jiro : ngeliatin (orang)
  9. bara bara : bertebaran
  10. waku waku : antusias
  11. buru buru : gemetar
  12. uro uro : mondar mandir
  13. kara kara : haus
  14. peko peko : lapar
  15. ira ira : kesel




Ret’s Rearn ENGRISH! Part II

23 10 2009

Ini adalah lanjutan dari Ret’s Rearn ENGRISH yang udah pernah gw post sebelumnya. tapi kali ini, murni hasil jepretan gw dan temen2 gw hehehe. selamat menikmati! hidup ENGRISH!

↓maafkan saya credit card krn saya tdk bisa memakaimu↓ngaco1

↓kalo masih siang, tunggu sampe malem!↓ngaco2

↓*garuk2 pala*, ini lebih susah dari soal TOEFL↓ngaco3

↓i want to go to itary, engrand, and bergium!↓ngaco5

↓abis ngebom, lsg diteliti↓ngaco8

↓fur or harf?↓ngaco9

↓mudah2an nicolas cage ga liat↓ngaco6

↓pertanyaan sulit : siapakah it?↓ngaco10

↓.. krik .. krik ↓ngaco4





Belajar Bahasa Jepang Part I

24 05 2008

Berhubung banyak yang mampir ke blog ini untuk ngeliat post-an gw tentang tulisan jepang, kayaknya gw mau post pelajaran bahasa jepang juga deh mulai skarang. semua materinya gw ambil dari buku “minna no nihongo” , buku paling standard buat di pake blajar bahasa jepang sama anak2 sastra jepang indonesia. tapi kalo yang blom pernah blajar huruf2 jepangnya, coba liat post-an gw yang ini dulu ya : klik

pola kalimat
1. saya adalah joko prakoso.
2. dewi bukan seorang pelajar
.3. apakah aldo seorang pegawai?
4. dody juga seorang pegawai.
contoh kalimat
1. apakah anda ibu siti?
.. iya, saya siti.
2 . rinto, apakah anda seorang pelajar?
.. bukan, saya bukan pelajar.
.. saya adalah pegawai.
3. apakah rafi adalah seorang engineer?
.. bukan. rafi bukan seorang engineer.
.. rafi adalah seorang dokter.
4. orang itu siapa?
.. orang itu adalah guru SMU tarakanita. namanya bapak hendra.
5. shinta umurnya berapa tahun?
.. 8 tahun.
hajimemashite.gif

Bentuk percakapan di atas adalah cara memperkenalkan orang baru ke kerabat kita. cara ini beneran di pake loh, gw udah beberapa kali ngepraktekinnya.

—————————————————————————————

Skarang gw mau ngebahas beberapa point penting dari pola2 kalimat diatas. coba kita lihat contoh kalimat pertama :

Cara membaca kalimat ini adalah : “watashiwa joko purakoso des“. kenapa huruf (ha) dibaca (wa)? dan kenapa (desu) hanya dibaca “des”?

Huruf diatas berfungsi sebagai penanda subjek. jadi kata yang terletak didepan huruf “ha” ini berfungsi sebagai subjek, dimana kata yang terletak didepannya adalah “watashi”. artinya “watashi” disini berfungsi sebagai subjek. pengecualian cara baca “ha” menjadi “wa” hanya berlaku untuk partikel penanda subjek aja.

Sementara kalau kita artikan kedalam bahasa indonesia, mungkin arti yang paling tepat = “adalah”. kalau dari bahasa inggris “desu” berfungsi kayak gini : “i am robert” atau “they are students”. kalau huruf “su” terletak diakhir kalimat, biasanya tidak akan berbunyi “su” melainkan hanya berbunyi “s”.

grammar

vocab





Ret’s Rearn ENGRISH!

12 02 2008

Ada yang tau bahasa engrish? hehehe, di jepang krn banyak banget orang2 yang salah ngucap / tulis bahasa inggris, orang2 yang mother tongue-nya inggris ngeplesetin english jadi engrish (khusus untuk bahasa2 inggris yang salah). di tempat tinggal gw juga ada tuh engrish yang terpampang kokoh di depan WC. pertama2 kali gw masuk ke tempat tinggal gw skarang, gw kaget, kok ada ‘laboratory’ di dalem sini? setelah gw masuk ternyata isinya WC! ternyata mereka mau nulis ‘lavatory’ hahaha. trus ada juga temennya temen gw (org jepang) yang pengen nulis f*ck dengan huruf vocal ‘a’, jadinya fack deh. nah buat ngeliat engrish2 yg bertebaran di jepang, liat aja sendiri foto2nya, ok! oh iya, ini resourcenya gw ambil dari http://www.engrish.com

↓sampe ada skolahnya, hahahah (ini mustinya english)↓
engrish-for-boys-girls.jpg

↓firth, seconth, thirth↓
1th-anniversary.jpg
↓bus babi↓
bus-porking.jpg
↓hii serem↓
azabu-psycho-clinic.jpg
↓yang 2nd lebih murah↓
buy-used-one.jpg
↓recommended↓
cdcover.jpg
↓salon gila↓
cut-throat.jpg
↓i don’t wanna put mine↓
doorcock.jpg
↓17 tahun +↓
erectiondeck.jpg
↓siapa yang mau beli?↓
everyday-high-price.jpg
↓be gentle↓
gentle-door.jpg
↓rolling stones, playboy, elle, etc↓
magazine.jpg
↓takut…↓
mcd-sign.jpg
↓amin…↓
mp3-prayer.jpg
↓buat yang mau eksis↓
push-out-for-exist.jpg
↓bau↓
shitthing.jpg
↓bangunan yg bisa bicara↓
smoked-visitor.jpg
↓jangan merokok-in ruangan↓
smoke-this-room.jpg
↓di sono tuh↓
taxistand.jpg
↓your welcome for your↓
thankyouforyou.jpg
↓legal?↓
tits-cafe.jpg
↓perangkap darurat↓
trap.jpg
↓jangan lupa berdoa↓
travel-good-luck.jpg
↓wanita buangan↓
used-ladies.jpg
↓choose one↓
walter.jpg
↓kami berharap kamu adalah si merry↓
wish-you-are.jpg




Belajar Bahasa Inggris Bersama Geisha

12 02 2008

Silahkan buat yang mau jadi geisha (bukan geisha sih, tapi oiran hehe)





Belajar Tulisan Jepang

26 01 2008

Duh, gw ga ada kerjaan nih di kamar, udah disini sendirian, kamarnya super mini, ga ada springbed (cuma pake futon / kasur ala jepang yang sering nobita pake hehe), ga bisa tidur pula! ya udah biar gw ngantuk, gw nge-post pelajaran bahasa jepang aja deh, kali2 ada yang tertarik.

Buat belajar bahasa jepang, intinya pertama2 kita harus belajar 3 tipe huruf, yaitu hiragana, katakana, dan kanji. banyak orang awam yang sblm belajar bahasa jepang udah ketakutan gara2 huruf2 ini, padahal buat belajar huruf2 ini sama skali ga susah. sebelum gw kasih diagram huruf ini, gw kasih tau dulu perbedaan2nya.

1. Hiragana

Huruf hiragana itu adalah huruf standard jepang (kayak abjad di alphabet lah). jadi biasanya anak2 tk kalau belajar tulisan, mulai dari hiragana dulu. sementara kalau udah sd, udah mulai belajar kanji. oh iya, kalo mau blajar jepang, at least harus bisa baca hiragana. gampang kok, coba2 aja di ulang2, paling dalem sehari juga udah apal.

hira1a1.jpg

Chart hiragana di atas adalah struktur hiragana yang paling dasar. kalo smua hiragana yang ada di chart atas udah apal smua, kita lanjutin ke bawah yok! yang di bawah tinggal tambahan2nya doang kok. perhatiin deh, cuma beda titik dua dan buletan. tapi kalo kita tambahin titik dua atau buletan di sebelah atas tulisan hiragana, bunyinya bakal berubah. kita liat deh bedanya :

hirchart2.jpg

Kalo chart yang di atas udah bisa juga, kita lanjutin ke bagian terakhir. jadi kita bisa ngegabungin huruf hiragana dengan huruf hiragana yang kecil. nih kita liat bunyi2nya :

ok.jpg

Skarang coba deh baca kalimat di bawah ini, pelan2 aja :

contohhir.gif

Kalo kita liat contoh nomor 1, knapa huruf “ha” bacanya jadi “wa”? huruf “ha” disitu fungsinya hanya sebagai penanda subjek, dimana subjeknya kan “saya” / “watashi”. jadi kalo kita nulis “ha” yang berfungsi sebagai penanda subjek doang, bacanya menjadi “wa”. oh iya, ini ada web utk belajar cara nulis hiragana yang bener : klik disini

2.Katakana

Huruf katakana adalah huruf yang digunain buat nulis kata2 serapan. berhubung abjad standard jepang ga bisa mencakup seluruh pronounciation dari bahasa lain (kayak misalnya huruf V, huruf W, dll), orang jepang membuat beberapa huruf2 khusus untuk melafalkan bunyi2 yang ga ada di bahasa standard jepang. jadi untuk penulisan nama orang2 asing (kayak kita2 gini), harus make huruf katakana.

kana1a.jpg

Sama kayak hiragana, ada 5 huruf dalam katakana yang bisa berubah kalo ditambahin titik dua atau buletan :

kana2.jpg

Karena di bahasa jepang ga ada pelafalan huruf “v”, bunyi “wi” dan beberapa bunyi lain, untuk men-jepang-kan bahasa asing yang mengandung bunyi2 tsb ada beberapa tambahan kombinasi huruf di katakana:

contohkat1.gif

3. Kanji

Kanji itu sbenernya aksara yang pertama kali dibuat oleh cina (tapi skarang korea lagi ngotot, katanya korea yang nemuin hehe), dan menurut sejarah jaman dulu banget, ada utusan dari jepang yang dateng ke cina untuk mempelajari huruf2 ini. sampe akhirnya berlakulah sistem penulisan kanji juga di jepang. kanji cina dan jepang sama persis, ga ada bedanya. cuma di cina sendiri (kecuali taiwan), kanji yang di pake skarang ini adalah kanji yang udah di modifikasi menjadi lebih mudah. sementara di jepang masih kanji dengan versi original.

Cara membaca kanji sendiri dibagi menjadi 2 jenis : kunyomi dan onyomi. kunyomi adalah cara membaca versi jepang, sementara onyomi adalah cara membaca versi cina. kunyomi biasanya dipake untuk nulis kata2 kerja (kebanyakan sih kata kerja, tapi ada kasus2 lain juga), sementara onyomi untuk kata2 gabungan. dulu gw sempet bingung, katanya onyomi adalah cara membaca kanji versi cina, tapi kok bunyinya bener2 beda ya ama kanji bahasa cina? tapi setelah gw tanya2 sama orang2 cina daratan, banyak sih bunyi kanji mereka sama kanji jepang yang “rada” mirip kalo dibaca dengan onyomi, walaupun sbenernya beda cara bacanya (mungkin krn orang jepang ga bisa ngebaca dengan logat cina, makanya akhirnya logat cina-nya pun dijadiin logat jepang hehehe).

taberu.gif Kanji disebelah kiri ini cara bacanya “Taberu” yang artinya adalah makan. ini adalah salah satu contoh cara pembacaan kanji dengan kunyomi atau cara baca versi jepang. jadi biasanya kalo pembacaan dengan kunyomi, selain kanji, ada kombinasi dari hiragana juga.

nomu.gif Nah skarang gw kasih contoh ke dua. kanji disebelah kiri ini adalah kanji dengan cara baca kunyomi (ada hiragananya lagi kan disebelah kanannya), bunyinya “Nomu” yang artinya minum. selain ada kanji disebelah kanannya, di atas kanji-nya sendiri ada hiragana kan? nah itu disebut furigana. furigana sbenernya ga usah di tulis juga gpp, tapi untuk ngebantu anak kecil atau orang2 asing supaya gampang baca kanji, kadang2 suka ditambahin di atas kanji itu sendiri sbg penuntun.

inshoku.gif Ok, skarang sebagai contoh cara baca onyomi / versi cina, kita liat gambar di kiri deh. cara bacanya “inshoku” yang artinya makan dan minum. jadi biasanya kalo ada kanji gabungan kayak gini, cara membacanya dengan onyomi (versi cina), walaupun banyak juga sih kasus2 yang harus dibaca dengan kunyomi. jadi dari contoh yang gw kasih tadi bisa keliatan kan kalo 1 buah kanji itu ada macem2 cara bacanya. misalnya kanji makan, kalo dibaca dengan kunyomi bunyinya “Taberu”, tapi kalo dibaca dengan onyomi bunyinya “shoku”. kanji minum juga kayak gitu, kalo dengan kunyomi bacanya “Nomu”, tapi kalo dengan onyomi bacanya “in”.

Jujur sih kalo buat blajar kanji emang harus niat. kalo cuma pengen skedar bisa ngomong bahasa sehari2 aja sih, ga penting2 banget menurut gw. asal bisa hiragana, katakana, dan kanji2 dasar aja udah cukup kok. kalau udah bisa baca, coba belajar grammar yok!

>> Belajar Tulisan Jepang PART II