Demam Piala Dunia di Negara yang Jarang Demam

3 07 2010

Yeah, akhirnya gw kembali ngeblog untuk membahas sebuah peristiwa yang bisa dibilang cukup langka di jepang, yaitu demam piala dunia. kenapa gw sebut langka? karena emang negara jepang ini termasuk salah satu negara yang agak susah tertular demam international event. beda sama indonesia yang sangat gampang tertular demam dari event-event yang lagi populer di dunia. tulisan kali ini gw kutip dan kembangin dari sumbangan beberapa temen2 gw : linardi, edwin dan markus sebagai pengamat bola sejati..maksudnya sepak bola ya, bukan bola laen yang sempet ‘hot‘ di indonesia akhir2 ini. oh iya sekedar info nih, biasanya jepang hanya ikut2an demam pada saat timnas jepang ikutan dalam sebuah event, jadi istilahnya kalo ga ada timnasnya, liga-liga dunia laennya ga akan menjadi ‘hot topic‘ di jepang, beda sama indonesia.

Pada awalnya banyak banget yang pesimis dengan langkah timnas jepang pada world cup 2010. faktor penyebab pesimistis ini adalah kekalahan jepang pada pertandingan babak2 awal world cup, yang paling mencolok kalah lawan tim serbia B 3-0. selain itu, dalam setahun terakhir jepang juga selalu kalah ketika melawan rival abadinya (korsel). demam pesimis ini ternyata banyak menular juga ke orang jepang. terbukti dengan terlihatnya banyak orang jepang yang justru mendukung negara-negara lain pada world cup kali ini.

Demam pendukung jepang baru mulai timbul ketika jepang memenangkan pertandingan melawan kamerun. okada takeshi, sang pelatih timnas jepangpun menjadi sangat pede dengan menargetkan langkah timnas jepang akan sampai hingga babak semifinal. tapi terbukti dengan kemenangan jepang melawan kamerun, banyak orang jepang yang tadinya bt dan pesimis banget sama okada, justru menjadi menyanjung dan mendukung dia habis-habisan. kalau ada yang punya twitter, cek #okachan_sorry deh. #okachan_sorry adalah hashtag yang ditujukan untuk okada takeshi, dan mayoritas isinya adalah permintaan maaf orang-orang jepang karena telah meremehkan si pelatih timnas jepang ini.

Salah satu faktor paling unik yang bisa kita liat di tv jepang akhir-akhir ini adalah menjamurnya cuplikan2, pembahasan, tayangan ulang, ataupun tayangan live dari pertandingan world cup. padahal biasanya, boro-boro mereka nayangin pertandingan live ataupun cuplikan2 pertandingan kayak beginian. isi tv jepang mayoritas cuma acara lawak, masak2, kuis dll zz. banyak tv yang juga menyiarkan profil dari para negara yang akan menantang jepang pada pertandingan2 berikutnya, yang dikupas secara tajam setajam silet!

Acara nonton barengpun ternyata menjamur di jepang. padahal (lagi2) biasanya boro-boro ada acara nonton bareng kayak beginian! serius deh .. acara nonton bareng biasanya diselenggarakan di cafe, stadion, bahkan sampe tempat pachinko! well, tapi kalo di pachinko lebih tepatnya disediakan mini tv disebelah mesinnya, jadi kita bisa nonton bola sambil maen pachinko (foto diatas). nakatanet cafe, cafe milik hidetoshi nakata, menjadi salah satu tempat favorit utk menonton siaran world cup (bahkan tiket utk partai non jepang pun sampai sold out!).

Aksi mendukung timnas jepang habis2an bukan hanya ditunjukkan dari perseorangan, tapi juga dari toko2 yang ada. banyak toko-toko yang memberlakukan karyawannya untuk memakai seragam biru timnas jepang untuk menunjukkan dukungannya. yang lucunya, ternyata demam piala dunia di jepang ga hanya menguntungkan negara jepang doang, tapi menguntungkan bagi semua negara yang masuk di dalamnya. menurut info yang gw dapet dari temen gw, di kantin tokyo daigaku (tokyo university), bahkan sampai dibuat menu khusus piala dunia. makanan2nya adalah makanan2 dari negara2 yang ikut serta dalam world cup kali ini. selain menular ke toko2, ternyata ada juga politikus yang tertular. salah satunya adalah yamaguchi yang mengkritik rencana pemerintah menaikkan pajak dengan mengacungkan kartu merah! wakakaka.

Gw pribadi juga ga nyangka kalo langkah jepang cukup gemilang dalam world cup kali ini. apalagi waktu jepang lagi ngelawan belanda, keliatan banget kalo mereka lagi on fire. tendangan free kick dari honda dan endo pada pertandingan melawan denmark juga cukup mengagetkan gw, karena jarang2 bisa ngeliat tendangan free kick yang menghasilkan goal dengan bola jabulani haha. tapi sayangnya, waktu ngelawan paraguay, jepang justru lagi loyo2nya dan harus kalah penalty karena tendangan tiangnya KOMANO!!! -> masih kesel. well anyway, pada bela apa nih di world cup yang penuh kejutan kali ini?





Yokohama 150th Anniversary

29 10 2009

Dari akhir april sampe september kota yokohama memperingati ultahnya yg ke 150 tahun. dari awal2 event ini di gelar, gw udah tertarik banget mau dateng kesini, tapi setelah tau harga tiketnya 2400 yen (240 ribu rupiah), gw masih agak mikir2, takutnya ga worth it. sampai akhirnya pada detik2 akhir event ini, temen gw yang kerja di nissan ngasih tau kalo perusahaannya ngejual tiket ini seharga 1000 yen doang. jadilah gw tanpa mikir panjang lsg beli tiketnya.

yokham2

Yokohama punya sebuah maskot yang muka dan bentuknya bego. jadi gw selalu manggil dia si bego. sampe akhirnya gw baru tau kalo namanya adalah tanemaru. di event ini, boneka dan logo dari tanemaru bertebaran di mana2. btw gw juga sempet foto sama orang2 yang cosplay dgn kostum ala tanemaru haha, mereka semua terlihat bodoh. event ini diadain di beberapa tempat yang tersebar di yokohama. jadi misalnya totalnya ada 10 event, nah eventnya itu diadainnya di 10 tempat berbeda (masih di dalam yokohama juga). tapi tenang, kita bisa jalan kaki kok dari satu tempat ke tempat lainnya (siap2 betis varises ya, krn butuh 10-20 menit utk jalan dari 1 tempat ke tempat lainnya). krn waktu itu ujan, gw cuma sempet ke 4 tempat, yaitu Y150 hajimarinomori, nissan Y150 dream front, Y150 tomorrow park, dan yokohama monogatari.

yokham1

Y150 hajimarinomori adalah spot yg paling gw incer, krn di dalem sini ada sebuah robot laba-laba raksasa yang iklannya ada di mana2 dan kayaknya ga ada orang jepang yang ga tau ttg keberadaan si robot laba2 raksasa di event ini. jadilah gw masuk ke arena itu dan ngambil beberapa foto si laba2. robotnya emang gede dan bisa bergerak + nyemprot2 air sih, tapi ya udah gitu doang. emang keren sih robotnya, tapi kayak useless gitu, buat apa fungsinya coba? mungkin bisa ngebantu2 utk nyirem taneman. gw cuma ngabisin stengah jam-an di arena ini.

yokham4

Di dalem arena Y150 tomorrow park kita bisa ngeliat live show dari beberapa atraksi (musical : dance,etc). tapi sayangnya pas gw sampe sana, gw masih harus nunggu 1 jam-an, akhirnya kita cabut deh dari arena itu dan lsg lanjut ke arena berikutnya.

Yokohama monogatari menampilkan sejarah2 dari yokohama. cara penyampean sejarahnya dengan membuat cerita disertai patung2 yang terbuat dari (kayaknya) kayu. cukup menarik sih, tapi gw terlalu males utk menyimak sejarahnya dan lebih sibuk utk foto2 patung2 itu. ada juga sejarah yang ditampilin dengan memakai patung2 yang bisa ngeluarin suara.

yokham5

yokham6

yokham7

Nissan Y150 dream front merupakan satu2nya tempat yg membuat gw cukup happy. krn disini nissan memperkenalkan project future car mereka. nama mobil yg akan dirilis entah kapan ini adalah PIVO 2. bentuk mobil ini lucu banget, kayak maenan. tapi begitu tau fungsinya, rasanya era diciptakannya doraemon sudah akan dimulai. mobil ini bisa menyetir secara otomatis, jadi kita tinggal set GPS tujuan kita, trus sisanya tinggal kita serahkan ke si mobil smartass ini. mobil ini selain memiliki GPS juga punya sensor kendaraan dan orang. jadi misalnya tiba2 ada nenek2 yg muncul sambil lari2 di zebra cross (mungkin gak ya si nenek lari?), PIVO 2 akan otomatis ngerem. selain itu mobil ini juga ramah lingkungan krn ga make bensin sebagai bahan bakarnya. mobil ini memakai sistem batre. jadi ada pom bensin khusus batre yang nantinya akan diciptakan juga. trus di aspal jalanannya sendiri, ada beberapa sistem komputer yang bisa ngecek kondisi batre kita (masih full atau udah kosong). ngedenger deskripsi mereka ttg project masa depan ini bener2 ngebuat gw excited.

yokham3

Overall event 150 tahun yokohama menurut gw adalah sebuah event yang sangat gagal! bener2 mengecewakan, untung gw ga beli tiket seharga 2400 yen hahaha. dan menurut review dari para tamu yang datengpun, mereka kecewa dan ga suka dgn event ini. jadilah mnurut sebuah sumber yg gw baca target pengunjung yg datang bahkan ga sampe 50% dari target yg mereka buat. tapi gw cukup seneng kok, krn ini kan termasuk event sekali seumur hidup hehe.





Gundam Stamp Rally

1 09 2009

Sebulan yang lalu gw iseng2 ikutan gundam stamp rally. gundam stamp rally adalah salah satu program khusus yang diadakan dalam rangka ulang tahun gundam (selain patung real-size gundam yang udah gw bahas disini). yang dimaksud dengan stamp rally adalah kita harus mengumpulkan cap yang lokasinya disebar di beberapa tempat. titik awal pengambilan formulir pengumpulan cap yang sekaligus menjadi tempat pengecapan pertama adalah stasiun kamiigusa.

kamiigusa5

Di depan stasiun kamiigusa terdapat sebuah patung gundam yang terbuat dari perunggu, tapi sayangnya patung gundam ini ga terlalu dikenal banyak orang (mungkin karena kamiigusa termasuk daerah terpencil). alesan dibuatnya patung ini disini adalah karena studio awal gundam berada disini (bayangin tuh, di daerah terpencil!). selain patung gundam, di daerah sekitar kamiigusa banyak banget toko2 yang memakai gambar gundam pada rolling door mereka.

kamiigusa2

kamiigusa

kamiigusa4

kamiigusa3

Setelah kita mendapatkan cap pertama, kita harus berjalan sekitar 2 menit menuju sebuah cafe yang bernama aoyagi. tempat pengecapan kedua ada di dalem cafe ini. jadi gw maen nyelonong masuk aja ke cafe sambil bilang gini ke pelayannya : “permisi, saya cuma mau ngecap form saya”, hehehe.

kamiigusa6

kamiigusa8

Setelah cap kedua dapet, misi selanjutnya adalah (lagi2) sebuah cafe yang bernama genro. lokasi cafe ini juga ga jauh2 amat dari aoyagi (sekitar 5 menit jalan kaki). tapi ternyata cafe-nya tutup! gw udah kesel aja gara2 udah capek2 ke daerah terpencil ini ternyata salah satu tempat pengecapannya tutup. akhirnya gw muter2 ngelilingin cafe itu, berharap tempat cap-nya di taro di luar. ternyata setelah gw teliti, ada tulisan gini di depan cafe itu : “maaf hari ini kami tutup, bagi peserta stamp rally bisa mendapatkan cap-nya di salon yang ada diseberang cafe ini”. akhirnya langsung deh gw masuk ke salon itu dan disambut sama mbak2 jepang yang udah ge-er (dikirain gw mau potong rambut).

kamiigusa7

kamiigusa9

Setelah cap ke 3, tempat cap ke 4 ada di lapangan rugby universitas waseda. kali ini kita harus jalan kaki selama 10 menit. tapi tempat cap-nya digeletakin gitu aja di halaman universitasnya, jadi kita ga perlu minta ijin segala hehehe.

kamiigusa10

kamiigusa11

Nah yang jadi masalah adalah tempat pengecapan terakhir. lokasinya ada di suginami anime museum, dan kita perlu naik kereta selama 40 menit dari stasiun kamiigusa. tapi berhubung gw blom pernah ke museum itu, jadilah gw jabanin utk dateng kesana (untung utk masuk ke museum itu ga perlu bayar apa2, alias gratis!).

kamiigusa12

Begitu gw masuk ke museum itu, gw langsung ngomong : “saya mau minta cap terakhir dari stamp rally”, dan si mbak2nya langsung nyodorin cap-nya plus sebuah postcard bergambar patung gundam di kamiigusa itu. yah lumayan lah walaupun postcardnya pasti ga akan gw pake hehe. gw akan bahas secara detail tentang suginami anime museum dipostingan gw berikutnya ya.

kamiigusa13

Nah setelah dapet cap terakhir, gw bingung, kok masih ada 1 tempat kosong yang harus di cap. akhirnya gw pastiin lagi ke mbak2 di museum itu : “mbak, ini cap terakhirnya dimana dapetinnya?”. trus dia bilang : “oh, ini kamu harus balik lagi ke aoyagi cafe. nanti mereka akan kasih cap terakhir berikut hadiahnya”. setelah denger pernyataan si mbak itu, akhirnya gw memutuskan utk menghentikan stamp rally gw. males banget harus balik ke tempat terpencil itu, mana jauh lagi. trus ditambah lagi, gw udah tau apa hadiahnya (udah nge-search di internet hehe). hadiahnya cuma sebuah folder bergambar (lagi2) patung gundam di kamiigusa. jadi kayaknya ga worth it kalo gw harus balik + bayar kereta demi ngedapetin folder itu hahaha. jadi intinya stamp rally gw cuma komplit 90%, yeah!





Kyarahobi 2009 (Pameran Figure / Mainan)

30 08 2009

Dari tanggal 29-30 agustus 2009, kyarahobi atau pameran action figure & hobby terbesar di jepang digelar di makuhari messe! sebenernya tadinya gw ga terlalu tertarik dateng kesini, tapi entah knapa akhirnya gw dateng juga. harga tiket masuknya 1300 yen.

Figure yang ditampilkan cukup beragam, walaupun sayangnya pameran ini cuma digelar dalam 3 hall (biasanya kalau event besar bisa sampe 8 hall). jadi untuk ukuran pameran, menurut gw kyarahobi ga terlalu besar.

Di event ini juga banyak banget action figure yang belum dirilis yang dipamerkan. tapi sayangnya kita ga boleh foto barang2 yang belum dirilis. oh iya, gw juga cukup banyak dapet foto para cosplayer di event ini. untuk lebih jelasnya, mendingan kita liat foto-fotonya aja ya!

kyara3

kyara6

kyara11

kyara14

kyara12

kyara10

kyara8

kyara4

kyara5

kyara7

kyara15

kyara14

kyara16

kyara18

kyara19

kyara24

kyara22

kyara20

kyara23

kyara21

kyara17





Gundam Datang ke Kehidupan Nyata!

14 07 2009

Gundam adalah salah satu cartoon jepang yang dampaknya sangat berpengaruh ke kebudayaan jepang (selain gundam, ada doraemon, dragonball, dll). banyak orang2 non-jepang yang tiba2 menjadi jatuh cinta dengan negara ini hanya karena tertarik dengan gundam! seandainya gatot kaca bisa dicintai penduduk dunia, pasti banyak deh bule2 yang bela2in ke indonesia hanya untuk membeli merchandise official store-nya.

Untuk memperingati 30 tahun gundam (gundam pertama kali ditayangin pada tahun 1979), bandai entertainment membuat sebuah gundam tipe RX-78-2 setinggi 18 meter (ukuran asli, sesuai dengan filmnya) di odaiba! dan patung setinggi 18 meter ini hanya akan dipamerkan selama 2 bulan. jadi bagi yang bulan juli atau agustus berniat untuk liburan ke jepang, jangan lupa mampir ke odaiba untuk liat patung gundam seukuran asli yang baru pertama kalinya dibuat dan dipamerkan di dunia. gundam ini didirikan ditengah lapangan kosong, yang sayangnya ga full rumput! jadi kalau hujan, tanah2nya bakal ngotorin sepatu kita.

12

Pertama kali gw mampir kesini sewaktu patung gundam ini belum diresmikan, jadi orang2 yang dateng pun masih sepi (krn banyak orang jepang sendiri yang blom tau kalau ada patung gundam di odaiba). jadi kita bisa bebas2 foto sesuka hati dari berbagai sudut. tapi sayangnya, kita blom bisa menyentuh gundamnya, krn masih dipagerin.

Pas gw dateng untuk kedua kalinya, pemandangannya langsung berubah total, banyak banget orang memadati lapangan kosong ini. serasa lagi nonton pensi (pentas seni) anak2 SMA hehehe. setelah patung gundam ini diresmikan, kita bisa memegang kaki si gundam. well, pengennya sih megang kepalanya, tapi tinggi badan gw ga nyampe 18 meter. untuk menyentuh kaki gundam, kita perlu mengantri sekitar 15 menit, krn banyak banget orang2 yang mau megang kakinya. dan kita hanya diberi waktu sekitar 2-3 menit untuk megang kaki + foto2 dibawah si gundam ini. disini kita juga bisa membeli figure RX-78-2 edisi 30 tahun gundam (special edition) seharga 1500 yen. gw sempet kepikiran untuk ngeborong figure ini dan ngejual lagi di ebay, pasti bisa gw naekin harganya sampe 10x lipet deh hehehe.

11

Oh iya, setiap 1 jam sekali, badan gundam akan mengeluarkan lampu dan asap disertai dengan background lagu yang merupakan theme song gundam, dan kepala robot gundam ini akan bergerak menengok ke arah kiri dan kanan. gw bener2 salut sama jepang, krn bisa2nya mereka mewujudkan tokoh khayalan ini ke dunia nyata dengan ukuran asli serta bentuk dan warna yang sesuai juga dengan apa yang ada di filmnya. kapan ya kantong ajaibnya doraemon diwujudkan ke dunia nyata?