Ayo Promosiin Indonesia!

27 03 2013

kepada blog yang sudah saya tinggal hampir lebih dari 1 tahun, maafkan saya..
kepada pembaca yang masih terus2an kirim comment, terima kasih banyak..
kepada foto profil saya yang sudah 5 tahun ga pernah diganti, saya merasa tua..
kepada orang yg menanyakan keberadaan saya dimana (kayak ada aja!), saya di jakarta..

Saat ini gw lagi sibuk2nya membuat sebuah portal pariwisata Indonesia, yaitu describeindonesia.com. kayaknya udah saatnya gw mengangkat tema Indonesia untuk orang asing, bukan tema jepang untuk orang indonesia terus hehehe..tolong untuk yang liat tulisan ini, untuk bantu menyebarkan informasi alamat portal describeindonesia.com ya!

Jadi gini konsepnya..semua member bisa mengirimkan artikel ataupun foto yang berhubungan dengan indonesia. describeindonesia.com ini kayak jadi wadah untuk semua orang indo yang mau promosiin indo. kan selama ini bingung tuh, pengen banget promosi tapi ga nemu2 caranya.

Oh iya, portal pariwisata-nya sengaja ga gw kasih warna merah-putih, karena kayaknya warna yg bisa menggambarkan indonesia lebih dari sekedar 2 warna aja ya, kalau bendera baru merah putih. jadi buat yang merah putih minded, jangan marah ya..

So, tolong bantu sebarkan alamat URL-nya ya, dan jangan lupa bagi blogger yang suka menulis tentang pariwisata (terutama lokal), kirimkan artikel ke describeindonesia.com dengan cara:

1. daftar jadi member dulu
2. klik deh tuh link “add article”
3. setelah dikirim bakal gw dan tim review, kalo bagus akan gw publish di portal
4. setelah dipublish dalam bahasa indo, akan gw translate juga ke bahasa inggris, supaya bule2 pada ngerti

Thanks guys!!!

describe logo
Describe Indonesia - Screen Shot

Advertisements




Fun Fact Tentang Jepang (XVIII)

25 05 2012

171. ada kosa kata ‘meninggal karena terlalu banyak bekerja’, yaitu ‘karoshi’. dimana kosa kata ini tidak bisa kita temukan dalam bahasa asing lainnya.

172. bahasa jepangnya india adalah ‘indo’ dan mereka menggunakan kata ‘nesia’ untuk menyingkat nama ‘indonesia’.

173. jepang memiliki seekor binatang legenda yang dipercaya keberadaannya, yaitu ‘tsuchinoko’. tidak ada satu orangpun yang mampu memberikan bukti keberadaan binatang ini. untuk itu pemerintah jepang bersedia memberikan imbalan sebesar 1 juta yen kepada mereka yang berhasil menemukan binatang ini.

174. orang jepang sangat suka dengan massage (pijat) indonesia. selain karena cara memijatnya berbeda, harganya juga jauh lebih murah daripada harga pijat di jepang. itulah alasan kenapa orang jepang identik dengan ‘pijat’ di indonesia. dan sekedar info, tidak semua orang jepang pergi pijat ke tempat yang memberikan ‘service’ tambahan.

175. gaya standard orang jepang kalo lagi berendem (biasanya kakek2) : handuk kecil ditaro di atas kepala. bagi mereka enak, bagi yang ngeliat ga enak.

176. ibu hamil di jepang akan menerima bros (badge) khusus ibu hamil yang biasanya dipakai di baju ataupun di tas kemanapun si ibu hamil pergi. tujuannya adalah utk memberitahu orang2 lain bahwa si empunya bros sedang hamil, jadi layak utk mendapatkan priority seat (di kereta), serta layak mendapatkan bantuan kalo lagi bawa barang2 berat. intinya dapet prioritas dari orang lain lah.

177. orang jepang ngeliat orang asing sama seperti orang indonesia ngeliat orang bule. akhirnya gw ngerti rasanya jadi bule di indo yang kerjaannya diliatin sama orang sekitar mulu, ga enak ternyata zz.

178. di mayoritas lift (elevator) pada gedung besar ataupun department store, ada 1 orang yang bertugas khusus untuk mengantar tamu ke lantai yang mereka mau. petugas lift ini (biasanya cewek) bertindak dan berbicara sangat sopan, walaupun job titlenya ga keren ya : wanita penjaga lift.

179. buat para penggemar elvis : ada sebuah patung elvis presley di harajuku, tepatnya di depan toko love me tender. namun toko ini tutup pada tahun 2009, patung ini kemudian dipindahkan ke  kobe atas kemauan para fans elvis, mengingat kobe dijuluki sebagai kota jazz. junichiro koizumi, mantan perdana menteri jepang, merupakan salah seorang fans serta donatur dalam pembuatan patung presley pada tahun 1987.

180. dibawah tempat duduk penumpang kereta, terdapat penghangat. jadi kalau musim dingin, setidaknya kaki kita tetep hangat. saking enaknya, kadang2 ada orang yang cuma mau numpang ngangetin badan di kereta sampai ketiduran, bahkan sampe ngiler netes dibajunya -> pengalaman buruk ngeliat pemandangan ini.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XVII)=<<<<|


*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*




Panti Pijat Korek Kuping

21 05 2012

artikel kiriman : Linardi Kurniawan

Sebenernya cerita zaman jadul sih, tapi di Nagoya ini gw pernah dibagiin tissue yang didalem bungkusannya ada lembaran promosi dengan tulisan: panti korek kuping (耳かき店). well, karena penasaran, gw coba cari2 tau tentang mereka, berikut adalah price listnya mereka:

terjemahan:

30 menit = 2700 yen Ekstensi (30 menit) = 2700 yen
1 jam = 4800 yen Biaya pilih orang (30 menit) = 500 yen

WHAT ! ngapain juga orang korek kuping selama 30 menit sampe 1 jam? Mahal pula!!! sebanyak itukah t*kai kuping orang jepang ? dan ada option dimana kita bisa pilih orang ? apa ada pilihan dari pengorek kuping amatir dan veteran kah?

Eh, ternyata, selidik punya selidik, ternyata korek kupingnya itu dilakuin di pangkuan seorang cewe yang pake yukata (baju mandi jepang). dan ga cuma korek kuping, mereka juga menyediakan service pijit juga. biaya 500 yen di atas itu di-charge untuk pemilihan cewe yang pahanya bakal dipake buat bantal.

krik2… Krik2…

Well, patut diacungin jempol atas kekreatifan mereka sih, dan ternyata toko tersebut ternyata udah berumur 5 tahun ! Wow !!!  jadi kebayang panti2 pijet di indo di mana mba2nya pada pake kemben dan tambahin servis korek kuping, ada yang mau ga ya…

**bagi yang mau kirim cerita / artikel, bisa via email : rendyharahap@gmail.com**





Dibuang Sayang Part II

14 05 2012

Kita ketemu lagi dalam seri dibuang sayang! kali ini, bukan hanya seputar kesalahan bahasa jepang atau berhubungan dengan jepang aja, tapi lebih kearah pengalaman-pengalaman gw pribadi yang menurut gw cukup unik dan bodoh untuk di share. bagi yang blm pernah liat seri pertamanya, klik disini.

ketika seorang temen jepang bertanya tentang musik western.
temen : rendy san, kasih gw referensi lagu2 western yang keren2 dong.  pengetahuan gw minim banget nih tentang musik western.
gw : emangnya band/penyanyi western yang lo tau dan menurut lo keren itu siapa?
temen : kalau musik western sih .. jujur, gw cuma tau 1 band, dan menurut gw keren.
gw : hah? cuma 1? band apa emangnya?
temen : aqua
gw : ….


ketika sedang berbincang2 dengan temen2 asing.
orang amrik : musik jenis apa yang lo suka ren?
gw : lebih cenderung ke musik2 black jadul atau crooner2 gitu (dasar jadul!).
orang amrik : oh emang keren2 tuh musik soul jadul. kalo lo berdua?
orang jepang : gw suka rock, dari american rock sampe j-rock (bukan band indo itu loh haha).
orang china : sebenernya gw ga ngerti beda dari tiap genre musik. tapi mungkin kalo disuruh pilih, yang gw paling suka kayaknya rock!
orang amrik : wah sama dong kita! band rock favorit lo siapa emangnya?
orang china : aduh .. itu loh .. yang berlima itu ..
kita : ?? (dengan penasaran)
orang china : oh!! backstreet boys!
kita : (bubar)

ketika sedang memesan minuman di sebuah bar korea.
gw : eh kayaknya mageoli (baca : MAK-kori = sejenis minuman korea) enak nih..
temen : lo mau pesen ren?
gw : boleh .. berdua deh tapi kita.
temen : permisi mbak.
mbak2 : iya, ada yang bisa dibantu?
temen indo : saya mau pesen MOK-kori (arti : ‘anu’ yg berdiri/ereksi)
mbak2 : …


ketika sedang berkenalan dengan orang kantor di jepang.
gw : perkenalkan, nama saya rendy. senang berkenalan dengan anda.
orang jepang : saya yanagibashi, senang berkenalan juga dengan anda.
gw : maaf .. bisa diulang namanya?
orang jepang : ya-na-gi-ba-shi..
gw : … susah bener, tapi paling nanti juga hafal
———————————————————————————————————————–
** beberapa jam kemudian ga sengaja ketemu di kantin **
gw : yagibanashi! yagibanashi san! (yagi=kambing, banashi=story)
orang jepang : …

ketika sedang ngobrol dengan bos yang sedang mabok di dalam kereta.
temen : rendy san, kalau bicara dengan nakayama san yang sopan ya .. soalnya dia GM yang rada galak. kamu ngerti tata krama jepang kan? -> (was was)
gw : iya ngerti kok ..
nakayama : kamu sering jalan2 ke daerah sini ga rendy?
gw : sering pak .. saya paling suka minami machida.
nakayama : kebetulan sekali! rumah saya di daerah sana! kenapa kamu suka minami machida?
gw : disana banyak anjing yang pake baju ..
temen : (mulai memicingkan mata)
nakayama : bener juga ya .. kenapa mereka ga bugil ya?
gw : mungkin karena majikannya juga pake baju pak.
nakayama : iya juga ya .. berarti kalo anjingnya bugil, majikannya musti bugil juga! was wes wos ..  -> terus2an ngomong topik ini dengan antusias

*penumpang kereta mulai memandang aneh ke arah kita .. temen gw pun menjauh perlahan2*





Foto Janggal

2 12 2010

Buku yang secara tidak sengaja gw temuin di section buku pelajaran bahasa indonesia di kinokuniya shinjuku. cukup susah payah untuk mengambil foto halaman ini, karena kalo ketauan rasanya cukup berasa aneh dan bodoh. ini adalah salah satu buku belajar bahasa indonesia terbodoh yang pernah gw temui. ditambah lagi tokoh utamanya adalah dua ekor kelinci bodoh. selamat belajar para pembaca! sekali baca dijamin pintar.





Fun Fact Tentang Jepang (XVII)

24 11 2010

161. rokok di jepang harganya naik menjadi 400 yen-an (sebelumnya 300 yen an) semenjak bulan oct 2010.

162. ada ramen (mie) yang dimakan dingin-dingin disini (biasanya yang namanya mie kan pasti dimakan panas-panas), namanya adalah ‘reimen’.

163. kita bisa nanya apapun yg berhubungan dengan tempat pada polisi. contohnya : nanya tempat karaoke terdekat, nanya tempat pachinko terdekat dll. sayangnya mereka ga bisa bahasa inggris!

164. banyak orang asing yang berpikir bahwa orang jepang harga dirinya tinggi banget, makanya mereka ga sudi pake bahasa inggris. padahal faktanya mereka mau banget bisa bahasa inggris, tapi banyak yang ga mampu menguasainya.

165. internet di jepang super cepet! bisa download 1 file mp3 dalam waktu hanya 5 detik. kecepatan downloadnya bisa mencapai 5 Mb/s bahkan lebih!

166. jepang adalah satu-satunya negara yang pernah gw kunjungi dimana banyak penduduknya yang tidak tertarik dengan sepak bola. bahkan banyak yang ga tertarik menonton pertandingan yang disiarin di tv.

167. burger king di jepang pernah mengadakan promosi dengan memberlakukan ‘all you can eat’ dalam 30 menit. jadi kita bisa pesen 1 paket burger, terus kalo burgernya habis, kita tinggal nunjukkin bungkus burger kita dan akan diganti dengan burger yang baru (tapi jenis burgernya ga boleh berubah).

168. karena uang koin disini cukup berguna (terutama 100 dan 500 yen), kita pasti memegang banyak yen dalam bentuk koin. karena itu dompet koin (yg biasa dipake nenek2 di indo) biasanya digunakan oleh anak2 muda cowok sekalipun.

169. roti yang paling digemari di jepang adalah meron pan (roti melon) dan roti kare.

170. orang jepang kalo berendem (di bathtub) tidak memakai sabun busa, jadi isinya hanya air doang.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XVI)=<<<<|


*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*





Fun Fact Tentang Jepang (XVI)

3 07 2010

151. ada beberapa supporter jepang yang nekat bugil ketika menyaksikan timnas jepang menang pada beberapa pertandingan world cup 2010.

152. banyak payung yang menjadi korban kalo lagi badai (hujan ditambah angin kenceng). termasuk 5 buah payung gw. RIP payung.

153. indomie bisa didapat pada beberapa supermarket lokal dengan harga sekitar 100 yen perbungkus (10 ribu perak).

154. hari raya natal serta hari raya untuk agama lainnya tidak dijadikan hari libur di jepang.

155. ada puding t*t* yang sangat fenomenal untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dari jepang. puding ini bisa kita temukan di banyak tempat, salah satunya asakusa. yang lebih lucunya, puding t*t* ini ada 4 jenis, puding t*t* jenis tokyo, yokohama, osaka, dan satu lagi gw lupa daerah mana (gw ga ngerti beda bentuknya! haha).

156. banyak anak kecil (usia 6 tahun – belasan tahun) yang sudah dijadikan sebagai model untuk foto-foto seksi (dpt restu dari bokap nyokapnya pula). setau gw, akihabara menjadi pusatnya utk di daerah tokyo.

157. tempat yang bernama “muryou annaijo” atau kalo diterjemahkan menjadi “pusat informasi gratis”, adalah tempat untuk mencari tahu tentang informasi2 dunia “mesum”. hati2 ya, jangan salah masuk. banyak yang mikir ini adalah information center untuk pariwisata, ternyata justru untuk “pariwisata” malam. tempat seperti ini bisa kita temui di banyak tempat!

158. kata “kimochi” artinya adalah “perasaan”, “mood” ataupun “sensasi”. ini bukan kata ‘jorok’! jadi jangan salah kaprah menanggapi kata ini adalah kata ‘jorok’. kita bisa memakai kata ini pada saat kita merasa nyaman (misal : pas udara lagi sejuk, dll).

159. banyak orang jepang dewasa yang tidak lancar menulis kanji! soalnya jaman sekarang mereka lebih terbiasa MENGETIK kanji. giliran disuruh tulis tangan, lupa deh.

160. orang yang ulang tahun adalah orang yang harus ditraktir oleh temen2nya. kalo di indonesia, orang yang ulang tahun adalah korban mengenaskan yang harus mentraktir teman2nya.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XV)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*