Asakusa

12 08 2009

Asakusa adalah salah satu tempat utama yang menjadi objek pariwisata dalam semua paket tour yang ada di tokyo. menurut gw, asakusa adalah salah satu tempat terbagus yang ada di jepang. asakusa adalah perpaduan antara tradisional dan modern, dimana terdapat gedung-gedung perkantoran dan juga kuil besar serta pasar tradisional jepang di dalamnya.

satu

jalan


masukObjek wisata yang menjadi buruan turis ketika pertama kali ke asakusa adalah kaminari mon. kuil ini adalah kuil yang cukup besar dan selalu dipenuhi oleh pengunjung (yang mayoritas adalah turis). dan yang uniknya sebelum sampai ke kuil ini kita harus berjalan beberapa meter, dan disepanjang jalan menuju kuil tersebut kiri-kanan kita dipenuhi oleh toko-toko yang menjual segala macam souvenir ataupun kue tradisional jepang. kalo ada yang pernah mendapat oleh-oleh dari keluarga/saudara yang baru pulang dari tokyo, dijamin 80% kemungkinan mereka belinya di asakusa hahaha. apalagi kalau oleh-olehnya berupa t-shirt yang ada tulisan kanjinya, atau kue2 tradisional jepang. dari seluruh toko yang ada diasakusa, gw punya beberapa toko favorit diantaranya toko yang menjual puding “unik” (liat fotonya dibawah hehe) , toko mainan yang menjual action figure, toko yang menjual pernah pernik anjing, serta toko yang menjual barang tradisional.

puding

lampion

anjingjepang

piring

gantungan

yukata

Banyak sekali penginapan tradisional ataupun hostel yang harganya terjangkau di daerah sini. range harga dari tempat penginapan seperti ini biasanya sekitar 4000-7000 yen/malam. jadi bagi yang ingin mencari alternatif tempat penginapan murah, bisa cari di daerah asakusa.

Advertisements




Tokyo Dome – Antara Baseball, Cosplay, dan Theme Park

2 08 2009

Bagi siapapun yang ngefans sama baseball jepang, ataupun rajin nonton live concert artis2 jepang via dvd, pasti tau apa itu Tokyo Dome. Tokyo Dome adalah sebuah arena yang melingkupi banyak hal di dalamnya. ada hotel, theme park, spa, dan yang paling terkenal adalah hall yang biasanya dipakai utk pertandingan baseball jepang ataupun konser musik artis2 besar.

tokyodomee

Gw udah pernah nyoba nonton baseball sekali di tokyo dome (waktu gw baru 3 bulanan tinggal di jepang). tadinya gw sama sekali ga tertarik utk nonton, krn kita harus bayar tiket yang lumayan mahal (maklum masih tahap penyesuaian diri). tapi tiba2 setelah setengah pertandingan sudah lewat, pintu masuk dibuka dan siapapun boleh masuk tanpa membayar apapun. ya udah lah akhirnya gw nonton pertandingan baseball antara tim tokyo melawan tim yokohama, yang akhirnya dimenangin oleh tim tokyo!

dome2

Berhubung gw ga terlalu suka dengan band ataupun penyanyi jepang, gw blom pernah dateng ke hall ini untuk menonton concert. tapi suatu hari gw bakal coba untuk dateng deh (kalo band / penyanyinya adalah salah satu dari sedikit musisi jepang yg gw suka hehe).

Selain itu disini kita juga bisa bermain beberapa macam wahana, dan kita ga perlu ngantri terlalu panjang kayak kalo kita ke disney land. sistem theme park di tokyo dome adalah bayar per-wahana, jadi salah satu contohnya kita harus membayar 600 yen untuk naik jet coaster, dll. permainan2 disini keliatannya jauh lebih menarik daripada permainan di disney land loh, walaupun secara jumlah wahana mereka cuma ada sedikit, tapi permainannya terkesan lebih dewasa dan seru!

dome4

dome3

Disini juga ada official store dari jump. kita bisa membeli segala macam pernak perniknya dragonball, dr.lump, naruto, one piece, dll. bagi siapapun yang maniak sama komik-komik jump, wajib beli merchandise mereka disini! walaupun tokonya ga gede-gede amat sih.

Oh iya, dan yang paling menariknya, di tokyo dome kita bisa liat banyakkk banget cosplayer. jadi kalo orang2 berpikir harajuku adalah tempat berkumpulnya para cosplay (orang yg berdandan ala tokoh anime), artinya mereka itu salah besar (seperti yg udah pernah gw bahas disini). kalo emang ada yang tertarik dengan kebudayaan cosplaynya jepang, tokyo dome adalah salah satu tujuan yang cukup penting!

dome2

Waktu pertama2 kali dateng ke jepang, gw masih tertarik banget ngeliat tingkah2 aneh dari para cosplayer disini. tapi semakin lama tinggal disini, kayaknya cara pikir gw berubah dan membuat gw berpikir kalo mereka adalah orang-orang yang agak fr*ak. hehehe, sorry ya buat para cosplayer di indo, bukannya gimana-gimana, tapi kehidupan cosplayer disini beda jauh dari yg di indo, krn mereka udah menjadikan cosplay sebagai gaya hidup dan kegiatan rutin mereka. banyak anak-anak indo yang berpikir kalo orang-orang jepang itu udah terbiasa make baju yang aneh-aneh atau ber-cosplay, tapi sebenernya bagi orang-orang awam di jepang pun cosplay itu termasuk aneh. jadi hanya kalangan cosplayer aja yang menganggap kalo cosplay itu gak aneh, sementara bagi orang-orang lain tetep aja aneh (termasuk kata beberapa temen jepang gw). oh iya, satu hal lagi, kalo dateng ke jepang jangan maen asal ambil foto para cosplayer ini tanpa minta ijin ke orangnya langsung ya, mereka suka gak mau di foto (padahal gw sendiri juga ngambil foto mereka diem2 haha). bahkan kalo kita minta foto bareng mereka, mereka sering banget nolak.

roti

Sekedar buat tambahan info, disini ada sebuah stand makanan indonesia (bali) yang namanya “roti-roti”. gw ga sempet nyoba makanannya, tapi keliatannya cukup menarik karena makanannya disajikan ala warung indonesia (dibungkus kayak nasi bungkus gitu). silahkan dicoba buat yang berminat!





Kisah si Kotoran Sang Burung Nakal

2 08 2009

Wah, udah hampir 1 bulan gak update blog karena kesibukan di kantor, hari ini mumpung ada waktu luang gw pengen share cerita tentang tai burung (duh jelek banget ya topiknya hahaha) atau bahasa sopannya kotoran burung.Di indo, banyak orang yang bilang kalo kejatohan tai burung artinya ada sebuah keberuntungan yang akan kita dapat. ternyata di jepang mitos itu juga berlaku. bahkan gw merasakan banyak sekali keberuntungan yang gw dapet dari si burung nakal.

burung

Sebelumnya gw pengen cerita dulu, entah kenapa dari kecil burung-burung itu hobby banget memasang gw sebagai target pem-bom-an mereka. apa muka gw mirip wc ya? hahaha. tapi serius, dari dulu hobby banget kena tai burung. dulu waktu kecil, pernah liburan ke sebuah negara yang memiliki banyak banget burung nakal yang berkeliaran di sekitar menara eiffel (kenapa ga gw sebut yak negaranya?). sampe akhirnya sebelum makan siang, ada sebuah burung yang melirik ubun-ubun kepala gw dan melepaskan ranjaunya disana, sh*t!. bukan hanya sebelum makan siang, tapi waktu gw duduk di bangku yang ada di daerah taman lagi-lagi si burung rese itu boker di bagian tubuh lainnya (udah lupa kena bagian apa haha). kalo di jakarta, untungnya kehidupan kita lebih banyak dilalui dengan naik kendaraan, jadi benda-benda asing itu ga secara langsung kena ke badan gw.

Nah setelah akhirnya gw dateng dan hidup di negara yang serba berjalan kaki kayak jepang, kejadian itu keulang lagi! padahal di 2 taun pertama kebiasaan kejatohan tai burung udah ilang loh, bahkan gw udah lupa kalo gw selalu menjadi target para burung. tapi entah kenapa, waktu beberapa minggu lalu gw kejatohan lagi. padahal lagi asik-asiknya jalan-jalan di disney land. dan ga tanggung-tanggung, langsung kejatohan 2 bom dalam selang waktu 10 menit! mantab kan.

Setelah kejatohan 2 bom di disney land, gw merasakan banyak banget keberuntungan yang gw dapet. salah satunya, waktu keesokan harinya (hari senen) gw dateng ke kantor, ternyata kantor gw libur! dan gw lupa ngecek kalender kerja kantor gw. padahal hari senen itu bukan tanggal merah di jepang, makanya dengan bodohnya gw dateng ke kantor dan bingung kenapa semua ruangan gelap. sampe akhirnya gw nelpon temen gw dan spontan dia ketawa : “ngapain lo ngantor, wong hari ini libur! udah pulang lagi, masih sempet ngelanjutin tidur”. keberuntungan2 lainnya yang gw dapet adalah gak lembur selama 1 minggu, menang lotre yang baru pertama kalinya gw beli (walaupun cuma 200 yen, atau 20 ribu rupiah haha), dapet award dari internet sehat (hehehe, thanks ya internet sehat), dan masih ada beberapa lagi yang ga terlalu menarik haha.

Jadi, kenapa kejatohan tai burung itu dibilang beruntung? ternyata asal muasalnya adalah dari kanji. bahasa jepang tahi adalah UNKO, sementara bahasa jepangnya “good fortune” adalah KOUN. cara membaca kanji jepang “kebahagiaan” adalah KOU dan cara membaca kanji “keberuntungan” adalah UN. jadi kalo kita balik kata “KOUN”, otomatis akan menjadi kata UNKO. ternyata di kanji mandarin juga ada loh metode ini. jadi kemungkinan mitos ini asal muasalnya dari cina (kalo menurut gw).

unnko

Walaupun cuma becandaan, tapi entah kenapa sekarang gw menganggap ini serius. karena banyakkk banget keberuntungan yang gw dapet dari si burung nakal itu. terima kasih yang burung rese, kapan-kapan jangan lupa bagi-bagi lagi keberuntungannya.





Gundam Datang ke Kehidupan Nyata!

14 07 2009

Gundam adalah salah satu cartoon jepang yang dampaknya sangat berpengaruh ke kebudayaan jepang (selain gundam, ada doraemon, dragonball, dll). banyak orang2 non-jepang yang tiba2 menjadi jatuh cinta dengan negara ini hanya karena tertarik dengan gundam! seandainya gatot kaca bisa dicintai penduduk dunia, pasti banyak deh bule2 yang bela2in ke indonesia hanya untuk membeli merchandise official store-nya.

Untuk memperingati 30 tahun gundam (gundam pertama kali ditayangin pada tahun 1979), bandai entertainment membuat sebuah gundam tipe RX-78-2 setinggi 18 meter (ukuran asli, sesuai dengan filmnya) di odaiba! dan patung setinggi 18 meter ini hanya akan dipamerkan selama 2 bulan. jadi bagi yang bulan juli atau agustus berniat untuk liburan ke jepang, jangan lupa mampir ke odaiba untuk liat patung gundam seukuran asli yang baru pertama kalinya dibuat dan dipamerkan di dunia. gundam ini didirikan ditengah lapangan kosong, yang sayangnya ga full rumput! jadi kalau hujan, tanah2nya bakal ngotorin sepatu kita.

12

Pertama kali gw mampir kesini sewaktu patung gundam ini belum diresmikan, jadi orang2 yang dateng pun masih sepi (krn banyak orang jepang sendiri yang blom tau kalau ada patung gundam di odaiba). jadi kita bisa bebas2 foto sesuka hati dari berbagai sudut. tapi sayangnya, kita blom bisa menyentuh gundamnya, krn masih dipagerin.

Pas gw dateng untuk kedua kalinya, pemandangannya langsung berubah total, banyak banget orang memadati lapangan kosong ini. serasa lagi nonton pensi (pentas seni) anak2 SMA hehehe. setelah patung gundam ini diresmikan, kita bisa memegang kaki si gundam. well, pengennya sih megang kepalanya, tapi tinggi badan gw ga nyampe 18 meter. untuk menyentuh kaki gundam, kita perlu mengantri sekitar 15 menit, krn banyak banget orang2 yang mau megang kakinya. dan kita hanya diberi waktu sekitar 2-3 menit untuk megang kaki + foto2 dibawah si gundam ini. disini kita juga bisa membeli figure RX-78-2 edisi 30 tahun gundam (special edition) seharga 1500 yen. gw sempet kepikiran untuk ngeborong figure ini dan ngejual lagi di ebay, pasti bisa gw naekin harganya sampe 10x lipet deh hehehe.

11

Oh iya, setiap 1 jam sekali, badan gundam akan mengeluarkan lampu dan asap disertai dengan background lagu yang merupakan theme song gundam, dan kepala robot gundam ini akan bergerak menengok ke arah kiri dan kanan. gw bener2 salut sama jepang, krn bisa2nya mereka mewujudkan tokoh khayalan ini ke dunia nyata dengan ukuran asli serta bentuk dan warna yang sesuai juga dengan apa yang ada di filmnya. kapan ya kantong ajaibnya doraemon diwujudkan ke dunia nyata?





Tokyo Tower

13 06 2009

Tokyo tower adalah menara baja tertinggi di dunia (333 m) yang terletak di shiba park, tokyo. tokyo tower berfungsi sebagai menara pemancar gelombang untuk siaran televisi maupun radio. NHK, fuji tv dan TBS termasuk beberapa stasiun tv yang memasang antena pemancarnya di sini. jepang berencana untuk mengganti sistem pemancaran gelombang analog menjadi digital untuk televisi. namun sayangnya, ketinggian tokyo tower blm memenuhi syarat untuk peralihan sistem gelombang ini (gw ga terlalu ngerti alesannya). jadilah untuk mewujudkan peralihan ke sistem digital, saat ini sedang dibangun menara baru yang bernama tokyo sky tree. tokyo sky tree memiliki ketinggian 610 m dan sekarang sedang dibangun di daerah sumida, tokyo. menara baru yang mempunyai sebutan “the new tokyo tower” ini direncanakan akan selesai pembangunannya pada tahun 2011.

tow3
Gw pertama kali tau tentang tokyo tower (lagi2) dari doraemon. karena dibeberapa episode doraemon, ada adegan nobita yang terbang (kalo ga salah) melewati tokyo tower. jadilah tokyo tower menjadi salah satu tempat impian yang wajib dikunjungi bagi gw (dari gw kecil). cuma sayangnya, setelah gw datang ke tempatnya langsung kayaknya gw ga menemukan sesuatu yang spesial dari tempat ini. mungkin bagi orang yang berkunjung ke tokyo, menara ini menjadi salah satu tempat wajib (at least utk di foto) karena tokyo tower merupakan maskot yang sangat melekat dengan image kota tokyo.

tow1
Kita bisa naik ke tingkat atas tokyo tower, dan melihat view kota tokyo. tapi kita harus membayar sekitar 800 yen. sayangnya selama 3 kali gw dateng kesana, gw sama skali blm pernah naik ke tingkat atasnya hehehe.

tow2
Tokyo tower mempunyai maskot bernama noppon. maskotnya ada 2, yang satu berbaju biru, yang satu berbaju merah. kalo diperhatiin, maskotnya tokyo tower mirip banget sama patrick-nya spongebob squarepants hahaha.
Mungkin kalau gw bandingin sama monas, tokyo tower emang lebih tinggi dan lebih bersih, tapi kalo diliat dari lingkungan sekitarnya, kayaknya monas masih lebih menarik deh. setidaknya masih ada rumput2an, jajan2an, dan andong (walaupun sekeliling monas jadi bau kuda hehe).





Bali Cafe – Monkey Forest

13 06 2009

Setelah tinggal beberapa lama di jepang, akhirnya gw kangen juga sama makanan indonesia. sebelum2nya gw rada bingung untuk cari restoran indonesia dengan rasa asli indo, karena rata2 restoran indo disini cita rasanya udah dimodifikasi supaya bisa sesuai dengan lidah orang jepang. sampe pada akhirnya temen gw kasih rekomendasi untuk makan di monkey forest yang terletak di daerah2 shibuya.
mon2
mon5 Sebenernya temen gw juga ketemu restoran ini secara ga sengaja. awalnya dia mau makan di restoran indo yang namanya “ayun terrace” (review menyusul!) yg terletak berdekatan dengan monkey forest. tapi berhubung dia udah keburu laper, akhirnya dia nekat utk nyoba makan disini, dan ternyata memuaskan.

mon1
Cafe ini sebenernya tergolong kecil (maklum lah, di jepang semua serba kecil), tapi suasananya cozy banget. ditambah lagi pelayanannya juga bagus, ga seperti restoran indonesia lainnya yang sangat terkenal di jepang. waktu makan disini, gw ambil menu lunch set (ada 3 jenis) yang harganya masing2 1995 yen (ehm, berarti sekitar Rp.200.000, mahal ya huhu, kalo di indo udah dapet sebakul nih). menu lunch set-nya walaupun mahal tapi bener2 enak dan porsinya cukup besar. jadi di satu piring itu, kita dikasih bermacam2 lauk (ayam, udang, sate, kerupuk, telor,dll), dan udah termasuk minum + dessert (2 pisang & 1 nanas goreng plus ice cream). tapi selain menu set, mereka juga menyediakan menu2 biasa yang rata2 harganya 800 yen.

mon3
Oh iya, waktu gw makan disana, kebetulan ada temen gw yang ultah, jadilah pas giliran dessertnya harus dikeluarin, ternyata pelayannya ngebawain 2 buah baki gede yang isinya pisang goreng + nanas goreng + ice cream yang udah dipasangin lilin. jadilah kita nyanyi happy birthday yang durasinya panjang bgt deh hahaha. gw rasa tamu2 jepang pada bingung, kok lagu happy birthday banyak banget versinya.

mon4
Kalo ada yang kangen pengen makan makanan indo, monkey forest termasuk salah satu tempat yang gw rekomendasi. coba liat disini aja untuk info lokasi, menu, dan kontak-nya : klik





Gunung Fuji!

6 06 2009

Tiba2 gw keinget kalau gw blm nge-post tentang gunung fuji, padahal ini termasuk salah satu icon jepang yang cukup penting (penting gak ya..?) hehe.

Gunung fuji adalah gunung tertinggi di jepang (3.776 m) yang termasuk ke dalam salah satu gunung berapi aktif (tapi tidak terlalu berisiko). gunung ini terakhir kali meletus sekitar tahun 1700 awal. gunung fuji terletak di perbatasan shizuoka dan yamanashi (kalau naik bus dari tokyo, mungkin butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai kesini). gunung fuji terkenal dengan puncak yang diselimuti es hampir sepanjang tahun. walaupun letaknya cukup jauh, tapi karena saking tingginya gunung ini, kita bisa ngeliat gunung ini dari yokohama, tokyo, saitama, dan daerah sekitarnya kalo cuacanya lagi cerah. bahkan dari tempat tinggal gw aja gunung fuji bisa terlihat setiap hari (gw tinggal di daerah yokohama).

fuji

Gw baru pernah sekali naik gunung fuji, tepatnya bulan agustus akhir tahun 2007. waktu itu gw baru 4 bulanan tinggal di jepang, tapi karena penasaran pengen nanjak gunung yang paling terkenal di jepang ini akhirnya gw rame2 bareng temen2 kantor berangkat ke sini deh.

Kita mulai nanjak gunung fuji jam stengah 10 malam, dengan tujuan kita sampai di puncak sewaktu matahari terbit. karena denger2 dari cerita2 orang yang pernah nanjak gunung fuji, waktu yang dibutuhkan utk nanjak sampai kepuncak adalah 7-9 jam. pertama kali mulai nanjak, gw masih excited banget karena penasaran kayak apa sih sebenernya puncak gunung fuji itu. sampai akhirnya waktu berlalu, dan gw menanjak semakin tinggi, ternyata angin di atas kencenggg banget dan dingin banget. seluruh badan gw rasanya menggigil (maklum dengan bodohnya gw cuma pake jaket adidas dan lupa bawa sarung tangan). dan selama perjalanan menuju puncak, rasanya yang gw liat cuma batu, tanah, sama pasir. jadi bener2 ga ada pemandangan yang bisa gw liat untuk menyegarkan mata hehehe.

masa

Setiap beberapa meter kita menanjak, biasanya ada penginapan untuk beristirahat selama beberapa jam. setau gw harganya sekitar 5000 yen per beberapa jam gitu deh, tapi tempat penginapannya luar biasa jeleknya. mungkin mirip warteg di indo versi gede, jadilah gw sama skali ga napsu untuk nginep di sana (apalagi gw harus ngeluarin 500ribu perak demi nginep di warteg!). track yang paling menarik bagi gw adalah ketika kita harus manjat batu2 yang rada tinggi. walaupun ada tali yang disediakan untuk bantuan supaya manjat batunya lebih gampang, gw lebih memilih manjat langsung ke batunya. tapi yang gw bingung, selama kita manjat kan banyak banget orang2 di belakang kita, kalo kita kepleset trus jatoh smua orang di blakang ikutan lenyap dari dunia dong ya? haha

Nanjak gunung rasanya kayak nanjak gunung gersang bareng2 orang sekampung. karena massa yang datang untuk nanjak gunung fuji luar biasa banyaknya! bahkan ada yang sampe bawa anak kecil, bawa anjing kesayangan, dan bawa kakek neneknya untuk nanjak! gila ga tuh? gw sampe malu ngeliat kakek nenek yang dengan semangatnya manjat batu sementara muka gw udah muka bantal.

massa2

Berhubung gw dateng kesini ber-15, kita harus saling tunggu2an, karena ada yang jalannya cepet, ada yang jalannya lambat. ditambah lagi handphone kita sama sekali ga dapet sinyal, jadi kita ga bisa kontak2an. akhirnya krn ngerasa adegan saling tunggu menunggu ini agak buang waktu, kita putuskan kalo kita ga ketemu di puncak, tepat jam 12 siang kita ketemu di kaki gunung fuji. total perjalanan yang gw tempuh untuk sampai ke puncak adalah 8 jam (jalan non-stop, dengan adegan saling tunggu menunggu huhu .. mungkin bisa lebih cepet kalo kita pergi hanya bertiga). kita sampai di puncak sekitar jam stengah 6, jadi gw akhirnya bisa ngerasain juga ngeliat matahari terbit dari puncak gunung fuji. harus gw akuin sih, pemandangan matahari terbitnya luar biasa bagusnya! cuma perjalanan sampai kepuncak gunung-nya ga sebagus pemandangan matahari terbitnya hehehe (kapok , ampun dj!). ditambah lagi kita butuh waktu 3 jam untuk turun dari puncak sampai ke kaki gunung fujinya. jadi total2 perjalanan 12-13 jam deh, sampe betis gw varises rasanya.

capek

Oh iya, ada tips buat siapa aja yang mau coba untuk nanjak gunung fuji. pakailah pakaian yang ga terlalu bagus (jaket, jeans, sepatu, t-shirt, topi, syal, dll), karena begitu kita selesai dengan ekspedisi menaklukan gunung fuji, kita bakal sadar kalo seluruh badan kita tertutup oleh debu berwarna merah (maksudnya tanah merah). seluruh rambut, hidung, kuping, baju dalem, sampe badan gw rasanya semuanya jadi warna merah, gawat deh gunung fuji. jadi kesimpulannya gunung fuji itu emang lebih enak diliat dari jauh, daripada di tinjau langsung hehehe. ada pepatah terkenal disini tentang gunung fuji :

there are two kinds of fool: those who have never climbed Mount Fuji, and those who have climbed it more than once

Jadi gw termasuk ga bodoh kan? krn sekali naik, ga mau naik lagi!