Demam Piala Dunia di Negara yang Jarang Demam

3 07 2010

Yeah, akhirnya gw kembali ngeblog untuk membahas sebuah peristiwa yang bisa dibilang cukup langka di jepang, yaitu demam piala dunia. kenapa gw sebut langka? karena emang negara jepang ini termasuk salah satu negara yang agak susah tertular demam international event. beda sama indonesia yang sangat gampang tertular demam dari event-event yang lagi populer di dunia. tulisan kali ini gw kutip dan kembangin dari sumbangan beberapa temen2 gw : linardi, edwin dan markus sebagai pengamat bola sejati..maksudnya sepak bola ya, bukan bola laen yang sempet ‘hot‘ di indonesia akhir2 ini. oh iya sekedar info nih, biasanya jepang hanya ikut2an demam pada saat timnas jepang ikutan dalam sebuah event, jadi istilahnya kalo ga ada timnasnya, liga-liga dunia laennya ga akan menjadi ‘hot topic‘ di jepang, beda sama indonesia.

Pada awalnya banyak banget yang pesimis dengan langkah timnas jepang pada world cup 2010. faktor penyebab pesimistis ini adalah kekalahan jepang pada pertandingan babak2 awal world cup, yang paling mencolok kalah lawan tim serbia B 3-0. selain itu, dalam setahun terakhir jepang juga selalu kalah ketika melawan rival abadinya (korsel). demam pesimis ini ternyata banyak menular juga ke orang jepang. terbukti dengan terlihatnya banyak orang jepang yang justru mendukung negara-negara lain pada world cup kali ini.

Demam pendukung jepang baru mulai timbul ketika jepang memenangkan pertandingan melawan kamerun. okada takeshi, sang pelatih timnas jepangpun menjadi sangat pede dengan menargetkan langkah timnas jepang akan sampai hingga babak semifinal. tapi terbukti dengan kemenangan jepang melawan kamerun, banyak orang jepang yang tadinya bt dan pesimis banget sama okada, justru menjadi menyanjung dan mendukung dia habis-habisan. kalau ada yang punya twitter, cek #okachan_sorry deh. #okachan_sorry adalah hashtag yang ditujukan untuk okada takeshi, dan mayoritas isinya adalah permintaan maaf orang-orang jepang karena telah meremehkan si pelatih timnas jepang ini.

Salah satu faktor paling unik yang bisa kita liat di tv jepang akhir-akhir ini adalah menjamurnya cuplikan2, pembahasan, tayangan ulang, ataupun tayangan live dari pertandingan world cup. padahal biasanya, boro-boro mereka nayangin pertandingan live ataupun cuplikan2 pertandingan kayak beginian. isi tv jepang mayoritas cuma acara lawak, masak2, kuis dll zz. banyak tv yang juga menyiarkan profil dari para negara yang akan menantang jepang pada pertandingan2 berikutnya, yang dikupas secara tajam setajam silet!

Acara nonton barengpun ternyata menjamur di jepang. padahal (lagi2) biasanya boro-boro ada acara nonton bareng kayak beginian! serius deh .. acara nonton bareng biasanya diselenggarakan di cafe, stadion, bahkan sampe tempat pachinko! well, tapi kalo di pachinko lebih tepatnya disediakan mini tv disebelah mesinnya, jadi kita bisa nonton bola sambil maen pachinko (foto diatas). nakatanet cafe, cafe milik hidetoshi nakata, menjadi salah satu tempat favorit utk menonton siaran world cup (bahkan tiket utk partai non jepang pun sampai sold out!).

Aksi mendukung timnas jepang habis2an bukan hanya ditunjukkan dari perseorangan, tapi juga dari toko2 yang ada. banyak toko-toko yang memberlakukan karyawannya untuk memakai seragam biru timnas jepang untuk menunjukkan dukungannya. yang lucunya, ternyata demam piala dunia di jepang ga hanya menguntungkan negara jepang doang, tapi menguntungkan bagi semua negara yang masuk di dalamnya. menurut info yang gw dapet dari temen gw, di kantin tokyo daigaku (tokyo university), bahkan sampai dibuat menu khusus piala dunia. makanan2nya adalah makanan2 dari negara2 yang ikut serta dalam world cup kali ini. selain menular ke toko2, ternyata ada juga politikus yang tertular. salah satunya adalah yamaguchi yang mengkritik rencana pemerintah menaikkan pajak dengan mengacungkan kartu merah! wakakaka.

Gw pribadi juga ga nyangka kalo langkah jepang cukup gemilang dalam world cup kali ini. apalagi waktu jepang lagi ngelawan belanda, keliatan banget kalo mereka lagi on fire. tendangan free kick dari honda dan endo pada pertandingan melawan denmark juga cukup mengagetkan gw, karena jarang2 bisa ngeliat tendangan free kick yang menghasilkan goal dengan bola jabulani haha. tapi sayangnya, waktu ngelawan paraguay, jepang justru lagi loyo2nya dan harus kalah penalty karena tendangan tiangnya KOMANO!!! -> masih kesel. well anyway, pada bela apa nih di world cup yang penuh kejutan kali ini?





Fun Fact Tentang Jepang (XV)

11 06 2010

141. ada dance khusus untuk para otaku (nerd / kutu buku). udah kayak clan sendiri (bisa diliat di video ini). jadi buat yang mengaku dirinya otaku, wajib menguasai dance ini!

142. ketika membungkukkan badan untuk memberi hormat atau meminta maaf, kepala kita harus mengarah kebawah (mata menghadap lantai).

143. kata “sayonara” digunakan ketika kita akan tidak berjumpa dalam waktu yang cukup lama.

144. di beberapa restaurant ketika kita memakan omelet, hanya diberikan sumpit dan pisau.

145. ada restaurant yang mempunyai mesin tiket. jadi untuk memesan makanan kita tinggal pencet tombol di mesin sesuai dgn apa yang kita mau, kemudian masukkan uang kita kesana. setelah tiketnya keluar, langsung kita kasih ke pelayan (klik disini).

146. mobil pintar (smart car) yang bisa memarkir secara otomatis, rem secara otomatis, dll sedang dalam tahap pembuatan (pernah gw singgung sedikit disini).

147. mayoritas pizza hut di jepang hanya berupa delivery counter (tidak ada restaurant-nya, hanya bisa delivery).

148. hoka-hoka bento tidak ada di jepang!

149. ada semangka berbentuk kotak, lonjong, dll (klik disini).

150. atmosfir dan kondisi di dalam shinkansen (bullet train / kereta peluru) persis seperti  di dalam pesawat terbang. tapi jarak antar tempat duduk lebih luas, gerbong aisle juga lebih lebar, mungkin sama seperti business class di pesawat terbang.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XIV)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*





Jalannya Gegege No Kitaro

11 06 2010

Gw udah pernah nge-post beberapa kali tentang nama jalan di jepang yang diadaptasikan dari nama tokoh komik. kalo sebelum2nya gw udah bahas tentang jalan ultraman, jalan sazae-san, dan shopping districtnya astro boy, kali ini gw mau angkat nama jalan yang diangkat dari nama komik yang cukup melegenda di jepang, yaitu “gegege no kitaro”.

Jalan gegege no kitaro terletak di daerah chofu, tokyo. sebenernya nama jalan ini bukan gegege no kitaro, melainkan tenjin doori. tapi karena patung beberapa karakter dari gegege no kitaro ada di sepanjang jalan ini, orang-orang lebih mengenalnya dengan jalan gegege no kitaro. sebenernya jalan ini tidak terlalu istimewa kalo dibandingin dengan beberapa jalan yang udah gw bahas sebelumnya. kenapa gw bilang gitu? karena hanya ada 6 patung dari 4 tokoh yang muncul di sepanjang jalan ini.

Yang anehnya, ga ada alesan khusus mengapa chofu memilih karakter ini untuk dijadikan ikon daerahnya. walaupun secara keseluruhan daerah ini ga terlalu atraktif, tapi ada kepuasan tersendiri kalo kita berhasil menemukan semua patung dari karakter gegege no kitaro yang ada di jalan ini. buat turis yang lagi liburan ke jepang, jalanan ini ga gw rekomendasi untuk didatengin. tapi buat orang yang udah mati kebosenan di daerah tokyo dan sekitarnya, selamat berpetualang!





Dibuang Sayang

27 05 2010

Setelah rada buntu dengan seri fun fact, kali ini gw mau ngebagiin pengalaman pribadi dan pengalaman orang2 disekitar gw yang gw rasa cukup menarik utk di share di sini. sorry ya kalo cuma bisa kasih sedikit, maklum semuanya pengalaman pribadi yang ga direkayasa. beberapa point yg mau gw bagiin dibawah adalah kesalahan yang gw / temen gw dapet selama berada di jepang ataupun hanya sekedar pengalaman lucu aja.

waktu lagi mesen makanan di mcd
pelayan : pesanannya ini saja tuan? ada yang mau ditambah?
gw : udah cukup itu aja .. oh iya, sama minta GO-MU (kondom) nya ya!
pelayan : ……. maaf, maksudnya?
gw : minta GO-MU (kondom) sama lemon.
pelayan : saya tidak mengerti.
gw : itu loh, gula cair utk teh!
pelayan : oh GA-MU syruppp…?
gw : ……… ehm .. iya itu maksudnya.

waktu lagi training bhs jepang di kantor (ini pengalaman temen gw, ria)
(guru bhs jepang masuk ruangan dengan muka yang terlihat pucat)
temen gw : sensei, KAO GA WARUI (mukanya JELEK!). sakit ya?
guru : ………. maksud kamu KAO IRO GA WARUI (mukanya pucat) ya?

waktu ngebales email ke orang kantor
watanabe : (watanabe ngirim email ke gw) rendy-san, mulai sekarang panggil saya watanabe ya, jangan panggil saya abe lagi. terima kasih.
gw : wah abe-san nikah!!! pasti nama suaminya watanabe..selametin ah! (dgn sgt inisiatif gw bales emailnya kayak gini : selamat menempuh hidup baru watanabe-san! semoga rumah tangganya akan kekal bahagia)

abis itu seharian ga ada jawaban, akhirnya besoknya gw tanya sama temen gw.

gw : eh abe-san kok ganti nama sih? dia nikah ya?
temen gw : hm, jadi gini … abe-san masuk ke kantor ini 3 taun yang lalu sebagai abe-san, sebenernya nama asli dia adalah watanabe. tapi karena taun lalu dia bercerai, sekarang dia mau memakai nama aslinya lagi. kenapa emang tiba2 nanya?
gw : (DANG!! langsung pucet dan setelah itu setiap ketemu abe-san pura2 gila)

waktu lagi jalan ama anak2 indo
(tiba2 ada kakek2 aneh yang ngedeketin kita)
kakek : oniisan, doko e iku no? (mas, mau pergi kemana?)
gw : nihongo wakaranai! (gw ga ngerti bahasa jepang)
kakek : where are you going?
gw : i can’t speak english!
kakek : where do you come from? (inggrisnya sok2 dipelanin + tambahan bahasa tangan .. biar kita ngerti maksudnya)
gw : indonesia
kakek : oh!! indonesia! ayo mampir ke tempat saya .. banyak cewek-cewek cantik! harganya murah-murah.. (dgn bhs indonesia yg lancar)
abis itu gw dan temen2 gw kabur .. serius kakek2nya ngeri bet, tapi harus gw akuin dia jenius dlm bahasa asing haha!

waktu mau mesen makanan di restoran katsu
gw : mas, saya mau pesen katsu yang ga mengandung babi ada ga? chicken katsu atau apa gitu?
pelayan : maaf, semua yang ada disini mengandung babi.
gw : hah? ini di menu ada chicken katsu!
pelayan : walaupun ada chicken katsu, tapi di paket itu ada TONKATSU (katsu babi) nya juga.
gw : kok semuanya serba TONKATSU sih mas? emang ga bisa diganti apaan kek gitu TONKATSU-nya, biar lebih variatif.
pelayan : maaf tuan, nama restoran kami adalah “TONKATSU-YA”
gw : krik .. krik ..





Fun Fact Tentang Jepang (XIV)

4 05 2010

131. banyak toko second yang khusus ngejual action figure. harganya juga variatif, mulai dari 100 yen sampai lebih dari 10.000 yen. daerah yang paling terkenal untuk urusan gini2an adalah akihabara.

132. orang jepang sering menyingkat kata-kata serapan bahasa asing, termasuk nama-nama restoran asing. misalnya : pasokon (personal computer), makku (mcd). yang paling kocak singkatan utk restoran “1st kitchen“, yaitu “faakin” (bunyinya sama kaya f*cking).

133. makanan indonesia yang paling dikenal adalah nasi goreng.

134. seperti yg udah sering gw bilang, orang jepang ga bisa bedain huruf L dan R. kebanyakan orang indo mikirnya setiap ada huruf L pada sebuah kata (misal : luka), pasti akan dibaca dengan nada “ruka” oleh orang jepang krn mereka cadel L. pada kenyataannya, banyak juga orang jepang yang ga bisa ngucapin R, bahkan banyak yang manggil gw “lendy”, zzz..

135. payung made in japan (payung standard kayak yg sering kita pake kmana2 kalo ujan) harganya mahal bgt. bisa lebih dari 2.000 yen (Rp.200.000), malah ada yang lebih mahal lagi (5000 yen lebih). kalo cari payung di jepang, hati2 ya! cari yg made in china aja!

136. pelayan atau penjaga toko selalu ngomong atau lebih tepatnya teriak : “selamat datang!” setiap ngeliat orang dateng. walaupun udah ada 1 orang yang teriak “selamat datang!”, bukan berarti pelayan/penjaga toko yang laennya ga ikutan teriak, semuanya pasti ikutan teriak juga. kadang2 gw berpikir kalo mereka lama2 cukup annoying, hehe.

137. sebelum sebuah mall atau deparment store buka, ada latihan utk membungkuk sambil ngomong “terima kasih banyak!”, “selamat datang!”, dll. ini berlaku utk semua toko yang ada di mall tersebut dan rutin setiap pagi! latiannya berbarengan, jadi setiap petugas sebuah toko harus standby di depan tokonya masing2 + ikut serta latian ini. lumayan terlihat idiot sebenernya haha!

138. satu-satunya bank lokal (indonesia) yang ada di jepang adalah bank BNI (lokasinya di tokyo, ini official websitenya : klik)

139. kalo orang jepang sms, banyak banget pake emoticon (tergantung orangnya juga sih). selain emoticon, mereka juga sering banget masukin simbol2 ga penting. simbol yang paling populer adalah : simbol bintang dan not balok. kadang suka ngerasa kalo tingkah mereka kayak 4L4Y.

140. orang jepang kalo ngamen ga minta duit. mereka cuma naro CD (demo musik) hasil karya mereka sendiri. jadi kalo ada yg tertarik dengan musik yg mereka maenin, mereka tinggal ambil cd yang dipajang + taro duitnya. hebat ya, ngamen aja pake kreatifitas.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XIII)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*




Selamat Datang di Rimba-nya Jalur Kereta Jepang

2 05 2010

Guys, pasti udah ada yang pernah naek kereta di singapore, taipei, london, dll dong? kereta emang terbukti sebagai transportasi yang paling efektif. selaen harganya relatif murah, waktu tempuhnya cepet, dan stasiun2nya (mayoritas) ada di daerah2 penting. kereta juga menjadi salah satu transportasi umum utama di jepang. kita bisa travel kemanapun kita mau dengan menggunakan kereta. saking pentingnya kereta di jepang, kereta juga mencakup daerah-daerah kecil (bukan perkampungan tapi ya). dan kebayang dong sebanyak apa jalur kereta di jepang?

Gw mau ambil contoh jalur MRT di singapore. MRT di singapore juga udah menjadi salah satu transportasi penting. banyak orang yang menggantungkan aktifitas sehari2nya kepada MRT. tapi sayangnya (walaupun singapore kecil sih), jalur MRT di sana ga menjangkau daerah-daerah yang “agak” jauh dari kota. buat buktinya, kita bisa liat peta jalur MRT di bawah. simple banget kan? waktu gw ke singapore, gw sampe terkaget-kaget karena jalur MRT-nya sangat simple di banding jepang. kenapa gw bilang simple? karena jalur kereta di jepang sangat banyakkkk, mungkin bagi pendatang baru di jepang, peta jalur kereta di jepang bakal sangat membingungkan.

Peta MRT Singapore

Kalo di tokyo, jalur-jalur kereta dipegang oleh beberapa perusahaan kereta. yang paling terkenal adalah JR. selain JR line, ada juga tokyo metro, tokyu, keio, dll. selama di jepang, gw menggantungkan hidup gw sama kereta tokyu dan JR. jalur yang dilewati kereta dari setiap perusahaan ini beda-beda. bahkan untuk sampai ke satu tujuan terkadang kita harus pindah-pindah kereta. kalo mau liat peta dari JR, tokyu, dan tokyo metro kita bisa liat gambar di bawah.

Peta Kereta JR

Peta Kereta Tokyo Metro

Peta Kereta Tokyu

Gimana kesan2nya setelah ngeliat 3 dari beberapa jalur perusahaan kereta di jepang? puyeng ga? haha. bagi yg blm pernah ke jepang, wajar kok kalo puyeng. sampe skarang kalo disuruh ngeliatin peta-peta itu pala gw juga bakal puyeng. dari peta-peta kereta jepang yang terkesan “keriting” atau ribet bagi pembacanya, kita udah bisa tebak kalo jalur kereta di jepang mencakup sampai ke daerah terpencil! dan gw juga udah ngebuktiin keefektifan kereta di jepang. gw berharap suatu saat indonesia bisa juga ngerapihin jalur transportasi dan membuat sebuah sistem transportasi yang bisa menjadi pegangan bagi seluruh rakyat.

Bagi yang punya rencana ke jepang, mungkin ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dulu mengenai jalur-jalur kereta dan stasiun-stasiun kereta di jepang. jangan sampe begitu sampe jepang cuma bisa bengong ngeliatin peta jalur kereta ya! hehehe. tapi kalo emang udah kepepet, taxi bisa menjadi option yang paling praktis kok, asal siap aja dompetnya “sakit”, haha! (baca tulisan gw disini : klik). tapi buat yang kekeh mau berpetualang dengan kereta, gw ucapin “welcome to the jungle!”.





Sekilas Tentang Shibuya

1 05 2010

Postingan ini akan menjadi postingan yg sangat simple krn gw cuma mau berbagi foto-foto supaya pembaca blog ini mempunyai bayangan tentang shibuya.

Shibuya adalah sebuah district yg sangat identik dengan business dan fashion. harajuku, yoyogi dan shibuya merupakan bagian dari district shibuya. foto-foto yg gw tampilin di bawah adalah foto-foto dari daerah shibuya yg udah pasti adanya ya di district shibuya. shibuya merupakan daerah yang ga pernah sepi! biasanya kalo janjian sama temen utk ketemuan di shibuya, patung hachiko menjadi salah satu spot favorit sebagai meeting point.