Friendster, Facebook, Myspace? Nope, Only Mixi!

31 01 2008

Pernah nge-search orang2 jepang di friendster ga? pasti susah dapet yang orang jepang asli deh (walaupun skarang udah lumayan nambah sih, smenjak ada feature bahasa jepang). dari dulu gw penasaran, apa orang2 jepang bener2 ga ikutan friendster2an ya? di myspace sbenernya lumayan banyak sih, tapi rata2 orang2 jepang yang tinggal di luar negri + yg bisa ngomong inggris. jadi jepang2 yang tinggal dinegaranya sendiri pada ikutan apaan? ternyata setelah gw tanya ke temen2 jepang gw, mereka ikutan mixi.

↓tampilan page depan mixi
mixi.jpg

Mixi mnurut gw termasuk salah satu web social network yang teraman. bayangin aja, kalo mau ikutan mixi kita harus masukin alamat email & keitai mail. keitai mail adalah alamat email handphone kita (khusus nomor jepang). jadi kalo kita nulis email pake yahoo, trus kita kirim ke alamat (misal) rendy@softbank.ne.jp , ntar emailnya bakal langsung nyampe ke handphone gw sebagai s!mail (bukan sms). jadi kalo mau punya keitai mail, otomatis kita harus punya nomor hp jepang juga kan? dan secara ga langsung, mixi sendiri ditujuin khusus untuk orang yang tinggal di jepang.

Sebagai step pertama, kita bakal terima email dari mixi. trus kita harus kutak kutik sedikit. setelah selesai kita bakal dikirimin s!mail, abis itu kita harus kutak kutik mixi lagi via handphone (pake internet). nah kalo step kedua udah selesai, baru deh kita bisa ikutan join. lumayan repot loh buat orang yang baru pertama kali dateng ke jepang.

Setelah akhirnya gw terdaftar di mixi, seneng juga rasanya, soalnya ga smua orang punya kan hehe. tapi setelah gw kutak kutik, gw kecewa banget! ternyata feature2nya jelek2. blom lagi design page-nya yang udah baku, ga bisa di rubah2. trus profile picture kita max cuma bisa 3, dan ukurannya super mini! argh pokoknya jelek banget!

↓tampilan my profile orang jepang (friends 27, testimo 4)
lala.jpg

Oh iya, ada juga perbedaan yang mencolok antara orang indo dan orang jepang. kalo orang indo, temen di fs-nya pasti minimal 300an kan, bahkan ada yang nyampe 10000 lebih (yg ini mah pasti cuma asal add2 ga penting). sementara kalo orang jepang, nyampe 100 aja udah untung! temen2 jepang gw rata2 cuma punya temen 20, 30, paling banyak juga 120. trus kalo orang indonesia, comment di fs pasti udah pada nyampe minimal 200 kan? kalo di mixi paling cuma 4, atau 5. yah paling banyak 20 deh. gw ga ngerti apa orang jepang males ngurus2 accountnya, atau emang kenyataannya orang jepang ga terlalu terbuka sama temennya (ga kayak orang indo).