Belajar Tulisan Jepang PART II

18 05 2012

Ini adalah seri lanjutan dari Belajar Tulisan Jepang dan Belajar Bahasa Jepang Part I.

Berhubung banyaknya pembaca yang request untuk melanjutkan pelajaran tulisan jepang, kali ini gw akan coba bantu memberikan contoh grammar paling dasar sekaligus pelajaran membaca hiragana dan katakana. silahkan dilihat file dibawah ini :

Dengan mempelajari rumus grammar paling dasar yang gw kasih diatas, mustinya kita udah bisa membuat perkenalan singkat seperti : saya adalah rendy, saya adalah laki-laki, saya adalah karyawan perusahaan. ayo silahkan dicoba merangkai kata dengan grammar diatas!





Dibuang Sayang Part II

14 05 2012

Kita ketemu lagi dalam seri dibuang sayang! kali ini, bukan hanya seputar kesalahan bahasa jepang atau berhubungan dengan jepang aja, tapi lebih kearah pengalaman-pengalaman gw pribadi yang menurut gw cukup unik dan bodoh untuk di share. bagi yang blm pernah liat seri pertamanya, klik disini.

ketika seorang temen jepang bertanya tentang musik western.
temen : rendy san, kasih gw referensi lagu2 western yang keren2 dong.  pengetahuan gw minim banget nih tentang musik western.
gw : emangnya band/penyanyi western yang lo tau dan menurut lo keren itu siapa?
temen : kalau musik western sih .. jujur, gw cuma tau 1 band, dan menurut gw keren.
gw : hah? cuma 1? band apa emangnya?
temen : aqua
gw : ….


ketika sedang berbincang2 dengan temen2 asing.
orang amrik : musik jenis apa yang lo suka ren?
gw : lebih cenderung ke musik2 black jadul atau crooner2 gitu (dasar jadul!).
orang amrik : oh emang keren2 tuh musik soul jadul. kalo lo berdua?
orang jepang : gw suka rock, dari american rock sampe j-rock (bukan band indo itu loh haha).
orang china : sebenernya gw ga ngerti beda dari tiap genre musik. tapi mungkin kalo disuruh pilih, yang gw paling suka kayaknya rock!
orang amrik : wah sama dong kita! band rock favorit lo siapa emangnya?
orang china : aduh .. itu loh .. yang berlima itu ..
kita : ?? (dengan penasaran)
orang china : oh!! backstreet boys!
kita : (bubar)

ketika sedang memesan minuman di sebuah bar korea.
gw : eh kayaknya mageoli (baca : MAK-kori = sejenis minuman korea) enak nih..
temen : lo mau pesen ren?
gw : boleh .. berdua deh tapi kita.
temen : permisi mbak.
mbak2 : iya, ada yang bisa dibantu?
temen indo : saya mau pesen MOK-kori (arti : ‘anu’ yg berdiri/ereksi)
mbak2 : …


ketika sedang berkenalan dengan orang kantor di jepang.
gw : perkenalkan, nama saya rendy. senang berkenalan dengan anda.
orang jepang : saya yanagibashi, senang berkenalan juga dengan anda.
gw : maaf .. bisa diulang namanya?
orang jepang : ya-na-gi-ba-shi..
gw : … susah bener, tapi paling nanti juga hafal
———————————————————————————————————————–
** beberapa jam kemudian ga sengaja ketemu di kantin **
gw : yagibanashi! yagibanashi san! (yagi=kambing, banashi=story)
orang jepang : …

ketika sedang ngobrol dengan bos yang sedang mabok di dalam kereta.
temen : rendy san, kalau bicara dengan nakayama san yang sopan ya .. soalnya dia GM yang rada galak. kamu ngerti tata krama jepang kan? -> (was was)
gw : iya ngerti kok ..
nakayama : kamu sering jalan2 ke daerah sini ga rendy?
gw : sering pak .. saya paling suka minami machida.
nakayama : kebetulan sekali! rumah saya di daerah sana! kenapa kamu suka minami machida?
gw : disana banyak anjing yang pake baju ..
temen : (mulai memicingkan mata)
nakayama : bener juga ya .. kenapa mereka ga bugil ya?
gw : mungkin karena majikannya juga pake baju pak.
nakayama : iya juga ya .. berarti kalo anjingnya bugil, majikannya musti bugil juga! was wes wos ..  -> terus2an ngomong topik ini dengan antusias

*penumpang kereta mulai memandang aneh ke arah kita .. temen gw pun menjauh perlahan2*