Lo Tinggal di Jalan Apa?

15 02 2008

Kalo di indo jawabnya gampang banget kan, tinggal bilang “di jalan lombok”. tapi kalo di jepang rada ribet nih, soalnya disini ga ada sistem nama jalan. jadi kalo biasanya kita liat plang2 nama jalan di indo ada tulisan nama jalannya, kalo di jepang ga ada. yang tertulis juga nomor district sama nomor blok. bingung kan? gw aja ampe skarang masih rada bingung kalo nyari2 alamat sendiri, walaupun sebenernya kalo udah ngerti malah jauh lebih gampang sih daripada sistem nama jalan.

Jadi sistem penulisan alamat di jepang dimulai dari penulisan nama prefektur (atau propinsi lah ya). abis itu diikutin sama kotamadya, kelurahan, nama & nomor district, nomor blok, nomor rumah. jadi contohnya liat plang nama jalan di bawah deh, bacanya “kamimeguro 2 choume-21 banchi-9 gou”. nama & nomor districnya = kamimeguro 2, nomor bloknya 21, nomor rumahnya 9. kalo mau tulis alamat lengkapnya = “toukyou-to, meguro-ku, kamimeguro 2 choume, 21 banchi, 9 gou”, dimana propinsinya tokyo, kelurahannya meguro. kanapa langsung kelurahan, ga ada kotamadyanya coba? soalnya di tokyo ada 23 kelurahan spesial (bahasa indonesia rada norak ya), termasuk shibuya, shinjuku, ikebukuro, harajuku, akihabara, ueno, dll. jadi untuk nulis alamat 23 kelurahan tsb juga spesial lah, ga perlu ribet2.

meguro.jpg

Skarang gw kasih contoh buat nulis alamat ke tempat gw (rada gw palsuin ya alamatnya). gini nih caranya = “kanagawa-ken, yokohama-shi, aoba-ku, fujigaoka 2 choume, 5 banchi, 8 gou, # 15”, dimana propinsinya kanagawa, kotamadyanya yokohama, kelurahannya aoba, districtnya fujigaoka, bloknya nomor 5, rumahnya nomor 8, dan terakhir nomor kamarnya nomor 15. lumayan ribet buat orang asing..

↓kanagawa-ken,yokohama-shi,aoba-ku,fujigaoka 2 choume,5 banchi, 8 gou, 15↓
contoh.jpg

Advertisements