Say the Magic Word!

3 06 2008

Tau kisah nabi musa (moses) yang membelah lautan waktu dikejar2 fir’aun (pharaoh) kan? kita juga bisa membelah lautan di jepang, tapi bukan laut dalam arti kata sebenernya melainkan lautan manusia.

Kalau kita berada di tempat keramaian, atau contoh paling nyatanya di dalam kereta yang padat, kadang2 kita bingung gimana caranya keluar di tengah2 himpitan manusia? mungkin kalau posisi kita di sebelah pintu keluar, kita ga perlu susah2 untuk keluar. tapi coba kalau posisi kita jauh dari pintu keluar, dan kita dikelilingi manusia bahkan sampai2 kaki & tangan kita ga bisa bergerak, gimana caranya mau turun dari kereta?

Di jepang, ada satu kata ajaib yang sangat fantastis fungsinya. kata itu adalah “sumimasen”. kalau kita berada di tengah kerumunan orang & kita menyebut kata “sumimasen”, dijamin lautan manusia itu akan terbelah! kuping mereka kayaknya udah terlatih untuk mendengar “kata” ini, jadi kalau ada orang yang nyebut “sumimasen”, secara otomatis mereka akan ngasih jalan ke kita.

Sumimasen kalau diterjemahkan berarti “permisi” atau “maaf”. jadi “kata” ini bisa kita pake untuk membelah lautan manusia, untuk menegur orang yang kita ga kenal, untuk minta maaf, untuk memanggil pelayan di restoran, bahkan untuk berterima kasih (kalau diterjemahkan ke bhs indo : “sorry ngerepotin”).

↓ampun, bukan saya pak (posisi membungkuk utk minta maaf atau berterima kasih)↓

Kalau ga percaya dengan manfaat dari “kata” ajaib ini, coba dipraktekin ya! terutama kalo lagi mau turun dari kereta yang super padat. gw blom pernah berhasil ngebelah lautan manusia di indo sebelum2nya, cuma di jepang aja gw berhasil, berkat kata ajaib ini. bahkan tadi pagi gw abis ngebelah lautan manusia lagi, makanya gw dapet ide buat nulis tentang “kata” ini, hehe.

Advertisements