Taksi = Eksklusif!

12 02 2008

Udah pernah tau blom kalo di jepang harga argo taksi tuh mahal banget? walaupun gw blom pernah naik, tapi gw udah denger banyak pengalaman2 orang disini yang naik taksi.

↓taksi2 yang berkeliaran di daerah shibuya
taksi.jpg

Harga awal argo taksi sekali naik (hatsunori – untuk 2 km pertama) = 710 yen, atau kalo di kurs ke rupiah jadi sekitar Rp.58.000. tapi kalo kita ngegunain taksi antara jam 23.00 – 05.00, biasanya argo awalnya jadi 2-3x lipet! alesan harganya bisa jadi 2-3x lipet, soalnya biasanya jam 12 malem ke atas udah ga ada kereta (kereta terakhir rata2 jam 24.00), jadi ya ga ada pilihan lain kan buat orang yang rumahnya jauh. setelah lewat dari 2 km, harga per 274 m adalah 80 yen (jadi harga sekitar 1 menit 40 detik = 80 yen). kalo misalnya kita naik taksi selama 1 jam, totalnya kira2 bakal nyampe 4280 yen atau sekitar Rp.360.000 (walaupun kayaknya harganya ga beda jauh sama silverbird di indonesia ya?). harga2 yang gw tulis ini adalah harga argo yang berlaku untuk taksi2 di daerah tokyo dan sekitarnya, kalo di luar kota harganya masih lebih murah. nah makanya buat yang pengen ke jepang, kalo udah mendarat di narita airport, sebisa mungkin jangan naik taksi ya! krn banyak banget pengalaman orang2 yang naik taksi dari narita sampe daerah tokyo (shinjuku, shinbashi, dll), total argonya lebih dari Rp.2.000.000.

Tapi dengan ngeluarin duit sebanyak itu, emang pelayanan taksi2 jepang katanya sih bagus. blom lagi ada fasilitas2 tambahan di dalam taksinya. salah satu contohnya, pintu yang bisa buka-tutup secara otomatis. jadi kalo kita mau naik taksi, ga usah repot2 ngebuka pintunya, krn pintu taksinya akan kebuka secara otomatis (cuma berlaku untuk pintu belakang). kursi penumpang juga selalu di tutup dengan cover putih yang selalu bersih (katanya sih bener2 putih berkilau haha). trus kalo nyasar, mereka selalu punya GPS di setiap taksi, jadi ga akan nyasar walaupun supirnya juga ga tau tempat tujuan kita. dan yang terakhir kita bisa bayar cash ataupun pake credit card. dan kita juga bisa minta kwitansi kalo emang kita butuh (ada mesin print-nya juga). jadi intinya emang ga rugi sih kalo naik taksi mahal tapi pelayanannya juga bagus.

↓perlengkapan perang taksi jepang
tstaxi3.jpg

Banyak orang yang berpikir bahwa pendapatan supir taksi di jepang gila2an. padahal ada riset yang membuktikan bahwa gaji mereka ga setinggi bayangan orang2. untuk supir taksi yang masih baru, gaji minimal mereka kira2 sama dengan gaji pegawai baru di perusahaan (sekitar 190.000 yen). tapi mnurut riset yang gw baca gaji mereka akan mentok di 250.000 yen (silahkan di kurs ke rupiah sendiri, 1 yen = Rp.80). hehehe, coba bandingin deh sama gaji supir di indonesia. mnurut orang jepang gaji segitu aja ga gede, gmana kalo denger gaji supir indonesia ya?