Fun Fact Tentang Jepang (IX)

20 12 2009

81. toko baju bekas (second) bertebaran dimana2! ada toko yg bisa ngejual 1 baju cuma 100-300 yen (Rp.10.000-Rp.30.000), dan brand2nya banyak brand2 eropa juga kalo kita hoki. tapi kalo toko2 second di harajuku dll (biasanya utk merk fred perry, abrecrombie dsb) harganya bisa 5000 yen-an (Rp.500.000). oh dan disini banyak juga toko second utk barang2 branded (LV, gucci, dll), yang tadinya harganya 60ribu yen, bisa jadi 40ribu yen. jadi terbuka lah sudah misteri kenapa orang jepang banyak bgt koleksi barang brandednya.

82. gak ada swear words yang bener2 kasar di bahasa jepang. bahasa terkasar mereka mungkin “bakayaro” = bego!, “kuso!”/”kusotare” = t*i!, “aho!” = t*lol, “busu” = buruk/ busuk! (khusus utk ngatain cewek yg gak cantik hehe), “kutabare” / “kutabacchimae” = mati aja lo! ..  ga sekasar bahasa kita dan bahasa asing laen kan ? hehe

83. selain ga bisa ngucapin huruf L (mereka biasanya ga ngerti beda L sama R), mereka juga ga bisa ngucapin “er”/ “ur”  dalam bahasa inggris (biasanya mereka lafalin “a”). misal : rider, bunyinya kalo diucapin orang jepang jadi “raida”,  hamburger jadi “hambaagaa”. makanya kalo ada yang suka nonton dragonball, ada tokoh yang namanya “frieza” kan ? padahal akira toriyama ngasih nama ke tokoh itu “freezer”, tapi krn dijepangin jadi “frieza” deh .. krik krik..

84.buah di jepang harganya mahal banget!! hati2 bagi pecinta buah.

85. disepanjang jalanan umum (jalan besar) pasti ada jalur khusus utk orang buta. dan jalur ini gak putus2! bener2 salut gw sama jepang.

86. banyak penyanyi yg ga bakat nyanyi + dance tapi terkenal di jepang. contoh : ayumi hamasaki, morning musume, koda kumi, SMAP, arashi, dll. dan herannya disini boyband & girlband masih ngetrend banget, boyband & girlband baru terus bermunculan. kualitasnya ya tau sendiri lah.

87. ada beberapa provider telpon di jepang (docomo, softbank, au, dll). yang bikin ga enaknya, dari satu provider ke provider laen ga bisa kirim sms! jadi kita harus kirim via email zz.

88. orang bermasker bertebaran dimana2. (baca tulisan gw disini)

89. pintu sebelah kiri belakang taxi buka/tutup secara otomatis. jadi kalo turun taxi jangan ditutup ya pintunya! biarin dia nutup sendiri, kalo ga si supir taxi kadang2 marah hehe.

90. okinawa merupakan satu-satunya daerah di jepang yang punya bahasa daerah yang sangat beda dengan bahasa jepang standard. sementara daerah lain bahasanya mirip2 sama bahasa jepang standard. jadi kalo gw jelasin ke mereka bahwa setiap daerah di indo tuh punya bahasa daerah sendiri2 + kita bisa sama skali ga ngerti bahasa per-daerah, mereka ga ngerti maksud gw. sampe akhirnya gw ngejelasin kayak gini : “perasaannya sama kayak kalo lo denger orang okinawa ngomong !”, baru deh mereka ngerti hehe.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part VIII)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*

Actions

Information

7 responses

6 01 2010
blakutak

87. hooo…makanya bilangnya meru…..kirain saya selama ini orang jepang nyebut sms itu meru (mail) huhuhu….jadi malu..:o

14 01 2010
wawan

gtu y ane bru taw ternyata org jepang tu pada norak meski peradaban mrka terblng maju

31 01 2010
Miyugi

Kalao sistem operasi di jepang pakek apa Komputernya

bales

6 06 2010
ilma_hongo

utk yg no. 86 aq protes ne,, ms ARASHI dibilang gk bakat nyanyi+dance ?! yaaa…. tp sbnrna si gkl bgt bs nyanyi si ;P tp suara mreka ckp bagus en mreka bs nari koq ;D jd, ARASHI jgn dimasukin ke dlm kategori 2 ya… nanti menimbulkan miss understanding jdna =/

2 07 2010
ringo

ak jga protes no.86,, morning musume it cwek2 trpilih lho . mreka jga bsa nyanyi, suara mreka khas😀

30 05 2011
UmiKalsum

Gak setuju Ayumi hamasaki kan bagus T_T

1 06 2013
Michael Kors Handbags

“If you feel appreciated, you would like maybe to stay at Fulham so there is a contradiction there.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: