Fun Fact Tentang Jepang (XI)

23 12 2009

101. “kokoro no tomo” yang konon di indonesia sangat terkenal, dan bahkan udah menjadi lagu jepang paling terkenal di indonesia, ternyata merupakan lagu yang sangat tidak terkenal di jepang. dari 20 org jepang yg gw tanya (usia 22-60 tahun), gak ada yang tau lagu itu.

102. dalam bahasa jepang ada 3 tingkatan level kesopanan : level casual-level sopan-level super sopan (biasanya utk bisnis). anak2 fresh graduate bahkan blom tentu bisa ngomong bahasa super sopan ini krn emang sangat jarang dipake dalam kehidupan sehari2.

103. cara membuang sampah di jepang sangat ribet! tapi harus gw akui kalo mereka sangat sadar akan peraturan dan hidup dengan pola ramah lingkungan. contoh pembuangan sampah di daerah tempat tinggal gw : tempat sampah khusus utk sampah yg bisa dibakar, khusus untuk yang ga bisa dibakar, khusus untuk botol plastik, khusus untuk kaleng, khusus untuk beling, khusus untuk kain, dan khusus untuk sampah besar (lemari es, microwave, dll).

104. satu-satunya penyanyi keturunan indonesia setau gw saat ini adalah lisa halim.

105. kalo kita pergi ke bioskop,kadang2 bisa 50% atau lebih isinya film jepang! salut!

106. komik doraemon ga ada endingnya (baca tulisan gw disini)

107. orang jepang gak freak kayak japan freak!! dalam arti, ga semua orang jepang suka sama anime, tokusatsu, manga, game, dll. so bagi orang indonesia yang mengaku japan freak, tolong jangan kelewatan freaknya. japan freak di indonesia lebih cocok dipanggil “otaku”/nerd, krn emang otaku di jepang hobbynya ya sama kayak japan freak di indo (anime, tokusatsu, game, figure, manga, cosplay, etc). coba liat jepang jgn dari segi itu doang please, liat dari segi budaya lain.

108. satuan mata uang jepang adalah yen. kalo kita liat kanjinya, arti “yen” sebenernya adalah “lingkaran”. alesan mereka memakai satuan yen (lingkaran) krn jaman dulu uang yang dipake adalah koin.

109. banyak wc pintar di jepang yang bisa nyiram sendiri, menaikkan dan menurunkan alas untuk tempat duduk wc sendiri, memasang lagu, dll. (baca tulisan gw disini)

110. lagu ketika mall/toko mau tutup adalah auld lang syne.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part X)=<<<<|

*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*

Actions

Information

2 responses

2 06 2010
Adi

ren2, kemarin pas sama ponyo ke fukuoka, kan g nginep di capsule hotel tuh, g menemukan wc yang lebih pintar lagi. bisa mengeringkan pantat kita loh. jadi ada 1 tombol kansou (乾燥). kalo dipencet, tar ada angin sepoi2 di bagian bawah. kering sih kagak. geli2 iya😀

3 02 2013
muhd akbar

Langsung melakukan survei sendiri, hebat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: