Kasur-nya Nobita ternyata keras!

1 06 2009

Siapa yang ga pernah nonton doraemon? Mnurut gw sih semua orang indo pasti setidaknya pernah nonton 1x kartun doraemon yang disiarin di RCTI semenjak gw kelas 1 SD (anjrit, lama bener ya). dulu waktu kecil gw selalu pengen nyoba untuk tidur di kasur lipet-nya nobita (tau maksud gw kan?). nobita selalu tidur di kasur yang keliatannya nyaman banget untuk ditidurin, sementara doraemon lebih memilih tidur di dalam lemari. Nah, kasur yang nobita pake itu disebut futon.

Futon adalah kasur wajib-nya orang jepang. Ketebelan futon mungkin hanya berbeda dikit dari bed cover (tipis banget kan?). sementara orang-orang indo lebih memilih untuk tidur di atas kasur yang cukup tebal, atau bahkan di springbed. Hari pertama gw tidur di futon, rasanya bener2 tersiksa, krn kebiasaan tidur di kasur yang tebel. Seluruh badan gw rasanya sakit, rasanya seperti tidur di lantai tanpa bantalan apapun. Ditambah lagi futon biasanya memiliki sebuah bantal yang super kempes, tipis, dan terlihat tidak nyaman utk dipakai (Ibaratnya kalo di indo bantalnya kayak martabak manis, kalo di jepang kayak martabak telor, tipis bgt!). sehari setelah gw pakai bantal itu, gw langsung memutuskan utk beli bantal baru yang tebel. Dan ternyata bantal-bantal di jepang semuanya keras (dibanding bantal indo ya..), bahkan yang tebelpun keras banget bagi gw. Kayaknya kalo ada maling, tinggal gw lempar pake bantal juga langsung koit.

Setelah mengalami siksaan selama tidur, ternyata dalam waktu beberapa hari badan gw udah bisa beradaptasi dengan kasur tipis-kering ini. Walaupun kalo bisa milih sih, gw lebih pengen untuk tidur diatas springbed, tapi masalahnya kalo beli springbed, kamar gw bakal hampir ga ada space utk naro2 barang lagi. Maklum lah di jepang semua kamar ukurannya serba mini. Ruangan yang serba mini inilah yang menjadi salah satu alasan utama kenapa orang jepang lebih memilih memakai futon dibanding springbed atau kasur. Krn setelah di pakai, futon bisa langsung dilipat dan disimpan di dalam lemari, jadi ruang gerak kita akan lebih luas selama futonnya blm digerai.

Oh iya, ada cerita yang kocak dari salah satu guru bahasa jepang gw waktu masih belajar bhs jepang di indo. Ternyata orang jepang juga mengalami susah tidur di kasur standard-nya indonesia yang empuk itu. Dia sampai minta tolong sama temen gw untuk cariin dia kasur yang lebih keras daripada kasur yang dia pakai di kamarnya. Dan setelah nyari keliling2, ternyata semua kasur masih terlalu empuk bagi dia. Saat itu temen gw bingung, sebenernya si sensei (cewek pula) tidurnya tiap hari di kasur atau di triplex sih? Dan temen gw itu akhirnya menemukan jawabannya setelah dia sampai di jepang. Pantesan aja semua kasur di indo dibilang terlalu empuk.

Saking udah terbiasanya tidur di atas futon, waktu gw pulang ke indo dan tidur di springbed kamar gw, gw merasa kalo springbed gw seperti harta yang bener2 harus gw hargain. Dan hari2 selama gw di indo pun selalu berakhir dengan tidur yang nyenyak berkat springbed serta 2 bantal super tebel dan empuk. Jadi buat semua orang yang masih tidur memakai springbed atau kasur, hargailah kasur2 kalian mulai hari ini, krn di jepang banyak yang menderita tidur diatas kasur keras yang tidak nyaman.





Salam yang aneh

1 06 2009

Kalo di Indonesia kita ngomong “selamat pagi”, “selamat siang”, “selamat sore” dan “selamat malam”, tapi pernah ga sih kita pikirin asal dari kalimat2 tersebut? coba deh, kalo di translate ke bahasa inggris kayaknya aneh banget , kita harus ngomong : “congratulation morning, afternoon, evening”. Gw ga pernah tau asal kata salam kita itu darimana. disini gw ga mau ngebahas asal kata salam dalam bahasa Indonesia, tapi gw pengen ngebahas salam yang dipakai di dalam bahasa jepang.

salam

1. ohayou gozaimasu = selamat pagi (good morning)
Ohayou berasal dari kata “ohayai” yang berarti “cepat“, sementara gozaimasu hanya sebuah akhiran untuk menunjukan etika kesopanan kepada lawan bicara. Jadi kalo ditranslate langsung, ohayou gozaimasu berarti ”cepat”, hahaha aneh banget ya. Kalo kita liat seluk beluknya, sebenernya ohayou gozaimasu berasal dari kalimat “ohayai de gozaimasu ne”, yang berarti “cepat ya ..”, atau kalo mau diartiin lebih dalam lagi berarti “hari ini anda bangun cepat ya ..”, tapi setelah mengalami perubahan bentuk skarang menjadi “ohayou gozaimasu”
2. konnichiwa = selamat siang (good afternoon)
Konnichi berarti “hari ini”, sementara “wa” merupakan partikel penghubung yang tidak mempunyai arti apapun kalau di translate (fungsinya seperti is, are, dalam bahasa inggris). Jadi “konnichiwa” kalo ditranslate langsung berarti “hari ini..”. hmm, bener2 salam yang aneh. Tapi kalau kita liat asalnya, sebenernya dibelakang partikel “wa“ masih ada sambungan kalimatnya, kalimat lengkapnya adalah “konnichi wa gokigen ikaga desu ka“ yang berarti “apa kabar anda hari ini?“
3. konbanwa = selamat malam (good evening)
Konban mempunyai arti “malam ini”, sementara “wa” mempunyai fungsi yang sama seperti “wa” dalam “konnichiwa”, jadi kalau ditranslate langsung ya artinya “malam ini…”. Sementara versi jadulnya “konban wa gokigen ikaga desu ka?”

Coba deh bayangin kalo translate-an langsung salam bahasa jepang ini kita praktekan ke dalam kehidupan sehari2 di indo. misalnya waktu seorang guru masuk kelas di pagi hari, trus murid2nya ngomong “cepat pak ..”, yang ada si guru malah marah2 sama muridnya disangka merintah untuk cepat2. atau seorang karyawan yang mengucapkan salam kepada bosnya di malam hari “malam ini … pak”. Ntar si bos malah mikir yang “nggak2” lagi, apalagi kalo si karyawan adalah seorang wanita, wuidih.





Pachinko si Pembuat Kantong Jebol

16 05 2009

Pachinko adalah sebuah gambling machine yang berasal dari jepang. mesin ini merupakan kombinasi dari pinball dan video. jadi selama kita bermain dengan pinball-pinball ini, kita akan disuguhin dengan animasi-animasi yang ditampilkan di screen. mesin2 pachinko biasanya menggunakan judul serta karakter-karater dari anime jepang yang terkenal. salah satu contohnya adalah pachinko evangelion dan bakabon.

Tempat bermain pachinko bertebarannnn diseluruh jepang (mm, at least di tokyo dan yokohama sih bertebaran). tapi walaupun gw udah hampir 2 taun tinggal di jepang, gw baru pernah 1x nyoba main pachinko. karena waktu awal2 tinggal disini, gw bener2 ngejauhin tempat2 kayak gini (dengan alesan takut ketagihan dan bangkrut haha). tapi setelah gw kenalan sama temen kantor gw yang namanya makoto, akhirnya gw jadi tau cukup detail tentang dunia per-pachinko-an. dia punya hobby bermain pachinko setiap weekend, dan dia selalu menghabiskan uang sekitar 2000-30000 yen untuk maen pachinko (per 1x dateng)!

pchnko

Mesin pachinko yang gw coba adalah mesin yang paling standard (payout mode). jadi kita harus bayar 500 yen untuk mendapat 250 bola pachinko. setelah kita dapet bola2 tersebut, kita tinggal memutar sebuah kenop yang berbentuk seperti keran. jadi cara maennya sih sebenernya sama sekali gak berseni, krn semua udah serba otomatis dan random (dijamin ga ada cara atau taktik untuk bisa ngedapetin jackpot). jadi setelah kita memutar kenop tersebut, 250 bola pachinko akan dilempar satu persatu kedalem mesinnya. di dalem mesin itu ada 1 buah lobang, dimana kalo bolanya berhasil masuk ke lobang itu, kita bakal dapet kesempatan untuk memutar 2 buah nomor yang muncul di screen (ini juga automatic, jadi kita cuma tinggal nunggu komputer yang mengatur nasib kita). kalo 2 nomor tersebut sama (misalnya 5 dan 5), nanti akan muncul sebuah animasi di screennya. misalnya kayak pachinko bakabon yang gw maenin, setelah gw dapet 2 angka yang sama, nanti akan ada aksi si polisi yang ngejar maling sambil nembak2 pake pistol lah, atau adegan nyokap yang lagi marah2 dll. misalnya si polisi berhasil menembak si maling, dan ternyata si maling membawa angka 5, artinya gw dapet tiga buah angka 5 yang sama kan? nah kalo gw berhasil dapet 3 buah angka yang sama, gw akan mendapetkan 1 ember full dengan bola pachinko (1250 bola). bola2 pachinko ini bisa kita tukerin dengan uang. 1250 bola akan berharga 5000 yen (Rp.500.000). tapi yang bikin bt, semuanya itu bener2 seperti udah di atur komputer, jadi kita tinggal nunggu nasib aja apakah si komputer lagi diatur untuk ngedapetin jackpot atau nggak.

pachinko_balls

Oh iya, 1 game (500 yen dengan 250 bola), paling2 bakal selesai dalam waktu 3-7 menit. bisa bayangin kan betapa cepetnya duit 500 yen melayang buat maen pachinko hahahaha. dan pada akhirnya, gw ngabisin 3000 yen dalam waktu 20 menit. sementara si makoto dengan muka seriusnya terus menerus main tanpa henti. akhirnya dia berhasil ngabisin 6500 yen dalam waktu 35 menit! bener2 gila ya, gak sehat banget nih maen ginian haha.

makoto yang bermain dengan serius dengan rokok dan kopinyamkt

Untuk maen pachinko setau gw, at least kita harus berumur 18 taun keatas. ruangan pachinko di design seperti tempat bermain dingdong tapi bedanya kita bebas ngerokok dimana aja. kayaknya sih gw ga akan balik2 lagi deh ke pachinko, ampunnn duit gw abis! cukup buat pengalaman aja hehehe, lumayan kan buat gw ceritain di blog.





Salah tafsir

10 05 2009

Banyak banget orang2 indo yang salah tafsir tentang beberapa point yang terdapat di jepang. kali ini gw mau ngangkat 10 point dari “salah tafsir”nya orang2 indo (emang baru kepikiran 10 point soalnya haha).

1. Sake adalah minuman keras tradisional jepang

Sake artinya adalah “minuman keras”, jadi yang disebut sake adalah bir, tuak, arak, dll. yang orang indo maksud “minuman keras tradisional jepang” itu sebenernya adalah “nihonshu”.

2. Goggle 5 adalah salah satu legenda tokusatsu di jepang

goggle

Pada tau dong apa itu goggle five? goggle five adalah film tokusatsu (kayak power ranger gitu) yang booming banget waktu jaman2 taun 80 awal. banyak anak2 indo yang tergila2 sama film ini pada saat itu. dan menurut gw sampe skarang pun banyak anak2 indo yang berpikir bahwa goggle 5 itu sangat terkenal di jepang. tapi faktanya, gw udah nanya ke beberapa orang jepang yang berumur 20-30 taunan, boro2 nonton, denger namanya aja ga pernah!

3. Cara makan shabu-shabu adalah dengan mencampur sayur2an dan seluruh daging ke dalam bowl-nya dan direbus selama beberapa menit.

Gw rada bingung sebenernya untuk mentranslate kata “shabu-shabu”, ada yang bisa bantuin ga? mungkin arti yang paling dekat adalah “mengibas-ngibas” kali ya? hehehe. sesuai namanya, cara makan shabu-shabu yang benar adalah hanya dengan mengibaskan daging atau sayur (maksudnya ngambil daging dengan sumpit, trus di celup dan diputar2) selama kurang lebih 1 menit.

4. sepatu onitsuka tiger adalah sepatu yang sangat terkenal di jepang.

onitsuka

Setelah film kill bill beredar, sepatu onitsuka tiger warna kuning yang dipakai uma thurman (pemeran utamanya) tiba2 menjadi booming di kalangan anak2 abg – kuliah di jakarta. banyak yang sampe rela nitip temen2nya yang pergi keluar negri utk membeli sepatu ini (maklum, ga masuk indonesia hehe). harga sepatu ini yang paling murah kayaknya Rp.800.000 deh. tapi setelah gw sampe di jepang, ternyata jaraaaaaaang banget gw temuin orang2 yang memilih onitsuka tiger sebagai sneakers favorit. sneakers favorit disini masih jatuh ke merk nike, adidas, converse dan vans!

5. banyak orang kaya di jepang, buktinya mereka sering borong barang2 branded

Ini judulnya “tertipu”, karena orang kaya di jepang tuh ga banyak. mungkin kalo dibanding orang indonesia, pendapatan mereka pertaun jauh lebih besar, tapi kalo dibandingin negara2 maju lainnya, pendapatan mereka tergolong standard bahkan masih berada dibawah beberapa negara maju lainnya. mereka mampu beli barang2 branded dengan pengorbanan yang cukup gila, bisa sampe ngirit2 makan demi beli barang inceran. padahal kalo mnurut gw, mendingan mereka abisin duitnya buat have fun bareng temen2 daripada nyiksa diri demi sebuah barang. tapi ya itu lah sifat mereka, rada individualis, jadinya pengeluarannya jatoh2nya utk kepuasan diri sendiri aja.

6. kungfu boy adalah komik yang terkenal

Boro2, tanya aja ke 100 orang jepang, paling yang tau komik ini cuma 5-10 orang (nama asli dari komik ini adalah “tekken chinmi”).

7. karaoke asalnya bukan dari jepang ah, dari amrik kayaknya

Karaoke asalnya dari jepang kok. gw udah pernah nulis di artikel sebelumnya, “kara” artinya “kosong”, dan “oke” diambil dari bahasa inggris “orchestra” yang di jepangkan. jadi artinya kira2 “orchestra tanpa vocal”.

8. harajuku adalah kota fashion jepang, dan banyak orang2 yang berbaju aneh berkeliaran disana

n683997890_1684841_977728

Pertama, harajuku bukan sebuah kota tapi sebuah daerah di tokyo. dan kedua, orang2 berbaju aneh cuma berkumpul di satu spot (di daerah jembatan sebelah harajuku station). jadi kalo kita jalan muter2 harajuku, jangan harap bakal ktemu banyak orang berbaju aneh. pertama kali ke harajuku, semua bayangan gw tentang daerah ini langsung hancur lebur hahaha.

9. l`arc en ciel adalah band yg disukai semua orang

laruku

Gak juga, ternyata banyak yang ga suka sama band ini disini. karena katanya musiknya terlalu keras. he? apa kerasnya yak padahal..mungkin tergantung selera musik tiap orang juga sih, krn akhir2 ini musik jepang lagi didominasi sama r&b. jadi kesimpulannya l`arc en ciel bukan band terbesar di jepang yang diidolakan oleh mayoritas anak muda jepang. kayaknya mereka lebih terkenal di luar jepang deh.

10. huruf kanji cina (mandarin / cantonese) jauh lebih susah daripada huruf kanji jepang

Gimana bisa lebih susah, wong kanji yang dipake sama. mungkin kalo pernyataannya diganti “kanji cina jauh lebih banyak dibanding kanji jepang”, itu bener! tapi basicnya sih kanji jepang kan emang sama ama kanji cina, krn jaman dulunya mereka emang ngambil kanji dari bahasa cina, kemudian diadaptasikan ke dalam bahasa jepang.

————————————————————————————–

Hehehe segini dulu deh ya .. kalo ada salah mohon dikoreksi (maklum gw kan bukan orang native sini)

oro2, tanya aja ke 100 orang jepang, paling yang tau komik ini cuma 5-10 orang (nama asli dari komik ini adalah : “tekken chinmi”.




Masker

10 05 2009

Inget ga waktu jaman2nya flu burung melanda negara2 asia? di indonesia orang2 juga sempet heboh beli masker untuk mengurangi resiko terjangkit penyakit ini kan? pertama kali gw nyampe jepang, gw agak aneh ngeliat banyaknya orang yang make masker. kok tiba2 gw langsung flashback keinget dengan tokoh2 figuran yang sering muncul di doraemon ya (suka ada tokoh2 figuran yang make masker).

masker

Pemandangan kayak gini biasanya semakin banyak pas waktu2 musim gugur dan bertambah banyak di musim dingin, berkurang di musim semi, dan sampe akhirnya semakin jarang yang pake di musim panas. kalo lagi musim gugur atau musim dingin, kita bisa ngeliat orang2 bermasker ini bertebaran dimanapun! di kantor, sekolah, kereta, restoran, dll. pasti buat yang udah pernah ke jepang juga sadar deh kalo banyak orang bermasker disini hehehe.

Tapi gw salut sih sama mereka, soalnya mereka bener2 sadar diri utk ga menularkan penyakit ke orang lain. apalagi jaman2 flu babi kayak skarang, dimana2 ada himbauan utk memakai masker bagi orang yang terserang demam atau batuk.






Belanja online tanpa credit card

10 05 2009

E-commerce indonesia saat ini masih bener2 melempem. padahal banyak banget orang2 indo yang hobby belanja2 via internet (terutama untuk item2 kayak action figure, atau pakaian/sepatu brand luar negri yang ga ada di indonesia). tapi yang gw heran kenapa ya bisnis online shopping di indonesia masih ga laku? mungkin krn pengetahuan dari masyarakat umum, belanja online identik dengan credit card kali ya? makanya mereka takut kalo2 sistem keamanan dari websitenya ga ok, bisa2 account tabungan mereka jebol. gw juga termasuk orang yang sangat ga suka untuk belanja online, tapi ini sebelum gw tinggal di jepang. bahkan gw sampe skarang agak anti ya belanja pake credit card utk hal2 ga penting, apalagi buat beli2 barang online.

cards

Tapi skarang pemikiran gw brubah karena sistem belanja online di jepang super praktis. kita bisa memilih cara pembayarannya lebih dari 2 options! (yah tergantung websitenya + ownernya juga sih). cuma disini gw bakal kasih contoh nyata cara belanja di rakuten.co.jp yang merupakan salah satu portal online shopping terbesar di jepang. jadi intinya, kita tinggal pilih barang yang kita mau (setelah kita bikin account tentunya di website itu. bikinnya cukup dengan masukin email address aja kok), setelah itu kita tinggal pilih mau bayar dengan cara apa? pilihan paling standard tentu aja dengan credit card, tapi disamping credit card kita bisa pilih cara lain. contoh2nya :

1. transfer via bank

Ya ini juga termasuk salah satu cara standard untuk belanja via forum di indo sih haha. jadi setelah kita transfer duit kita, tinggal kirim email konfirmasi aja ke si penjual.

2. internet banking

3.COD (cash on delivery)

Yang artinya barang akan diantar oleh sebuah perusahaan jasa pengantar barang dan kita tinggal bayar tagihannya ke si pengantar barang. (coba tiki di indo bisa kayak gini juga hehe).

4. via convenience store

Kalo di indonesia convenience store yang paling terkenal mungkin circle K atau indomart kali ya? tapi kalo di jepang yang terkenal adalah family mart dan lawson. cara bayarnya gampang banget, kita tinggal mampir ke family mart / lawson, trus masukin pin transaksi kita ke sebuah komputer touch screen yang emang disediain di setiap cabang family mart / lawson, trus setelah data kita keluar di layar tinggal kita print deh. data2 kita akan di print ke dalam sebuah bon pembayaran, yang pada akhirnya tinggal kita bawa ke kasir dan kita bayar. data2 bahwa kita telah bayar kan terkoneksi langsung dari komputer si kasir dengan tempat kita belanja online, jadi setelah kita selesai transaksi di convenience store biasanya dalam waktu 1-2 jam akan datang email konfirmasi kapan barang kita akan datang. biasanya barang akan datang 2-3 hari setelah pembayaran.

5. dengan menggunakan point

Setiap pembelian barang di website2 kayak beginian, biasanya kita dapet point. point itu berupa uang, jadi misalnya dengan kita beli barang 3000 yen, kita dapet point 80 yen, dst. lama kelamaan point ini bisa numpuk + akhirnya kita bisa belanja dengan ngegunain point ini doang. jadi caranya ya tinggal login ke account kita, trus bilang aja mau bayar via point. ntar total point kita akan di kurangi dengan total belanja deh. oh iya, yang lebih praktisnya lagi kita bisa sekitar pukul berapa barangnya mau diantar. biasanya sih pilihannya dalam range 3 jam gitu (misal jam 9 pagi -12 siang, jam 12 siang – 3 sore, dst). selain itu, kalo barangnya ternyata cacat atau kekecilan, dsb, barangnya juga bisa kita tuker lagi ke si pembeli (rata2 sih gini ya sistemnya). cara penukerannya ya kita kirim balik aja ke toko tempat kita beli barang via jasa pengiriman, trus ntar smua biaya dia yang nanggung (kalo kesalahan ada dari mereka).

6. pembayaran setelah barang sampai

Setelah barang sampai dengan selamat ke tangan kita, sekitar seminggu kemudian akan datang tagihan via pos. tagihan ini berbentuk seperti kuitansi yang harus kita bayar sebelum waktu yang ditentukan. biasanya sih sistem ini cara pembayarannya via convenience store. jadi kita tinggal tunjukin kuitansi yang kita dapat ke kasir, trus nanti data pembayaran kita akan masuk ke dalam data lunas si penjual.

———————————————————————————————-

6 point diatas adalah cara pembayaran yang gw tau (atau yang udah pernah gw lakuin sih sebenernya hahaha). para konsumen disini sangat dimanja, jadi kalo kita lagi males belanja keluar, tinggal beli online aja trus tunggu barangnya dianter deh. btw kayaknya masih ada metode2 cara pembelian barang online lagi deh. kalo ada yang kurang kasih2 masukan ya!





Anjing Aja Stylish

20 02 2009

Ngeliat anjing jalan2 sih udah biasa ya, kayaknya dimana2 ada. tapi kalo di jepang, ngeliat anjing tanpa baju kayaknya agak jarang deh. malah kalo gw ngeliat anjing tanpa baju, kayak pornoaksi gitu jadinya. soalnya anjing2 disini bener2 di dandanin banget sama majikan2nya. salah satu daerah untuk ngeliat anjing2 berbaju favorit gw adalah minami machida dan yoyogi park.

Di daerah minami machida, kayaknya ada perkumpulan pecinta anjing gitu. jadi setiap weekend (sore2), pasti banyak banget segerombolan orang yang ngebawa anjingnya jalan2, dan pastinya anjingnya pake baju hahaha.

Kalo di yoyogi park, anjing2nya ga sebanyak itu. tapi dari sekian banyak anjing di yoyogi, gw udah ketemu sama 4 anjing yang cukup eksis beredar disana dan selalu menjadi primadona bagi pengunjung2 laen (banyak banget yang ngambil foto si 4 anjing ini, liat fotonya dibawah deh hehe).

Gw ga bisa cerita banyak tentang anjing2 ini, jadi mendingan diliat aja foto2nya ya!

anjing7

anjing8

anjing3

anjing2

anjing4

anjing5

anjing1

anjing6

anjing9