Misteri Rolling Door

28 05 2008

Pertanyaan “skarang jam berapa?” kayaknya setiap hari pasti tedengar dimanapun kita berada. tapi khusus di indonesia, jawaban dari pertanyaan ini banyak banget versinya. misalnya di jam tangan gw skarang jam 9.25, di jam tangan orang lain jam 9.28, di handphone orang lain jam 9.35, dst. jadi intinya pertanyaan “skarang jam berapa?” merupakan pertanyaan yang paling susah dijawab dengan tepat di indonesia, krn 50% lebih penduduk indo udah terbiasa dengan waktu yang di-stel sesuai kemauannya sendiri. padahal kalau dipikir2, yang namanya “waktu” mustinya ada standard yang harus diikutin kan?

Kasus itu beda banget sama di jepang. perbedaan waktu indonesia (WIB) dengan jepang adalah 2 jam. berhubung sampe skarang jam tangan gw masih di-stel dengan waktu indonesia, setiap kali ada orang jepang yang nanya “skarang jam berapa?”, gw harus menambahkan 2 jam dari waktu yang ditunjukkan jam tangan gw. dari dulu gw selalu ngeset jam tangan dengan waktu 5 menit lebih cepet dari waktu sebenernya. jadilah pertanyaan si jepang gw jawab kayak gini “skarang kira2 jam 9.25an deh”. trus si jepang bingung “kok ga yakin gitu jawabnya?”. akhirnya gw harus ngejelasin deh tentang dunia “perwaktuan” di indonesia.

Yang gw kagum sama negara ini, selain semua orang nge-set waktunya sesuai dengan waktu standard, seluruh kegiatanpun selalu berjalan sesuai dengan waktu yang udah dijadwalin. misalnya : jadwal kereta menuju shibuya bakal nyampe jam 10.00, maka kereta tsb bakal dateng di menit2 terakhir 9.59 atau bahkan jam 10 tepat! selain itu contoh yang paling sering gw temuin tiap hari adalah jam istirahat di sekolah, kantor swasta, kantor pemerintahan, dll. jam istirahat bisa jam 11.45, 12.00 atau 12.15, tergantung pihak gedungnya. setiap jam komputer gw menunjukkan pukul 12 pas, pasti bel istirahatnya juga pas bunyi. terus kalau misalnya gw lagi jalan kaki di depan skolah / kantor pemerintahan, pas jam handphone gw menunjukkan pukul 12, pasti jam istirahat mereka juga bakal bunyi. yang lebih lucunya lagi, seluruh “bel istirahat” di jepang punya bunyi yang seragam dengan nada “do-mi-re-sol (sol rendah), do-re-mi-do” (mudah2an bener, ini perkiraan gw doang nadanya hehe). di indonesia juga ada kok beberapa skolah yang memakai bel tipe ini.

Ada hal yang menarik tapi cukup aneh kalo menurut pandangan gw. krn gw selalu naik kereta yang jam 8.16, artinya gw bakal nyampe di stasiun tujuan gw jam 8.35. krn jadwal ini udah fix, jarang banget ada keterlambatan berangkat atau sampai di tujuan, kecuali ada kecelakaan. dari stasiun tujuan sampai ke kantor gw, gw harus jalan kaki lagi sekitar 10 menit. nah selama perjalanan 10 menit itu saking seragamnya waktu2 di jepang, gw selalu nemuin hal yang sama dan monoton setiap hari. misalnya : setelah keluar stasiun, lampur merah di perempatan besar pertama pasti masih hijau, jadi gw bisa langsung nyebrang. trus di perempatan besar kedua, krn lampunya masih merah, gw harus nunggu kira2 1 menit, dsb sampai nyampe ke kantor.

Semua hal tentang ketepatan waktu di jepang udah hampir pernah gw liat. tapi masih ada satu yang belom pernah gw pastiin, yaitu : jam buka toko. sampai akhirnya, waktu mau beli tiket utk pergi ke nikko kita harus nunggu di depan toko tiket (sbenernya loket, tapi bentuknya kayak ruko kecil) yang masih tertutup oleh rolling door. jam buka toko itu = jam 7.55, smentara waktu itu masih skitar jam 7.40. pas jam handphone gw udah jam 7.53, gw smakin penasaran, kira2 rolling doornya bakal buka tepat waktu atau ga. ternyata hasilnya, di detik2 terakhir 7.54 rolling door itu kebuka secara otomatis & para pegawai toko itu udah siap smua ditempatnya masing2! jadi tepat jam 7.55 kita udah bisa masuk toko.

Kapan ya di indonesia bisa ada kedisiplinan waktu kayak di sini? orang2 yang udah nyetel jam tangannya lebih 15 menit sekalipun tetep ga disiplin sama waktu. sbenernya apa yang salah ya sama sistem “perwaktuan” di indonesia? sementara orang2 disini, telat 1 menit aja udah minta maaf sampe bungkuk2in badan. kalo di indonesia telat 10 menit, pasti kita ngomongnya gini ke orang yang dateng duluan : “wah cepet banget lo nyampe!”, tanpa minta maaf haha.


Actions

Information

5 responses

24 07 2008
ayari chan

Wow…sougoi ne !
Orang Jepang sampe segitu disiplinnya, smua waktu & jadwaL mereka di set seragam…Salut dah !

Nah kaLo k’Rendy ntar baLik ke Indo diharapkan bisa menerapkan ilmux di bangsa qta ini, termasuk dr segi waktu tadi agar bisa menggerakkan org disekitar kita u/ disipLin jg, hehehe…ini nasihat dari guru PPKn ku lho ! Wakakakakaka… (^-^)v

11 09 2008
na

kyna ga cm org jepang deh yg super disiplin waktu. org korea ky big boss gw jg gitu. ampe2 kalo qt terlambat msuk kantor disuruh pulang alias ga boleh masuk kerja. kaya anak sekolah aja yach…
tapi kalo di indonesia datang terlambat pasti qt cuma blg ” macet neh jadinya telat dee…”🙂

23 09 2008
rendyharahap

@ayari chan : maunya sih gitu, bisa nerapin disiplin di indonesia. tapi kayaknya kalo balik ke indo, gw akan kebawa ke sifat mayoritas orang2 indo lagi deh hehehe. katanya sih mereka bisa disiplin banget krn mayoritas masyarakat jepang bergolongan darah A, yang katanya punya sifat patuh terhadap aturan. kalo indonesia mayoritasnya apa ya? kayaknya bukan A sih yang pasti hehe. jadi emang udah dari sananya beda faktor genetik mungkin (kali loh..)

@na : iya, gw juga setuju. emang orang2 korea punya sifat yang hampir mirip sama orang2 jepang. tapi setau gw orang korea jauh lebih keras daripada orang jepang, krn mereka wajib ikut program wajib militer selama minimal 1 tahun (cowok2nya). jadi mungkin krn program wajib militernya itulah mereka jadi super disiplin.

7 07 2009
Ambung

rendy…

gue juga kagum banget ama disiplinnya org jepang! selama trip kemarin, suami gue demen bgt merhatiin pegawai stasiunnya shinkansen. setiap shinkansen mau dtg, dan mau brkt, dia pasti ngecek alat2 yg perlu dicek, dibarengin dgn ditunjuk2. Mungkin biar fokus yah. Bgitu juga penjaga gerbong paling belakang di tiap train, sebelum kereta brkt, pas dicek semuanya sembari ditunjuk2. Salut!!

29 10 2010
seragam kerja

begitulah orang jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s