Ayo Promosiin Indonesia!

27 03 2013

kepada blog yang sudah saya tinggal hampir lebih dari 1 tahun, maafkan saya..
kepada pembaca yang masih terus2an kirim comment, terima kasih banyak..
kepada foto profil saya yang sudah 5 tahun ga pernah diganti, saya merasa tua..
kepada orang yg menanyakan keberadaan saya dimana (kayak ada aja!), saya di jakarta..

Saat ini gw lagi sibuk2nya membuat sebuah portal pariwisata Indonesia, yaitu describeindonesia.com. kayaknya udah saatnya gw mengangkat tema Indonesia untuk orang asing, bukan tema jepang untuk orang indonesia terus hehehe..tolong untuk yang liat tulisan ini, untuk bantu menyebarkan informasi alamat portal describeindonesia.com ya!

Jadi gini konsepnya..semua member bisa mengirimkan artikel ataupun foto yang berhubungan dengan indonesia. describeindonesia.com ini kayak jadi wadah untuk semua orang indo yang mau promosiin indo. kan selama ini bingung tuh, pengen banget promosi tapi ga nemu2 caranya.

Oh iya, portal pariwisata-nya sengaja ga gw kasih warna merah-putih, karena kayaknya warna yg bisa menggambarkan indonesia lebih dari sekedar 2 warna aja ya, kalau bendera baru merah putih. jadi buat yang merah putih minded, jangan marah ya..

So, tolong bantu sebarkan alamat URL-nya ya, dan jangan lupa bagi blogger yang suka menulis tentang pariwisata (terutama lokal), kirimkan artikel ke describeindonesia.com dengan cara:

1. daftar jadi member dulu
2. klik deh tuh link “add article”
3. setelah dikirim bakal gw dan tim review, kalo bagus akan gw publish di portal
4. setelah dipublish dalam bahasa indo, akan gw translate juga ke bahasa inggris, supaya bule2 pada ngerti

Thanks guys!!!

describe logo
Describe Indonesia - Screen Shot





Kit Kat Dengan Rasa Aneh

30 05 2012

Tau dong yang namanya coklat kit kat? di indonesia pun coklat ini termasuk salah satu coklat yang cukup kedengeran namanya. tapi kalo dibandingin sama jepang, variasi rasa dari kit kat indonesia sih ga ada apa-apanya. jepang sampe udah punya lebih dari 80 rasa kit kat! bayangin tuh, gw rasa tim research & development-nya kit kat yang kerjaannya nyiptain rasa baru udah pada obesitas semua.

Rasa-rasa aneh yang dikeluarin kit kat ga semuanya dijual secara berkelanjutan. karena mayoritas dari produk-produk aneh ini hanya bersifat musiman dan termasuk produk terbatas. standardnya, orang-orang indo paling kenalnya dengan kit kat green tea dan sakura dari jepang, tapi ternyata masih banyak rasa yang lebih aneh lagi! kalo mau tau beberapa contoh rasa kit kat jepang, klik aja gambar dibawah ini:

Kit Kat Japan Flavour





Fun Fact Tentang Jepang (XVIII)

25 05 2012

171. ada kosa kata ‘meninggal karena terlalu banyak bekerja’, yaitu ‘karoshi’. dimana kosa kata ini tidak bisa kita temukan dalam bahasa asing lainnya.

172. bahasa jepangnya india adalah ‘indo’ dan mereka menggunakan kata ‘nesia’ untuk menyingkat nama ‘indonesia’.

173. jepang memiliki seekor binatang legenda yang dipercaya keberadaannya, yaitu ‘tsuchinoko’. tidak ada satu orangpun yang mampu memberikan bukti keberadaan binatang ini. untuk itu pemerintah jepang bersedia memberikan imbalan sebesar 1 juta yen kepada mereka yang berhasil menemukan binatang ini.

174. orang jepang sangat suka dengan massage (pijat) indonesia. selain karena cara memijatnya berbeda, harganya juga jauh lebih murah daripada harga pijat di jepang. itulah alasan kenapa orang jepang identik dengan ‘pijat’ di indonesia. dan sekedar info, tidak semua orang jepang pergi pijat ke tempat yang memberikan ‘service’ tambahan.

175. gaya standard orang jepang kalo lagi berendem (biasanya kakek2) : handuk kecil ditaro di atas kepala. bagi mereka enak, bagi yang ngeliat ga enak.

176. ibu hamil di jepang akan menerima bros (badge) khusus ibu hamil yang biasanya dipakai di baju ataupun di tas kemanapun si ibu hamil pergi. tujuannya adalah utk memberitahu orang2 lain bahwa si empunya bros sedang hamil, jadi layak utk mendapatkan priority seat (di kereta), serta layak mendapatkan bantuan kalo lagi bawa barang2 berat. intinya dapet prioritas dari orang lain lah.

177. orang jepang ngeliat orang asing sama seperti orang indonesia ngeliat orang bule. akhirnya gw ngerti rasanya jadi bule di indo yang kerjaannya diliatin sama orang sekitar mulu, ga enak ternyata zz.

178. di mayoritas lift (elevator) pada gedung besar ataupun department store, ada 1 orang yang bertugas khusus untuk mengantar tamu ke lantai yang mereka mau. petugas lift ini (biasanya cewek) bertindak dan berbicara sangat sopan, walaupun job titlenya ga keren ya : wanita penjaga lift.

179. buat para penggemar elvis : ada sebuah patung elvis presley di harajuku, tepatnya di depan toko love me tender. namun toko ini tutup pada tahun 2009, patung ini kemudian dipindahkan ke  kobe atas kemauan para fans elvis, mengingat kobe dijuluki sebagai kota jazz. junichiro koizumi, mantan perdana menteri jepang, merupakan salah seorang fans serta donatur dalam pembuatan patung presley pada tahun 1987.

180. dibawah tempat duduk penumpang kereta, terdapat penghangat. jadi kalau musim dingin, setidaknya kaki kita tetep hangat. saking enaknya, kadang2 ada orang yang cuma mau numpang ngangetin badan di kereta sampai ketiduran, bahkan sampe ngiler netes dibajunya -> pengalaman buruk ngeliat pemandangan ini.

|>>>>=lihat fun fact tentang jepang sebelumnya (part XVII)=<<<<|


*seri fun fact ini adalah fakta yg diambil dari pengalaman dan sudut pandang pribadi gw, mungkin ada beberapa yang menurut orang laen ga bener*




Kemasan Minuman Penggoda Dompet

24 05 2012

Udah pernah liat kemasan2 unik minuman kaleng jepang? kalo dibandingin sama negara lain, kemasan jepang emang banyak banget yang menarik. salah satu yang memiliki kemasan unik adalah merk dydo, dengan koleksi hukkokudo hero yang setiap taunnya ngeluarin produk dengan seri berbeda-beda. mereka udah pernah ngeluarin kemasan ultraman, samurai, go ranger (sebangsa power ranger dan goggle five), dan untuk taun ini mereka ngeluarin seri dragonball dan kamen rider (ksatria baja hitam). jangankan anak kecil, bapak2 juga pasti penasaran buat nyoba kalo kemasannya kayak begini.





Hutan Bunuh Diri

23 05 2012

Agak spooky dikit gak papa ya? udah lama pengen nulis tentang ini tapi selalu lupa, sampai akhirnya beberapa tahun kemudian baru inget lagi haha.

Gunung fuji, seperti yang orang-orang tau merupakan gunung paling terkenal di jepang yang setiap tahunnya ribuan orang datang untuk mendaki dan melihat matahari terbit dari puncaknya (baca tulisan gw disini). tapi tau ga kalo ternyata dibawah kaki gunung fuji ini terdapat sebuah hutan terlarang, yang saking lebatnya akan sulit ditemukan oleh orang lain.

Hutan ini nama aslinya adalah “aokigahara”, tapi orang jepang menjulukinya sebagai hutan bunuh diri. kenapa? karena setiap tahunnya ratusan mayat korban bunuh diri yang masih baru ataupun sudah berupa tulang belulang ditemukan disini. tempat ini udah lama banget jadi tempat favorit bagi para bunuh-diriawan, karena mungkin tempatnya emang sepi dan sunyi.

Di tempat ini bahkan ada sebuah papan peringatan yang kalo diterjemahin ke bahasa indo bunyinya adalah : “hidup anda adalah pemberian yang sangat berharga dari kedua orang tua anda. pikirkanlah kedua orang tua kita -> bukannya tuhan yak?, saudara kandung serta anak-anak kita. jangan simpan masalah anda sendiri, diskusikanlah”. mungkin tempat ini bisa menjadi salah satu tempat wisata untuk dikunjungi ketika anda ke jepang (pret!).





Panti Pijat Korek Kuping

21 05 2012

artikel kiriman : Linardi Kurniawan

Sebenernya cerita zaman jadul sih, tapi di Nagoya ini gw pernah dibagiin tissue yang didalem bungkusannya ada lembaran promosi dengan tulisan: panti korek kuping (耳かき店). well, karena penasaran, gw coba cari2 tau tentang mereka, berikut adalah price listnya mereka:

terjemahan:

30 menit = 2700 yen Ekstensi (30 menit) = 2700 yen
1 jam = 4800 yen Biaya pilih orang (30 menit) = 500 yen

WHAT ! ngapain juga orang korek kuping selama 30 menit sampe 1 jam? Mahal pula!!! sebanyak itukah t*kai kuping orang jepang ? dan ada option dimana kita bisa pilih orang ? apa ada pilihan dari pengorek kuping amatir dan veteran kah?

Eh, ternyata, selidik punya selidik, ternyata korek kupingnya itu dilakuin di pangkuan seorang cewe yang pake yukata (baju mandi jepang). dan ga cuma korek kuping, mereka juga menyediakan service pijit juga. biaya 500 yen di atas itu di-charge untuk pemilihan cewe yang pahanya bakal dipake buat bantal.

krik2… Krik2…

Well, patut diacungin jempol atas kekreatifan mereka sih, dan ternyata toko tersebut ternyata udah berumur 5 tahun ! Wow !!!  jadi kebayang panti2 pijet di indo di mana mba2nya pada pake kemben dan tambahin servis korek kuping, ada yang mau ga ya…

**bagi yang mau kirim cerita / artikel, bisa via email : rendyharahap@gmail.com**





Belajar Tulisan Jepang PART II

18 05 2012

Ini adalah seri lanjutan dari Belajar Tulisan Jepang dan Belajar Bahasa Jepang Part I.

Berhubung banyaknya pembaca yang request untuk melanjutkan pelajaran tulisan jepang, kali ini gw akan coba bantu memberikan contoh grammar paling dasar sekaligus pelajaran membaca hiragana dan katakana. silahkan dilihat file dibawah ini :

Dengan mempelajari rumus grammar paling dasar yang gw kasih diatas, mustinya kita udah bisa membuat perkenalan singkat seperti : saya adalah rendy, saya adalah laki-laki, saya adalah karyawan perusahaan. ayo silahkan dicoba merangkai kata dengan grammar diatas!








Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 562 other followers